TAM Cargo: Jenis Layanan, Biaya Pengiriman, dan Kelebihannya 

Apa itu TAM Cargo?
Bagikan ke teman-teman Anda

Saat ini, pengiriman barang menjadi lebih praktis berkat layanan pengiriman yang tersebar di seluruh dunia. Akibatnya, pengiriman tidak hanya bisa dilakukan antar daerah, tetapi juga lintas pulau. Salah satu jenis pengangkutan untuk jumlah barang yang besar adalah TAM Cargo. 

Banyak yang tidak tahu jenis cargo ini dengan cargo biasa. Oleh sebab itulah pada kesempatan ini akan dijelaskan pengertian, jenis layanan, biaya, sampai dengan kelebihannya. 

Jenis perusahaan ini banyak dimanfaatkan untuk pengiriman untuk barang yang besar maupun jumlah yang banyak. Biasanya, pengusaha sering melakukannya untuk kebutuhan logistik perusahaan. 

Namun, tidak menutup kemungkinan pihak perseorangan juga bisa melakukan jenis pengiriman ini. Jenis Cargo ini lebih banyak dipilih karena kelebihan yang dimilikinya. Contohnya tersedia pelayanan online sehingga lebih terpercaya. Bagi yang belum mengenalnya, simak penjelasanya berikut ini. 

Apa Itu TAM Cargo? 

Apa sih TAM Cargo itu? Simak penjelasan dibawah ini
Apa sih TAM Cargo itu? Simak penjelasan dibawah ini (Gambar: www.tamcargo.co.id)

TAM Cargo adalah perusahaan jasa pengiriman barang menggunakan alat transportasi darat untuk tujuan kawasan tertentu. Tujuan dari jenis pengiriman ini hanya untuk wilayah Jawa, Sumatera, Bali, dan Mataram. 

Namanya sendiri berasal dari Tunas Antarnusa Muda Kargo yang merupakan sebuah perusahaan di Indonesia. Perusahaan ini sudah berjalan sejak 2011 dengan membentuk Sumber Daya Manusia yang profesional. 

Perusahaan ini juga berusaha untuk memprioritaskan barang dan menjaganya dalam proses pengiriman barang. Adapun prosesnya dimulai dari penjemputan ke lokasi customer, pemberangkatan, pengantaran, sampai ke tempat tujuan. 

PT Tunas Antarnusa Muda berusaha memberikan pelayanan terbaik. Menurut website resminya, diketahui bahwa perusahaan ini selalu mengedepankan pelayanan yang terbaik dan berdasarkan ketepatan waktu.

TAM Cargo selalu berkomitmen mengoptimalkan Sumber Daya yang ada untuk mendukung pelayanan terbaik sehingga pelanggan menjadi lebih puas. 

Jenis Layanan TAM Cargo 

Apa saja layanan yang diberikan dari TAM Cargo?
Apa saja layanan yang diberikan dari TAM Cargo? (Gambar: www.tamcargo.co.id)

Ada banyak layanan yang diterapkan dalam perusahaan jasa pengiriman barang ini. Pengguna bisa memilih berbagai pelayanan dan jenis armada. Ada yang armada paling kecil yaitu menggunakan van. 

Apabila ingin mengirim barang dalam jumlah yang besar, maka bisa memilih jenis armada seperti wing box.

Selain itu, pengiriman barang tersebut bisa disesuaikan dengan berat barat mulai dari 800 kg sampai dengan 12 ton. Hal ini berkaitan dengan berbagai fitur yang ada. Beberapa fiturnya adalah sebagai berikut: 

  • Pemberangkatan setiap hari. 
  • Door to door service untuk wilayah Sumatera, Jawa, Bali, dan Lombok. 
  • Armada box untuk berbagai ukuran dan kapasitas. Oleh sebab itu, ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengiriman barang Anda. 
  • Update status pengiriman dengan mudah. 
  • Memiliki berbagai kantor cabang yan ada di setiap kabupaten dan provinsi. 
  • Bisa memilih berbagai jenis transporter seperti Blind van, L300 Box 800 kg – 1 ton, colt diesel engkel (1-2 ton), colt diesel double 4 ton, fuso 8 meter, dan Wing Box 10 meter. 

