Cara Daftar Menjadi Driver Lalamove Ga Pakai Ribet

Berminat mendaftar menjadi driver Lalamove? Caranya gampang lho.
Berminat mendaftar menjadi driver Lalamove? Caranya gampang lho.(Gambar: vnexpress.net)
Bagikan ke teman-teman Anda

Saat ini kamu sudah bisa melihat banyak sekali jasa-jasa pengiriman atau ekspedisi yang ada di Indonesia. Memang perkembangan bisnis ini dari waktu ke waktu semakin maju dan tambah besar. Bahkan ada perusahaan China bernama Lalamove yang memiliki banyak kurir Lalamove di Indonesia. 

Perkembangan yang sangat pesat pada industri pengiriman barang ini terjadi bersamaan dengan dunia digital yang semakin besar. Hampir segala sesuatu dilakukan secara online atau daring termasuk dalam proses pembelian sebuah barang.

Dengan meningkatkan transaksi yang dilakukan secara online, maka membuat kebutuhan jasa ekspedisi atau pengiriman semakin tinggi. Tidak heran kalau perusahaan China yang bernama Lalamove ini ikut mencari keuntungan dengan memberikan jasa pengiriman di Indonesia.

Selain menjadi kesempatan bisnis bagi perusahaan ekspedisi, kamu juga bisa melihat ini sebagai peluang mendapatkan penghasilan. Kamu bisa mencoba daftar sebagai kurir di Lalamove yang baru saja hadir di Indonesia ini.

Semua hal yang masih baru pasti memiliki peluang yang tinggi untuk ikut masuk di dalamnya. Karena pastinya jumlah driver di Lalamove tidak begitu banyak karena masih proses pengembangan bisnis. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk jadi kurir dengan proses dan persaingan yang lebih rendah. 

Beberapa Syarat Menjadi Kurir Lalamove

lustrasi seorang driver Lalamove sedang mengantarkan pesanan
Ilustrasi seorang driver Lalamove sedang mengantarkan pesanan (Gambar: cnbdaily.com)

Semua pekerjaan pasti akan memberikan beberapa syarat yang harus dipenuhi dulu. Jika kamu tidak bisa memenuhi syarat ini, biasanya akan gagal saat proses seleksi awal. Oleh karena itu perhatikan dengan baik beberapa syarat agar bisa jadi driver mobil di Lalamove. Berikut syaratnya:

1. Menyiapkan SIM dan Hasil Scannya

SIM ini bisa kamu sesuaikan lagi dengan yang diminta oleh Lalamove. Jika mau jadi driver motor, maka SIM yang dibutuhkan adalah SIM C. Sementara itu untuk menjadi pengemudi kendaraan mobil biasanya SIM A.

Sedangkan kendaraan lain mengikuti aturan yang berlaku dari pemerintah. Jadi siapkan saja beserta hasil scannya.

2. Dokumentasi Kendaraan

Syarat berikutnya adalah dokumentasi berupa foto dari kendaraan yang akan dipakai untuk pengiriman barang. Di sini kamu harus mengambil foto kendaraan beserta dengan plat nomornya dari berbagai sisi. Pastikan fotonya jelas dan semua terbaca dengan baik.

3. Foto Diri

Siapkan juga foto diri kamu dengan pakaian yang rapi.

4. Scan KK dan KTP

Syarat yang lainnya dan wajib diberikan adalah scan dari dokumen Kartu Keluarga dan KTP. Dokumen ini sangat penting sekali sebagai bukti kalau kamu adalah warga negara Indonesia yang sah. 

Dari kedua dokumen ini juga pihak Lalamove akan melacak alamat jika terjadi permasalahan kerja.

5. Scan SKCK yang Berlaku

Jangan lupa untuk menyiapkan juga syarat berupa dokumen SKCK. Dokumen ini memiliki fungsi sebagai bukti kalau kamu tidak pernah melakukan tindak pidana. 

Karena ketika orang melakukan tindak pidana, maka ada risiko dia akan bertindak hal yang serupa di kemudian hari.

6. Foto atau Scan STNK

Hal yang paling penting saat kamu mengajukan scan STNK adalah nomor polisi pada foto motor sama persis dengan yang ada di STNK. 

Ini merupakan upaya Lalamove agar bisa memastikan kendaraan yang dipakai tidak melanggar ketentuan dari pemerintah dan pihak yang berwenang. Pastikan juga kendaraan tersebut tidak menunggak pajak.

