Cara Mengatasi OVO Paylater Yang Dibekukan

Lakukan cara ini apabila OVO Paylater dibekukan
Lakukan cara ini apabila OVO Paylater dibekukan
Bagikan ke teman-teman Anda

Mau tak mau, kehadiran OVO Paylater harus diakui bahwa sangat banyak benefitnya, khususnya bagi pengguna karena bisa membeli barang dengan cara mencicil.

Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga menawarkan berbagai macam promo yang super eksklusif bagi penggunanya. 

Meskipun banyak sekali benefitnya, namun kamu harus tetap berhati-hati dalam menggunakan layanan satu ini.

Pastikan kamu tidak terlambat dalam melakukan pembayaran tagihan di setiap akhir bulan, karena jika telat maka akun kamu akan dibekukan. 

Apabila akun Paylater di aplikasi OVO sudah dibekukan, maka secara otomatis berbagai macam transaksi tidak akan bisa dilakukan lagi di akun tersebut.

Jika sudah begini, kamu pastinya akan sangat bingung dan segera mencari solusinya, bukan? 

Daftar Penyebab Pembekuan Akun OVO Paylater

Beberapa alasan mengapa OVO Paylater Kamu dibekukan
Beberapa alasan mengapa OVO Paylater Kamu dibekukan (Gambar: popbela.com)
  1. Pengguna tidak bisa atau mungkin belum bisa memenuhi batas pembayaran minimal yang sudah ditampilkan di aplikasi OVO.
  2. Adanya perubahan data pribadi, misalnya saja email atau bisa juga nomor HP yang secara otomatis akan membuat akun Paylater di aplikasi OVO akan dibekukan dengan alasan keamanan data sudah diverifikasi.
  3. Pengguna sudah melebihi jumlah limit yang telah ditentukan, sehingga OVO akan membekukan layanan Paylater. 
  4. Pengguna belum melakukan pembayaran tagihan bulanan atau telat melakukan pembayaran. 
  5. Pengguna belum melakukan pembayaran terkait denda atas keterlambatan pembayaran tagihan di setiap bulannya. 

Daftar Cara Mengatasi Akun OVO Paylater yang Dibekukan

Berikut beberapa cara agar OVO Paylater Kamu tidak dibekukan lagi
Berikut beberapa cara agar OVO Paylater Kamu tidak dibekukan lagi (Gambar: id.techinasia.com)

Jika kamu mengalami kendala berupa pembekuan akun yang disebabkan oleh salah satu hal di atas, maka kamu bisa melakukan cara seperti berikut ini:

  1. Jangan melakukan perubahan data secara mendadak di aplikasi OVO, khususnya di layanan Paylater OVO, karena bisa mengakibatkan akun kamu akan dibekukan sehingga tidak bisa digunakan lagi.
  2. Pastikan untuk melakukan pembayaran tagihan sesuai dengan jumlah yang sudah ditentukan di aplikasi OVO rutin setiap bulannya.
  3. Jangan sampai melakukan pembayaran tagihan sampai jatuh tempo, karena hal tersebut akan dianggap sebagai keterlambatan pembayaran tagihan sehingga mengakibatkan denda bahkan akun dibekukan. 
  4. Apabila mendapatkan sanksi berupa denda, disarankan untuk segera melakukan pelunasan sesuai nominal yang diajukan. 
  5. Pastikan kamu telah memenuhi batas minimal pembayaran Paylater di aplikasi OVO untuk menghindari terjadinya pembekuan akun. 
  6. Jika terlanjur akun sudah dibekukan, kamu bisa langsung menghubungi call center OVO di nomor 1500 696 dan sampaikan permasalahannya. 
  7. Selain cara di atas, kamu juga bisa datang langsung ke booth OVO untuk mengatasi pembekuan akun Paylaternya. 

