Cara Tarik Dana ShopeePay ke Rekening Pribadi, Mudah dan Cepat

Cara untuk mentransfer ShopeePay ke rekening pribadi
Cara untuk mentransfer ShopeePay ke rekening pribadi
Bagikan ke teman-teman Anda

ShopeePay merupakan dompet digital yang diluncurkan oleh e-commerce besar Shopee untuk mempermudah para penggunanya untuk melakukan pembayaran. Tak hanya itu saja, fitur ini juga bisa digunakan untuk menerima transferan dari orang lain. 

Nah, sedangkan untuk para penjual online, fitur tersebut digunakan sebagai tempat penadah hasil penjualan mereka di Shopee. Jadi, transaksi jual beli berhasil, saldo pembayaran yang dibayarkan oleh pembeli akan secara otomatis masuk ke ShopeePay penjual. 

Tak hanya itu saja, kamu yang sedang mengikuti program Shopee Affiliate juga akan mendapatkan honor melalui dompet digital tersebut. Jadi, perolehannya selama menjadi Shopee Affiliate akan langsung dikirim ke ShopeePay kamu dalam jangka waktu tertentu. 

Cara Tarik Saldo ShopeePay 

Tarik saldo ShopeePay ke rekening ternyata mudah sekali
Tarik saldo ShopeePay ke rekening ternyata mudah sekali (Gambar: urbandigital.id)

Saldo yang terkumpul di dompet digital Shopee bisa kamu pindahkan ke rekening pribadi dengan mudah. Jadi, kamu bisa mendapatkan pendapatan secara cash apabila sudah memindahkan saldonya. 

Perlu kamu ketahui, menurut informasi dari laman resmi Shopee, kamu bisa melakukan penarikan dana ke rekening pribadi asalkan sudah melakukan verifikasi identitas dan rekening bank untuk dompet digital Shopee. 

Cara Verifikasi Identitas dan Rekening Bank

Untuk melakukan verifikasi identitas di e-commerce Shopee untuk kepentingan penarikan dana melalui rekening bank, kamu perlu mengunggah KTP/KITAS. Setelah itu, ikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee. 
  2. Setelah terbuka, kamu akan disuguhkan oleh halaman depan Shopee. 
  3. Klik “ShopeePay” yang terdapat di halaman depan Shopee. 
  4. Setelah itu, klik “Verifikasi Sekarang”
  5. Lengkapi informasi yang diinginkan oleh Shopee secara detail tanpa melewatkan apapun. 
  6. Jika sudah, klik “Konfirmasi” 
  7. Tunggu hingga kamu mendapatkan notifikasi verifikasi di aplikasi Shopee. 

Nah, apabila verifikasi yang kamu ajukan ditolak, maka kamu bisa melakukan verifikasi ulang berdasarkan dengan alasan penolakan yang tercantum di notifikasi. 

Cara Tarik Dana ShopeePay ke Rekening Bank

Jika sudah berhasil melakukan verifikasi identitas, langkah selanjutnya adalah proses penarikan saldo ke rekening pribadi. Caranya, kamu bisa mengikuti step by step berikut ini:

  1. Buka aplikasi e-commerce Shopee di perangkatmu. Langsung saja klik “Isi Saldo ShopeePay”.
  2. Kmudian klik opsi “Kirim ke Bank”.
  3. Ketika sudah berada di halaman Kirim ke Bank, silahkan pilih opsi “No rekening Tersimpan”, apabila no rekening belum ada bisa klik “Transfer ke No. Rekening Bank Baru”.
  4. Setelah itu, masukkan saja nominal saldo yang ingin kamu tarik atau transfer ke rekening bank. Minimal saldo yang bisa dikirim adalah Rp 5.000,-. Lalu klik tombol “Lanjutkan”.
  5. Jika sudah, klik tombol “Transfer Sekarang” , kemudian masukkan PIN ShopeePay kamu untuk bisa menyelesaikan pengajuan penarikan saldo ke rekening bank. 
  6. Selesai. 