Biaya Pengiriman TAM Cargo 

Berikut ini adalah kisaran tarif TAM Cargo di setiap daerah. Untuk wilayah Sumatera tarif yang paling murah adalah wilayah Lampung yaitu hanya Rp 5500 per kg. Sedangkan yang paling mahal adalah Pagar Alam dengan biaya Rp 12.000. 

Selain itu, harganya ada di rentang Rp 5.500- Rp 12.000. Selanjutnya, bagi daerah Jawa, Bali, dan Lombok biaya pengirimannya bisa lebih murah. Yang paling murah adalah daerah Surabaya, Mataram Kota, dan Lombok Barat yaitu hanya Rp 2.500 tiap kg. 

Sedangkan yang paling mahal adalah daerah Purbalingga, Bumiayu, Majenang, dan Wonosobo dengan tarif Rp 5.500 per kg. Sedangkan untuk daerah lainnya di daerah Jawa, Bali, dan Lombok masuk ke rentang Rp 2.500 – Rp 5.500. 

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan TAM Cargo 

Dengan menggunakan jasa pengiriman barang di perusahaan ini, Anda bisa mendapatkan kelebihan menggunakan TAM Cargo dan kekurangannya. 

Kelebihan 

Keunggulan dari jasa ini adalah sebagai berikut: 

  1. Punya fitur cek resi secara online yang memudahkan pengguna untuk mengetahui sampai dimana keberadaan barang tujuan. Pelanggan bisa memastikan perjalanan dengan baik untuk memastikan ketepatan waktu dari jasa ini. 
  2. Apabila terjadi keterlambatan waktu maka jasa ini akan memberikan jaminan terhadap keterlambatan pengiriman ini sehingga pelanggan tidak akan kecewa. 
  3. Banyaknya pilihan armada yang lengkap dengan berbagai ukuran. Pengguna bisa bebas mengirimkan  barang sesuai dengan ukuran yang diinginkan mulai dari kapasitas yang kecil atau barang dalam jumlah yang besar. 
  4. Pengiriman dilakukan setiap hari sehingga bisa tepat waktu dan menghindari risiko keterlambatan. 
  5. Ada dukungan kantor cabang di berbagai wilayah sampai dengan kabupaten. Dengan demikian, ini memudahkan proses penyortiran menjadi lebih baik dan pengiriman bisa berlangsung lebih mudah dan cepat. 
  6. Jasa ini terbukti memiliki pengalaman sehingga dapat bekerja secara profesional untuk menjaga kepuasan pelanggan.  

Kekurangan 

Selain kelebihan, Anda juga perlu mempertimbangkan kekurangan dari penggunaan layanan di perusahaan ini. Adapun kekurangannya adalah sebagai berikut: 

  1. Jasa ini hanya diperuntukkan di wilayah Jawa, Bali, Mataram, dan Sumatera. Dengan demikian, ruang lingkup pengirimannya cukup terbatas. Bagi yang ingin mengirimkan barang selain wilayah tersebut, Anda perlu menggunakan jasa lainnya. 
  2. Jasa ini cocok bagi Anda yang memang ingin mengirimkan barang ukuran besar atau jumlah yang banyak karena minimal pengirimannya bisa mencapai 800kg. Jadi, cocok untuk perusahaan yang ingin melakukan transfer barang ke klien yang membeli jumlah besar. 
  3. Tarif cargo secara umum lebih mahal dibandingkan menggunakan jasa ekspedisi. 

Penutup 

TAM Cargo adalah salah satu jasa pengiriman barang yang cukup direkomendasikan karena memiliki berbagai layanan yang unggul untuk kebutuhan logistik di wilayah seperti pulau Bali, Sumatera, Jawa, Mataram, dan Lombok. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.