Penyebab OVO Paylater Tidak Muncul Tulisan “Saya Tertarik”

1. Akun OVO Masih Kategori Club

Nah, salah satu penyebab utama mengapa di akun kamu tidak tersedia tulisan “Saya Tertarik” adalah akun kamu masih termasuk kategori OVO Club.

Pasalnya, syarat utama untuk bisa aktivasi OVO Paylater adalah akun sudah harus diupgrade ke OVO Premier

Tak hanya untuk layanan Paylater, akun OVO yang masih berstatus OVO Club juga tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi transfer sesama pengguna atau bahkan ke rekening bank, melainkan hanya bisa menerima saja. 

Jika kamu ingin tulisan “Saya Tertarik” agar bisa melakukan proses aktivasi, maka silahkan lakukan upgrade terlebih dahulu.

Dengan melakukan upgrade, akun OVO Club akan beralih status ke OVO Premier sehingga bisa digunakan untuk transfer sesama pengguna, ke rekening bank, bahkan aktivasi Paylater. 

2. Akun OVO Masih Baru

Jika kamu baru saja menjadi pengguna baru OVO, maka tulisan “Saya Tertarik” pasti tidak akan muncul di halaman OVO.

Hal tersebut dikarenakan untuk mendapatkan akses aktivasi, akun OVO harus berusia minimal 60 hari atau 2 bulan lamanya. 

Jadi, jika kamu merupakan pengguna baru, maka hal yang bisa dilakukan agar bisa aktivasi Paylater adalah menunggu usia akun sesuai dengan persyaratan yang diinginkan.

Namun, kamu masih bisa menggunakan layanan lainnya, yakni transaksi transfer, baik ke sesama pengguna ataupun rekening bank. 

Lalu, mengapa akun baru tidak bisa aktivasi? Hal tersebut bertujuan untuk menghindari pembuatan akun secara masal hanya untuk mendapatkan layanan Paylater, kemudian tidak bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan. 

3. Wilayah Tidak Terjangkau OVO Paylater

Kendala lain yang mengakibatkan kamu tidak bisa menggunakan layanan Paylater di aplikasi OVO adalah wilayah tempat tinggal atau daerah domisili tidak terjangkau program layanan ini.

Nah, untuk permasalahan ini tidak ada solusinya, karena hal tersebut tergantung dengan pihak aplikasi. 

Jadi, kamu sebagai pengguna hanya bisa sabar sampai daerah tempat tinggal kamu sudah terjangkau dengan layanan OVO satu ini.

Nah, untuk wilayah yang sudah terjangkau layanan ini adalah sebagai berikut:

  • Jakarta
  • Bogor
  • Depok
  • Tangerang
  • Bekasi
  • Bandung
  • Surabaya
  • Palembang
  • Pekanbaru
  • Medan
  • Makassar
  • Malang
  • Surakarta
  • Semarang

4. Pengguna Belum Berusia 21 Tahun

Masih ada penyebab mengapa di aplikasi OVO kamu tidak ada tulisan “Saya Tertarik”, yakni kamu belum berusia genap 21 tahun.

Penyebab satu belum banyak diketahui oleh orang, sehingga banyak yang di bawah umur tersebut kecewa karena tidak bisa melakukan aktivasi Paylater di aplikasi OVO. 

Tentu saja hal ini tidak ada solusinya, karena merupakan kebijakan dari pihak OVO yang tidak bisa diganggu gugat dan usia seseorang tidak bisa ditambah maupun dikurangi dalam kurun waktu singkat agar bisa aktivasi Paylater. 

Solusi terbaiknya hanya satu, yakni harus menunggu usia kamu sudah cukup dan memenuhi syarat untuk menggunakan layanan ini. 

Informasi mengenai cara mengatasi pembekuan akun Paylater di aplikasi OVO bisa kamu terapkan, apabila akun kamu juga dibekukan.

Namun, untuk menghindari adanya pembekuan akun, jangan sampai melakukan hal-hal yang menyebabkan pembekuan, seperti yang sudah disebutkan di atas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.