Arti Staging Anteraja Pada Status Pengiriman

Arti staging di status pengiriman AntarAja
Arti staging di status pengiriman AntarAja (Gambar: blog.anteraja.id)
Bagikan ke teman-teman Anda

Anteraja merupakan salah satu perusahaan jasa pengiriman terbesar di Indonesia. Layanan jasa satu ini populer sejak bekerja sama dengan Tokopedia. Di dalam layanan jasa tersebut ada banyak istilah yang harus kamu pahami, salah satunya adalah arti staging. 

Ada yang pernah penasaran dengan istilah satu ini? Ketika kamu menggunakan layanan jasa pengiriman, penting sekali untuk memahami makna dari setiap status pengiriman yang muncul pada aplikasi. 

Status ini merupakan tracking dari paket yang sedang kamu kirimkan melalui sebuah layanan jasa. 

Umumnya, setiap perusahaan memiliki istilahnya masing-masing. Begitu juga dengan layanan jasa Anteraja yang sedang kita bahas ini. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas makna dari status tersebut secara lebih mendalam. 

Apa Arti Staging Anteraja Secara Umum?

Arti staging secara umum
Arti staging secara umum (Gambar: blog.anteraja.id)

Poin pertama yang akan dibahas disini adalah pengertian dari kata staging itu sendiri. Staging Anteraja adalah istilah untuk lokasi penyimpanan atau gudang yang digunakan sebagai tempat penampungan paket dari berbagai kota.

Dari staging tersebut, kemudian paket akan dikirimkan ke berbagai kota tujuan. Fungsi dari staging ini adalah untuk memudahkan para pekerja dalam melakukan filter barang. Dengan melakukan teknik satu ini, proses pengiriman barang bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Sederhananya, kita bisa mengaktifkan staging ini sebagai tempat transit dari paket yang kamu kirimkan. Di tempat transit ini, paket akan disortir sedemikian rupa dan dimasukkan ke dalam golongannya masing-masing.

Kemudian setelahnya kurir akan mengirimkan paket tersebut ke gudang terdekat di kota tujuan masing-masing. Setelah sampai di fase ini, barulah motoris akan menyampaikan paket-paket tersebut ke titik tujuannya. 

Sebagai salah satu perusahaan jasa pengiriman terbesar di Indonesia, tentu saja ada banyak sekali titik staging yang dimiliki oleh Anteraja. Bahkan, titik staging ini sudah mencapai ratusan di berbagai kota dalam negeri. 

Jenis Staging Anteraja Berdasarkan Status Pengiriman

Makna dari status staging pada aplikasi
Makna dari status staging pada aplikasi (Gambar: www.antaranews.com)

Bagi kamu seorang pengguna setia Anteraja, pasti kamu tahu kalau status staging pada aplikasi tersebut terbagi menjadi beberapa jenis. Tentu saja setiap jenis staging ini memiliki makna yang berbeda, jadi kamu juga harus memahami makna-makna tersebut dengan baik.

Tujuannya agar tidak terjadi kesalahpahaman antara kamu sebagai pengirim atau penerima produk dengan pihak kurir dari Anteraja. Sudah dirangkum dari berbagai sumber, ada beberapa versi staging yang sering kali muncul pada tampilan aplikasi. 

Tentu saja akan dibahas makna dari jenis staging ini satu persatu. Di sini juga akan diberikan beberapa gambaran atau contoh dari masing-masing status pengiriman tersebut. Apa saja jenis-jenis stagingnya? Langsung saja simak poin-poinnya di bawah ini:

1. Paket Sedang Menuju Ke Staging

Apabila kamu menemukan status paket seperti ini pada aplikasi, artinya paket sedang dibawa ke kantor cabang terdekat yang ada di wilayah pengirim. Biasanya, di samping kata staging akan muncul kode kota yang menjadi tujuan dari paket tersebut. 

