Begini Caranya Daftar GoKilat Cepat dan Mudah

Cara Daftar GoKilat Dengan Cepat dan Mudah
Cara Daftar GoKilat Dengan Cepat dan Mudah
Bagikan ke teman-teman Anda

PT. GoJek Indonesia belakangan ini menjalin kerja sama dengan perusahaan e-commerce di bidang marketplace yaitu Tokopedia. Bentuk kolaborasi yang dilakukan 2 perusahaan ini melahirkan layanan bernama GoKilat. 

GoKilat merupakan layanan kolaborasi antara Gojek dan Tokopedia yang menggabungkan fitur layanan GoSend dan GoMart. Kehadiran fitur Go-Kilat memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi belanja online di mana barang yang dipesan bisa diterima di hari yang sama (Same Day). 

Fitur GoKilat same day ini sudah tersedia di marketplace Tokopedia sejak 19 Mei 2016. Untuk bisa menggunakan fitur ini, konsumen akan dikenakan tarif promo sebesar Rp10.000,00. Pada awal peluncurannya, layanan GoKilat baru tersedia di 2 kota yaitu Bandung dan Jakarta. 

Dilansir dari VIVA.co.id, fitur Go-Kilat ini tidak tersedia di aplikasi Gojek, melainkan di dalam e-commerce Tokopedia. Hingga saat ini, Gojek menyediakan 11 pilihan layanan yaitu Go-Car, Go-Ride, Go-Food, Go-Mart, Go-Send, Go-Tix, Go-Clean, Go-Massage, Go-Box, Go-Glam, dan Go-Busway.

Apa Itu GoKilat? 

Mitra GoKilat
Mitra GoKilat (Gambar: gojek.com)

Layanan logistik atau pengiriman barang dari penjual kepada pembeli yang sering mengalami kendala dalam transaksi jual beli online. Untuk mengatasi masalah tersebut, platform Tokopedia bekerja sama dengan Gojek Indonesia dengan mengenalkan layanan pengiriman barang bernama GoKilat. 

Layanan yang diluncurkan pada 19 Mei 2016 ini memungkinkan penggunanya untuk menerima paket barang yang dibeli melalui Tokopedia di hari yang sama dengan bantuan kurir Gojek. Layanan ini sudah bisa digunakan pengguna Tokopedia di wilayah Bandung, Jabodetabek, dan Surabaya. 

Syarat Layanan GoKilat

Untuk bisa menggunakan layanan Go-Kilat, seller harus mengaktifkan layanan ini terlebih dahulu pada platform Tokopedia. Selain itu, seller juga harus berada di lokasi dengan jarak kurang lebih 25 km dari alamat tujuan pengiriman. 

Bila persyaratan tersebut sudah dipenuhi oleh seller, maka akan muncul opsi pilihan Paket Pengiriman GoKilat dan Kurir Pengiriman Gojek. Setelah itu, pengguna layanan harus memiliki alamat tujuan pengiriman melalui peta yang sudah disediakan di dalam platform Tokopedia. 

Besaran biaya kirim via Gojek akan langsung ditambahkan pada total biaya yang harus dibayarkan. Hingga tanggal 1 Juni 2016, biaya kirim yang ditetapkan oleh Gojek melalui layanan Go-Kilat sebesar Rp10.000,00 untuk pengiriman dalam wilayah kota yang sama. 

Layanan Go-Kilat ini bisa diakses melalui aplikasi maupun situs Tokopedia dengan syarat pengguna harus memesan kurir Gojek mulai pukul 06.00 sampai pukul 18.00 WIB. Barang yang dikirim juga harus memiliki bobot kurang dari 7 kg dengan dimensi kurang dari 70 x 50 x 50 cm.

Sebelumnya, Gojek juga pernah menjalin kerjasama dengan Lazada dengan memberikan layanan pengiriman barang kepada pengguna Lazada di hari yang sama. Meski begitu, kerja sama tersebut hanya berlaku dalam waktu beberapa hari saja. 

Cara Daftar GoKilat Online Yang Mudah dan Cepat

Cara daftar menjadi mitra GoKilat
Cara daftar menjadi mitra GoKilat (Gambar: beritadiy.pikiran-rakyat.com)

Gojek memiliki 2 pilihan layanan pengiriman barang yaitu GoSend dan GoKilat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Go-Kilat merupakan layanan pengiriman barang di hari yang sama untuk pengguna yang melakukan transaksi belanja online via Tokopedia. 

