Biaya Pengiriman J&T Economy dan Berapa Lama Waktu Pengirimannya

Biaya dan Waktu Pengiriman paket yang menggunakan J&T Economy
Biaya dan Waktu Pengiriman paket yang menggunakan J&T Economy (Gambar: blog.bukukas.co.id)
Bagikan ke teman-teman Anda

J&T atau disebut juga JNT merupakan salah satu jasa pengiriman barang baik ekspedisi maupun cargo yang saat ini banyak digunakan di Indonesia. Jasa pengiriman paket yang satu ini menawarkan layanan pengiriman paket murah, salah satunya adalah paket J&T Economy.

Kemudahan yang ditawarkan oleh JNT tidak hanya sebatas pada tarifnya saja, melainkan juga ada pada kecepatan pengiriman paket. Meskipun tarifnya terjangkau, mengirim paket menggunakan ekspedisi JNT juga cepat sampai, bahkan bisa sampai di hari berikutnya setelah pengiriman dilakukan.

Kantor-kantor cabang dan agen-agen JNT juga sudah banyak tersebar di seluruh wilayah Indonesia, sehingga akan sangat mudah untuk mengirimkan paket antar-kota bahkan antar-provinsi. Selain itu, karena sudah banyak kantor cabang mengirim paket pun tidak usah jauh-jauh.

Toko-toko online yang ada di platform belanja online juga sudah banyak yang menyediakan pilihan pengiriman menggunakan JNT. 

Kembali lagi ke JNT Economy, pasti kamu bertanya-tanya apa bedanya dengan layanan JNT yang lainnya, bukan? Untuk itu, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa Itu J&T Economy?

Tidak hanya menyediakan jasa pengiriman barang menggunakan ekspedisi, kini JNT juga mengembangkan layanan pengiriman dengan menambah jasa pengiriman cargo. Pasti kamu sudah paham dengan pengiriman cargo, bukan?

Pengiriman cargo merupakan layanan pengiriman yang memungkinkan kamu bisa mengirim paket dalam jumlah yang besar. Nah, J&T ini meluncurkan layanan cargo yang bisa digunakan untuk mengirim paket dalam jumlah atau ukuran besar yang disebut dengan layanan JNT Economy.

Adanya pilihan pengiriman cargo ini akan membantu kamu saat ingin mengirim barang banyak atau berat namun ingin tetap murah. Karena belum terlalu banyak dipakai seperti layanan kargo yang lainnya, layanan JNT Economy ini masih hanya tersedia di kota-kota besar di luar Pulau Jawa.

Hal ini karena biasanya jasa ekspedisi ke luar Pulau Jawa tarifnya lebih mahal. Untuk itu sebagai solusi dari permasalahan mahalnya harga jasa ekspedisi diluncurkanlah jasa cargo dari JNT. Sementara ini, pilihan JNT Economy belum tersedia untuk pengiriman ke luar negeri.

Lama Waktu Pengiriman J&T Economy

Pengiriman menggunakan layanan cargo umumnya memang lama, terlebih untuk pengiriman ke luar Pulau Jawa yang harus melewati perjalanan cukup jauh. Untuk itu, waktu pengiriman JNT yang berkisar antara 2 – 14 hari ini termasuk normal bahkan bisa lebih cepat.

Lamanya durasi pengiriman J&T Economy juga bergantung pada jarak tempuh dari lokasi pengirim ke lokasi tujuan. Semakin jauh jarak pengiriman maka biasanya akan sampai ke lokasi lebih lama dibandingkan jarak yang dekat.

Terdapat beberapa pilihan pengiriman JNT Economy, yaitu bisa menggunakan layanan pick up maupun antar ke konter secara langsung.

Tarif JNT Paket Economy

Untuk tarif J&T Economy, kamu harus mengirimkan paket yang beratnya maksimal adalah 50 kilogram saja. Paket yang memiliki berat lebih dari 50 kg tidak akan diterima untuk menggunakan layanan JNT Economy.

Tarif layanan JNT Economy adalah mulai dari Rp14.000,00 per kilogram. Nominal ini terbilang murah, mengingat jangkauan pengirimannya adalah wilayah yang ada di luar Pulau Jawa. JNT Express memang lebih murah karena ongkir dimulai dari Rp10.000,00 tetapi untuk wilayah yang sangat dekat.

Jadi, jika J&T Express dipakai untuk pengiriman ke Pulau Jawa, maka tarifnya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan JNT Economy. Sedangkan untuk layanan JNT Economy terbilang murah karena tarif minimal dihitung dari wilayah di luar Pulau Jawa.

Hal ini karena pengiriman JNT Economy menggunakan cargo, jadi tarifnya lebih murah jika digunakan untuk barang yang berat.

Perbedaan Masing-Masing Layanan J&T (Express, Economy, Jemari)

Perbedaan jenis layanan yang disediakan oleh J&T
Perbedaan jenis layanan yang disediakan oleh J&T (Gambar: goodnewsfromindonesia.id)

JNT memiliki beberapa layanan pengiriman yang berbeda-beda, yaitu dengan nama Express, Economy, dan Jemari. Untuk lebih memahami ketiga jenis layanan dari JNT tersebut, berikut tabel yang bisa kamu lihat.

KeteranganTarif Pengiriman (per kilogram)Jangkauan WilayahWaktu PengirimanBerat MaksimalPilihan Layanan
ExpressMulai dari Rp10.000,00Seluruh wilayah Indonesia2 – 7 hari setelah kurir menerima paket50 kilogramDoor to door & port to door
EconomyMulai dari Rp14.000,00Hanya kota-kota besar yang ada di luar Pulau Jawa2 – 14 hari setelah kurir menerima paket50 kilogramDoor to door & port to door
JemariMulai dari Rp9.000,00Hanya wilayah JABODETABEK2 – 7 hari setelah kurir menerima paket3 kilogramDoor to door & port to door

Dari tabel di atas bisa kamu lihat bahwa akan sangat murah jika kamu memakai layanan JNT Economy untuk mengirim paket ke luar Pulau Jawa. Sedangkan untuk pengiriman area JABODETABEK akan lebih murah jika memakai JNT Jemari.

Informasi mengenai tarif dan apa itu J&T Economy bisa kamu jadikan referensi jika ingin mengirim paket ke luar Pulau Jawa. Pastikan untuk menimbang berat paket kamu sebelum mengirim agar tidak melebihi batas maksimal berat paket sesuai layanan yang dipilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.