Lacak Resi Paket J&T Dengan Mudah, Ga Pakai Ribet

Tracking paket J&T Kamu di sini
Tracking paket J&T Kamu di sini
Bagikan ke teman-teman Anda

Menunggu paket belanja online datang memang aktivitas yang melatih kesabaran.

Saking tak sabar membukanya, apakah kamu termasuk tipe orang yang berkali-kali melacak status resi pengiriman paket J&T kamu?

Saat check-out pasti tertera estimasi waktu paket kamu akan sampai di rumah. Namun tidak jarang estimasi tersebut melenceng, malah lebih lama dari estimasi waktu yang tertulis. Pasalnya paket akan melewati sejumlah proses sebelum sampai di tangan kamu.

Pertama-tama paket perlu dikumpulkan sesuai kota tujuan di gudang pusat ekspedisi. Berikutnya paket akan dikirim ke transit center. Pada tahap ini, kurir akan menyortir paket berdasarkan alamat tujuan. 

Jika posisi rumah kamu berada cukup jauh dari kantor atau cabang setempat, ada kemungkinan paket kamu tiba lebih lama. Tetapi kembali lagi dengan kecepatan jenis pengiriman JNT yang dipilih. 

Ada yang memakan waktu dua sampai 14 hari, ada juga yang hanya dua sampai tujuh hari. Daripada menanti ketidakpastian kapan paket akan sampai tujuan, mending cari tahu cara melacak paket pada rangkuman di bawah ini. Yuk, disimak baik-baik!

Profil Layanan Kurir J&T

Mengenal lebih dekat J&T
Mengenal lebih dekat J&T (Gambar: klikbulukumba.com)

Siapa yang tidak kenal dengan ekspedisi pengiriman ini, atau bahkan kamu sendiri pernah menggunakannya? J&T atau banyak juga yang menyebutnya sebagai JNT banyak dipilih sebagai ekspedisi pengiriman terpercaya yang telah bertahun-tahun melayani masyarakat Indonesia. 

Jangkauan pengiriman ekspedisi ini sangat luas, bahkan mampu melayani seluruh penjuru Nusantara. Bukan sesuatu yang aneh kalau ekspedisi ini sangat diminati pembeli maupun penjual online shop.

Ekspedisi ini menyediakan fitur “Real Time Tracking System”. Melalui fitur ini, penerima dan pengirim paket dapat melacak keberadaan paket terkini. Asalkan kamu mengetahui nomor resi pengirimannya. 

Nomor inilah yang menjadi identitas paket. Bila belum mendapatkannya, tanyakan langsung kepada penjual tentang nomor resi paket kamu. Bila mereka menolak, bisa jadi penjual tersebut menipu. 

Letak Nomor Resi

Jika kamu belum tahu, nomor resi adalah nomor penting yang berisi informasi krusial seperti nama dan alamat penerima serta pengirim. Nomor ini yang menjadi bukti bahwa paket sedang dalam pengiriman. Biasanya kamu akan mendapat nomor resi dari sistem secara otomatis.

Namun jika nomor resi tidak kunjung muncul, sebaiknya bertanya langsung kepada penjual. Nantinya penjual akan mengirimkan gambar paket kamu lengkap dengan labelnya. Perhatikan label pengiriman, nomor resi seharusnya berada di bawah kode batang atau barcode yang terletak di bagian kanan atas.

Nomor tersebutlah yang nantinya digunakan untuk melacak posisi real time paket. Dengan mengetahui posisi keberadaan paket, kamu pun dapat lebih memastikan waktu kedatangan paket. 

Nomor resi terdiri dari kombinasi kode tertentu. Jika terdapat kesalahan pada penulisan kode tersebut, maka proses pelacakan paket pun akan gagal. Jadi, pastikan tidak ada kesalahan pengetikan saat memasukkan nomor resi ke kolom pelacakan.

Bagaimana Cara Mengetahui Posisi Paket J&T?

Beberapa cara untuk melacak resi J&T
Beberapa cara untuk melacak resi J&T (Gambar: marketing.co.id)

Setelah menerima nomor resi paket kamu, langsung saja gunakan resi tersebut untuk melacak posisi pengiriman paket. Khusus pada artikel ini, ada 4 pilihan cara yang dapat digunakan.

Simak masing-masing cara untuk menemukan cara yang paling nyaman menurut kamu, berikut di antaranya:

1. Cek Resi J&T Melalui Website Resmi 

Cara pertama dapat dilakukan langsung dari web resminya guna mendapat hasil akurat dan detail. Cukup dengan membuka laman resmi, lalu masukkan nomor resi. Selengkapnya dapat dilihat di bawah ini:

  1. Buka browser, lalu masuk ke laman pelacakan di jet.co.id/track.
  2. Ketikkan nomor resi paket pada kotak yang disediakan.
  3. Klik Cari untuk melanjutkan.
  4. Setelah berhasil, layar akan menampilkan informasi detail tentang proses pengiriman barang.

2. Cara Menggunakan J&T Tracking di Google

Cara kedua tetap menampilkan hasil yang akurat dengan lebih cepat. Pasalnya kamu tidak perlu mengakses laman tertentu. Proses pelacakan paket langsung dilakukan pada Google. Penasaran? Ikuti cara-caranya sebagai berikut:

  1. Buka google.co.id kemudian ketik dan cari Cek Resi J&T pada kotak pencarian. 
  2. Tunggu sebentar. Selanjutnya akan muncul layanan Lacak Paket Anda pada layar. 
  3. Ketik nomor resi pada kota Masukkan Nomor Pelacakan.
  4. Klik Lacak Paket.
  5. Jika sudah, layanan akan memproses dan memunculkan informasi tentang paket kamu sesuai kesesuaian data.

3. Cara Mengetahui Posisi Paket Lewat Aplikasi 

Hal pertama yang perlu dipersiapkan sebelum menggunakan cara ini adalah mengunduh aplikasi J&T Express Indonesia. Agar lebih jelas, perhatikan panduan berikut ini:

  1. Buka aplikasi J&T Express Indonesia, Masukkan no resi di kolom “Lacak Resi” untuk memulai proses pelacakan.
  2. Selanjutnya ketik nomor resi paket pada kotak yang disediakan.
  3. Klik tombol Cari.
  4. Layar akan menampilkan informasi detail sesuai nomor resi yang kamu masukkan.

4. Cara Cek Melalui Web Cek Resi

Cekresi.com adalah web pihak ketiga terpercaya yang dapat digunakan untuk mengecek paket. Prosedurnya tidak jauh berbeda dengan ketiga cara di atas. Mari simak baik-baik langkah berikut:

  1. Masuk ke laman resmi Cek Resi melalui cekresi.com.
  2. Pada lama utama, masukkan nomor resi pada kolom yang tersedia. 
  3. Kalau sudah, silakan klik Cek Resi untuk memulai pencarian. 
  4. Masukkan ekspedisi kamu pada pilihan ekspedisi. 
  5. Selanjutnya akan muncul posisi real-time dari paket yang dicari. Kamu dapat melihat apakah paket baru tiba di drop point atau justru sedang dibawa kurir menuju lokasi pengiriman kamu. 

Itu dia sejumlah cara untuk melacak resi JNT. Setelah memahami informasi di atas, kamu tidak perlu lagi menunggu paket tanpa adanya kepastian yang jelas.

Cukup dengan memasukkan nomor resi pada situs atau aplikasi di atas, kamu pun dapat mengetahui posisi terkini paket tersebut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.