Lalu, bagaimanakah cara mendaftarkan diri sebagai mitra Go-Kilat? Untuk bisa menjadi mitra Go-Kilat, cara pendaftaran hampir sama seperti pendaftaran Go-Send dan bisa dilakukan secara online. Nah, berikut ini persyaratan yang dibutuhkan dan cara mendaftar Go-Kilat secara online. 

Persyaratan Daftar Go-Kilat

Berkas persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar menjadi mitra Go-Kilat antara lain Kartu Tanda Penduduk, STNK, SIM C, SKCK, ponsel dengan RAM minimal 1 GB, layar smartphone minimal 5 inch, dan sepeda motor dengan tahun pembuatan di atas 2011.

Usia maksimal untuk bisa bergabung menjadi mitra Go-Kilat yaitu 35 tahun. Selain itu, mitra Go-Kilat juga wajib mematuhi peraturan yang diberlakukan yaitu 5 hari kerja dengan waktu kerja 10 jam setiap harinya.

Cara Daftar GoKilat Secara Online

Setelah menyiapkan berkas persyaratan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mendaftar sebagai mitra Go-Kilat. Nah, berikut ini cara mendaftar menjadi mitra Go-Kilat yang mudah dan cepat. 

  1. Siapkan seluruh berkas persyaratan yang dibutuhkan, kemudian isi formulir pendaftaran GoKilat atau GoSend. 
  2. Isi formulir secara lengkap dan sesuai data diri yang tertera pada KTP. Jika formulir pendaftaran sudah terisi lengkap dan benar, klik opsi ‘Gabung’. 
  3. Peserta nantinya akan mendapatkan konfirmasi dari pihak Gojek via SMS ke nomor telepon yang sudah dicantumkan saat pengisian formulir. 
  4. Setelah menerima SMS konfirmasi, peserta bisa datang ke kantor Gojek terdekat untuk melakukan verifikasi pendaftaran. 

Keuntungan Menjadi Mitra GoKilat

Beberapa keuntungan yang akan didapat jika bergabung menjadi mitra GoKilat
Beberapa keuntungan yang akan didapat jika bergabung menjadi mitra GoKilat (Gambar: cerdasbelanja.grid.id)

Setelah mengetahui cara mudah daftar GoKilat, ada beberapa keuntungan yang didapatkan oleh mitra GoKilat. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan apabila bergabung menjadi mitra GoKilat. 

  • Gaji atau penghasilan GoKilat yang diperoleh setiap harinya bisa mencapai Rp230.000,00. 
  • Jam kerja bisa diatur kapan pun sesuai keinginan mitra GoKilat. 
  • Pendaftaran untuk bergabung menjadi mitra bersifat gratis sehingga tidak ada pungutan biaya apapun. 
  • Ada banyak bonus yang ditawarkan dan orderan yang melimpah karena tingginya minat masyarakat terhadap belanja online via Tokopedia. 
  • Tawaran bonus senilai Rp1.000.000,00 dalam satu bulan apabila mengambil semua booking pada bulan pertama. 

Aturan Menjadi Mitra GoKilat

Selain menawarkan sejumlah keuntungan, rupanya tidak semua orang bisa mendaftar menjadi mitra Go-Kilat. Berikut ini beberapa kriteria yang tidak bisa bergabung menjadi mitra GoKilat. 

  • Tidak atau belum pernah terdaftar sebagai mitra Gojek. 
  • Setiap driver hanya bisa memiliki satu akun saja dan hanya bisa mendaftarkan satu kendaraan.
  • Akun yang diperoleh hanya untuk akun khusus di area tertentu sesuai lokasi kerja.
  • Setiap mitra yang bergabung harus memiliki atribut dari Gojek yang bisa dibeli secara cicil.

———————

Ulasan di atas bisa menjadi referensi untuk mengetahui cara daftar GoKilat. Karena banyaknya keuntungan yang ditawarkan, banyak orang yang tertarik untuk mendaftarkan diri dan bergabung menjadi mitra Go-Kilat hasil kolaborasi antara Gojek dan Tokopedia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.