Arti Criss Cross di Status Pengiriman Paket SiCepat

Pengertian dari Criss Cross SiCepat
Pengertian dari Criss Cross SiCepat
Bagikan ke teman-teman Anda

Dari sekian banyak istilah jasa pengiriman yang ada saat ini, Criss Cross SiCepat merupakan salah satu yang banyak dipertanyakan.

Sebenarnya, apa makna dari istilah satu ini? Bagaimana tindakan yang harus dilakukan ketika kita sebagai pengirim mengalaminya?

Criss Cross merupakan salah satu status pada pengiriman paket yang bisa muncul pada tampilan status pengiriman di SiCepat. Ketika kamu menemukan status tersebut muncul, artinya produk yang dikirim mungkin mengalami kendala atau masalah lainnya.

Tentu saja ada banyak sekali alasan yang melandasi kenapa status tersebut bisa muncul. Bagi kamu yang sering mengirimkan barang melalui layanan jasa SiCepat, penting sekali untuk memahami makna dari istilah tersebut.  Tujuannya agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan pihak penyedia jasa. 

Arti Criss Cross SiCepat

Yuk cari tahu apa itu criss cross SiCepat
Yuk cari tahu apa itu criss cross SiCepat (Gambar: sicepat.com)

Sebelum melakukan pembahasan lebih lanjut, penting sekali bagi kamu untuk memahami arti Criss Cross itu sendiri terlebih dahulu. Istilah tersebut sebenarnya sangat lumrah dalam dunia jasa pengiriman. Khususnya di dalam layanan jasa SiCepat itu sendiri. 

Namun, sayangnya tidak semua pengguna memahami makna dari istilah satu ini dengan baik. Mereka malah beranggapan kalau pihak SiCepat melakukan perlambatan terhadap proses pengiriman paket itu sendiri. Pemahaman ini mutlak sepenuhnya salah.

Pada dasarnya, status criss cross artinya memperlihatkan kalau sebuah permasalahan muncul dalam proses pengiriman paket. Makna dari status ini sendiri adalah paket akan dibawa kembali ke gudang utama. Setelahnya, paket akan dikirimkan ke gudang SiCepat yang paling dekat dengan alamat penerima.

Pada beberapa kasus, ada juga paket yang dikembalikan ke kota pengirim untuk diproses dari awal. Bagi mereka yang tidak memahami dunia dispatching atau pengiriman dan logistik, kondisi seperti ini pasti cukup membingungkan.

Namun, pada dasarnya pihak penyedia jasa berusaha untuk meminimalisir terjadinya barang hilang akibat kesalahan yang tidak disengaja. Sudah pasti ada beberapa bentuk kesalahan yang bisa memicu terjadinya status criss cross SiCepat ini.

Status criss cross sendiri punya arti paket akan dikembalikan ke gudang utama, selanjutnya akan dikirimkan ulang dengan tujuan ke gudang SiCepat terdekat dari alamat penerima. Bahkan, ada kemungkinan juga paket akan dikembalikan ke kota pengirim yang tertera dan tertulis.

Penyebab Status Pengiriman Paket Menjadi Criss Cross

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya status criss cross dalam pengiriman
Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya status criss cross dalam pengiriman (Gambar: sahabatsicepat.com)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa hal yang memicu terjadinya status criss cross pada proses pengiriman. Setelah dirangkum dari berbagai sumber, ternyata ada tiga alasan utama yang seringkali memicu kemunculan status tersebut. 

Sudah tentu penanganan yang dilakukan akan disesuaikan dengan penyebab itu sendiri. Karenanya penting bagi kamu untuk memahami apa saja dan penyebabnya. Dengan ini, kamu bisa memaklumi proses kinerja dari penyedia jasa pengiriman yang sedang dibahas ini. 

1. Penulisan Alamat yang Salah

Kesalahan pertama yang sering memicu munculnya status Criss Cross adalah kesalahan penulisan alamat. Kesalahan penulisan alamat ini bisa dilakukan oleh banyak pihak. Pertama kesalahan dilakukan oleh pengirim itu sendiri.