Informasi Biaya Administrasi

Penarikan dana ShopeePay yang kamu lakukan tentu saja memerlukan biaya administrasi. Namun tenang saja, biaya yang perlu dibayarkan tidak besar, kok. Nah, untuk penarikan saldo dengan besaran nominal di bawah Rp 50.000,- ke BCA, BNI, BRI, dan Bank Mandiri, maka biaya administrasinya hanya Rp 3.000,- saja. 

Sedangkan penarikan saldo dengan besaran nominal di atas Rp 50.000,- ke BCA, BNI, BRI, dan Bank Mandiri tidak akan dikenakan biaya administrasi alias Free. Sementara penarikan saldo ke rekening bank selain bank yang disebutkan sebelumnya, akan dikenakan biaya administrasi Rp 3.000,- setiap kali melakukan penarikan. 

Nah, untuk durasi penarikan saldo tergantung jenis bank yang kamu gunakan, ya. Berikut ini informasi estimasi waktu yang diperlukan untuk setiap bank dalam proses penarikan saldo dari dompet digital Shopee ke rekening bank:

  1. BCA: 1 hari kalender
  2. BNI Syariah: 1 hari kalender
  3. BNI: 1 hari kalender
  4. BRI: 1 sampai dengan 2 hari kalender
  5. Bank Mandiri: 1 hari kalender
  6. Bank lainnya: 1 sampai dengan 4 hari kerja

Bagaimana Jika Saldo Belum Masuk ke Rekening Bank?

Lakukan cara ini jika kamu gagal mentransfer saldo shopeepay kamu ke rekening pribadi
Lakukan cara ini jika kamu gagal mentransfer saldo shopeepay kamu ke rekening pribadi (Gambar: kawula.id)

Kegagalan dalam penarikan saldo ShopeePay ke rekening bank sebenarnya hamper tidak pernah terjadi, akan tetapi untuk menghadapi ketika hal tersebut terjadi kamu mengetahui solusinya agar dapat bertindak. 

Apabila dana yang kamu tarik tidak sampai sementara estimasi waktu sudah terlampaui, mungkin saja hal tersebut dikarenakan data rekening yang dimasukkan salah atau tidak sesuai dengan buku tabungan. 

Dengan demikian, pihak Shopee akan menunda proses penarikan saldo dan akan memberikan pemberitahuan melalui aplikasi Shopee. Dalam pemberitahuan tersebut akan dicantumkan alasan kegagalan penarikan dana, sehingga kamu disarankan untuk segera memperbaiki data rekening yang benar. 

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari penolakan dari bank yang bersangkutan, sehingga proses penarikan saldo bisa dilakukan tanpa halangan dengan waktu yang cepat. Karena data ditolak, maka kamu perlu mengubah data rekening dengan cara berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee.
  2. Setelah itu, klik opsi “Saya” kemudian pilih “ShopeePay”.
  3. Jika sudah masuk halaman dompet digital Shopee, klik icon “Pengaturan” yang berada di bagian pojok kanan atas. 
  4. Selanjutnya pilih “Rekening Bank untuk ShopeePay”.
  5. Klik rekening bank yang sudah ditolak oleh sistem Shopee, kemudian klik “Hapus”.
  6. Silahkan masukkan kode verifikasi yang akan dikirimkan ke nomor telepon kamu, kemudian klik “Lanjut”.
  7. Apabila sudah, langsung saja klik “Tambahkan Rekening Bank” kemudian langsung masukkan data rekening yang benar. 
  8. Setelah itu, klik “Lanjutkan”.
  9. Selesai

Cara melakukan penarikan saldo ShopeePay ke rekening bank pribadi yang telah dibahas di atas, bisa kamu aplikasikan sekarang juga jika kamu membutuhkannya. Jangan lupa untuk mengikuti setiap stepnya, agar proses penarikan dana ShopeePay berhasil. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.