Fase ini umumnya memakan waktu 1×24 jam. Namun, tidak jarang proses perjalanan menuju staging ini berjalan dengan lebih cepat. Jika kamu menemukan status seperti ini pada perangkat masing-masing, tidak usah panik. 

Kamu hanya perlu menunggu barang diproses lebih lanjut oleh tim kurir. Tapi ketika fase 1×24 jam sudah terlewati dan barang kamu belum dikirimkan, sebaiknya kamu menghubungi customer service Anteraja agar bisa mendapatkan informasi yang lebih akurat terkait posisi paket tersebut.

2. Parcel Sudah Tiba di Staging Store untuk Proses Delivery

Jika status yang muncul seperti ini, artinya barang yang kamu kirimkan sudah berhasil diambil oleh kurir. Barang tersebut kemudian akan segera diantar ke kantor cabang Anteraja terdekat di lokasi kamu. 

Selanjutnya, tim Anteraja akan memproses jadwal pengantaran barang tersebut ke staging di kota tujuan.

Artinya, barang tersebut sudah diambil kurir, kemudian barangnya akan diantarkan ke kantor cabang terdekat. Selanjutnya, barang tersebut kemudian menunggu jadwal pengantaran menuju kantor pusat atau lokasi gudang Anteraja pada kota tujuan.

Fungsi Staging Pada Jasa Pengiriman

Fungsi staging dalam proses pengiriman
Fungsi staging dalam proses pengiriman (Gambar: jakartakita.com)

Staging memiliki beberapa fungsi yang berbeda dalam proses pengiriman. Karena fungsinya sangat krusial, semua jasa pengiriman pasti memiliki staging di berbagai lokasi berbeda. Namun, mereka memiliki istilah masing-masing untuk staging itu sendiri. 

Ada beberapa fungsi dari staging yang harus kamu ketahui, yaitu:

  • Menjadi pusat transit dari berbagai paket konsumen sebelum dikirimkan ke tujuan.
  • Menjadi pusat penyimpanan paket. 
  • Menjadi pusat sortir.
  • Meminimalisir resiko hilang badan.
  • Memudahkan pengelolaan aset Budha.
  • Memudahkan admin untuk melakukan data entry tracking barang.

Dengan berbagai fungsi tersebut, tidak heran kalau kemudian staging dianggap sebagai salah satu aspek terpenting dalam perusahaan jasa pengiriman. 

Cara Cek Staging Anteraja Terdekat

Cek staging di lokasi terdekat
Cek staging di lokasi terdekat

Kita semua sepakat kalau staging merupakan salah satu aspek yang berperan penting dalam proses pengiriman. Keberadaan staging menjadi pusat transit, penyimpanan, sekaligus pusat sortir bagi paket yang dikirimkan oleh konsumen. 

Bagi kamu yang penasaran dan ingin mencari lokasi staging terdekat di wilayah masing-masing, caranya sama sekali tidak sulit. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas yang tersedia di Google Maps untuk melakukan pengecekan tersebut. 

  1. Pertama kamu hanya perlu membuka browser di perangkat masing-masing dan mencari “staging Anteraja terdekat”.
  2. Akan muncul rekomendasi staging terdekat di wilayah kamu.
  3. Pilih menu “Tempat yang Lain“.
  4. Kamu hanya tinggal memilih nama yang muncul atau klik titik staging yang tersedia.
  5. Akan muncul nomor telepon yang bisa dihubungi dan alamat lengkap tadi staging tersebut. 
  6. Kamu bisa melakukan hal yang sama untuk mengecek lokasi staging dari penyedia jasa yang lain. 

———————-

Pada dasarnya staging adalah gudang transit dalam sebuah jasa pengiriman. Namun, keberadaan staging ini dianggap wajib karena fungsinya memang tidak bisa disepelekan. Pastikan memahami arti staging di atas agar bisa memahami prosedur pengiriman barang dengan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.