Umumnya, seorang pengirim paket berpatokan pada postal code atau kode pos dari sebuah wilayah. Kemudian mereka akan beralih ke alamat detail dan mengirimkan paket ke titik lokasi itu. 

Namun jika alamatnya tidak sesuai dengan postal code atau detail, maka status criss cross akan segera ditampilkan. Kesalahan penulisan alamat ini juga sering dilakukan oleh pihak penyedia jasa. 

Admin yang melakukan input data mungkin melakukan kesalahan dalam pengetikan alamat sehingga pengirim kebingungan untuk menemukan lokasi tersebut. Untuk meminimalisir resiko hilang, maka barang akan dikembalikan ke gudang utama. 

2. Resi atau Label Tertukar

Penyebab lain yang memicu terjadinya criss cross adalah resi atau label yang tertukar. Kesalahan ini tentu datang dari pihak SiCepat itu sendiri. Resi yang seharusnya ditempelkan di boks yang lain, malah ditempelkan di Inbox yang mengalami status criss cross.

Akibatnya, barang tersebut dibawa ke tujuan yang salah oleh pengirim. Untuk mengatasi permasalahan ini, biasanya pengirim akan membawa barang tersebut kembali ke gudang utama. Dalam kondisi seperti ini, tentu saja ada dua status criss cross yang terjadi. 

Artinya, akan ada dua barang yang kembali ke gudang utama. Kesalahan pemasangan label seringkali mengharuskan pihak pengirim untuk mengembalikan barang ke kota pengirim. Tujuannya agar barang yang mengalami krisis tersebut bisa sampai ke alamat yang tepat. 

3. Terbawa ke Lokasi Lain

Kesalahan lain yang seringkali dilakukan sehingga muncul status criss cross adalah barang yang terbawa ke lokasi lain tanpa sengaja. Jika kondisi ini terjadi, tentu saja pihak pengirim akan segera mengembalikan barang tersebut ke gudang awal untuk diproses ulang.

Namun, tentunya status terus terus ini sangat jarang muncul pada layanan jasa SiCepat. Mereka lebih sering melakukan pengecekan di awal kedatangan produk untuk meminimalisir resiko tersebut. Karenanya, pelanggan juga harus bisa toleran ketika kesalahan ini terjadi. 

Berapa Lama Penyelesaian Status Criss Cross Pada SiCepat?

Berapa lama penyelesaian status criss cross dalam pengiriman
Berapa lama penyelesaian status criss cross dalam pengiriman (Gambar: mediaindonesia.com)

Mungkin kamu bertanya berapa lama proses penyelesaian dari status Criss Cross tersebut. Dikutip dari sumber yang terpercaya, permasalahan satu ini umumnya selesai dalam waktu 1×24 jam saja. 

Tim benar-benar bekerja keras untuk menyelesaikan permasalahan tersebut agar barang bisa dikirim tepat waktu. Pada beberapa kasus, ada juga status criss cross yang mengharuskan penerima menunggu hingga beberapa hari. 

Hal ini biasanya disebabkan oleh jarak antara titik temu kesalahan dengan titik kirim barang sudah cukup jauh. Jika jarak pengiriman yang dekat, maka proses bisa dilaksanakan secara lebih efektif dan efisien. 

Bagaimana Cara Mengatasi Criss Cross SiCepat?

Sebenarnya kamu tidak perlu melakukan apa pun ketika paket kamu mengalami status criss cross di SiCepat. Bahkan kamu tidak perlu menghubungi customer service SiCepat.

Umumnya, proses penyelesaian dari masalah ini selesai kurang dari 1 hari saja. Banyak yang beranggapan, tidak perlu menanggapi status Criss Cross SiCepat ini terlalu berlebihan. Biarkan tim menyelesaikan permasalahan ini untuk kamu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.