7. Kontak Darurat

Ini juga sangat penting untuk dilampirkan karena kontak darurat memiliki fungsi sebagai antisipasi saat ada kejadian yang tidak diinginkan. 

Sehingga pihak Lalamove bisa menghubungi kontak darurat sebagai kontak utama yang terhubung dengan kamu secara langsung. Bisa memakai kontak saudara atau keluaran yang dekat. Untuk bagian ini kamu juga harus memberikan scan KTP dari pemilik kontak darurat.

8. Memenuhi Syarat Kendaraan

Ada beberapa ketentuan yang berlaku untuk kendaraan yang digunakan dalam pengiriman barang. Pertama untuk kendaraan motor roda dua, bisa bebas apa saja minimal tahun keluar adalah 2010. Kedua untuk driver mobil ada beberapa aturan khusus.

Mobil jenis Car atau MPV memiliki kursi 7 buah atau 3 baris. Lalu Van punya KIR yang aktif dan tahun minimal 2010. Untuk Pickup atau mobil Box, minimal harus keluaran 2000. Sedangkan kendaraan lain seperti Brio, Jazz dll minimal punya 4 kursi dua baris.

Cara Daftar Lalamove

Cara daftarnya dapat dilakukan secara online
Cara daftarnya dapat dilakukan secara online

Kalau kamu tertarik menjadi pengemudi Lalamove, bisa ikuti cara daftar online di bawah ini. Tapi pastikan semua syarat di atas sudah kamu penuhi.

  1. Download aplikasi driver bernama Lalamove Driver.
  2. Kemudian buka aplikasi tersebut.
  3. Tap pada bagian bawah halaman aplikasi untuk menggantinya sesuai kota dimana kamu akan bekerja.
  4. Saat sudah berubah, bisa mulai pilih dan tap pada tombol “Daftar”.
  5. Setelah itu akan muncul halaman pengisian formulir pendaftaran. Isi saja semuanya sesuai yang kamu ketahui. 
  6. Centang kotak kecil sebagai pernyataan setuju dan tap “Selanjutnya”.
  7. Pihak Lalamove akan mengirimkan SMS verifikasi dan masukkan angkanya ke kolom di aplikasi tadi.
  8. Berikutnya akan muncul halaman formulir lagi dan isi sesuai data yang kamu miliki dan jika sudah pilih “Selanjutnya”.
  9. Saat muncul pop-up tap “Ok” saja.
  10. Setelah itu akan kembali ke halaman utama dan masuk ke “Pengaturan” yang ada di kanan bawah pojok.
  11. Pilih pada tombol tulisan “Informasi Akun” dan pilih lagi tulisan “Verifikasi”.
  12. Isilah data pribadi dan jangan sampai salah, termasuk pengisian foto KTP, SIM dan lain-lain.
  13. Terakhir pilih “Kirim” dan selesai.

Setelah daftar, biasanya akan ada tahapan training secara online. Tahap ini juga akan menentukan apakah kamu lolos sebagai kurir di Lalamove atau tidak.

Keuntungan Menjadi Driver Lalamove

Lalamove menawarkan beberapa keuntungan bagi driver mereka
Lalamove menawarkan beberapa keuntungan bagi driver mereka (Gambar: bizhub.vn)

Setiap pekerjaan di bidang pengiriman barang pastinya selalu menawarkan keuntungan bagi para kurirnya. Lalamove menawarkan banyak keuntungan bagi kamu yang memutuskan menjadi drivernya untuk pengiriman barang.

Beberapa keuntungannya seperti kamu bisa mendapatkan penghasilan rutin sesuai dengan kinerja yang diberikan. Tentunya jika kamu rajin mengirimkan barang, maka jumlah gaji driver Lalamove yang diterima juga semakin banyak.

Kemudian keuntungan menjadi tukang kirim Lalamove berikutnya adalah bisa menentukan jam kerja kapan saja. Karena model kerjanya seperti ojek online yang sudah ada saat ini. Perbedaannya hanya ini fokus ke pengiriman barang saja.

Sehingga jam kerja yang kamu miliki jauh lebih fleksibel. Keuntungan menjadi driver Lalamove selanjutnya adalah bisa mendapatkan bonus. Biasanya saat kamu berhasil mencapai target yang ditetapkan, maka mendapatkan bonus sebagai hadiah.

Menjadi driver mobil dan motor atau kurir di Lalamove, bisa digunakan sebagai sumber penghasilan sampingan atau utama. Apalagi jam kerjanya cukup fleksibel layaknya di ojek online. Sehingga kamu bisa mengaturnya sendiri sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.