Cara hapus akun di marketplace Shopee Cara hapus akun di marketplace Shopee

[Berhasil] Cara Menghapus Akun Shopee Secara Permanen

Bagikan ke teman-teman Anda

Anda memiliki akun di marketplace Shopee dan berencana untuk menghapusnya? Developer dan pengelola Shopee menyediakan fitur untuk menghapus akun Shopee secara permanen. Akun tersebut akan hilang dan tidak dapat dipulihkan kembali. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan dengan jelas dan matang mengapa akun harus dihapus.

Meskipun ada fitur untuk menghapus, akun tidak langsung akan terhapus secara otomatis. Mereka akan menyeleksi dan memverifikasi akun tersebut. Jika memenuhi ketentuan dan tidak ada masalah, pengajuan yang sudah dilakukan akan diterima. Untuk mengetahui bagaimana cara hapus akun Shopee, simak ulasan berikut ini.

Langkah Menghapus Akun Shopee

Bagian berikut ini menjelaskan langkah untuk prosedur penghapusan akun di platform Shopee. Anda perlu mengerti terlebih dahulu sebelum menerapkannya. Pastikan tidak ada yang terlewatkan agar tidak ada kendala.

  1. Buka aplikasi dan pilih menu Saya lalu Pengaturan
  2. Pilih Ajukan Penghapusan Akun
  3. Klik Lanjut lalu verifikasi SMS dan pilih atau tulis alasan penghapusan
  4. Konfirmasi via email yang telah terdaftar
  5. Tunggu hingga pengajuan secara resmi disetujui
  6. Jika diterima, user menerima notifikasi

Anda sebaiknya memakai aplikasi untuk pengajuan prosedur menghapus akun Shopee. Proses ini lebih mudah dan cepat serta dapat dipantau. Untuk website, caranya hampir mirip karena fitur dan menu cenderung sama. Yang terpenting adalah Anda bisa login lalu mengecek akun secara langsung sebelum memulai untuk menghapusnya.

Pengajuan tersebut diterima jika sesuai dengan ketentuan berlaku dari Shopee. User perlu mengetahui mengapa akun tidak bisa dihapus meskipun sudah diajukan berkali. Selain itu, Shopee memiliki aturan yang ketat terkait transaksi dan mengawasi akun dengan aktivitas tidak sesuai dengan peruntukannya.

Kamu juga bisa menanyakan perihal hapus akun Shopee kamu melalui layanan customer service Shopee yang dapat kamu hubungi kapan saja.

Persiapan Sebelum Menghapus Akun di Shopee

Cara hapus akun Shopee masih menunggu konfirmasi apakah pengajuan diterima atau tidak. Akun Anda kemungkinan akan ditolak jika pihak Shopee menilai masih ada yang perlu diselesaikan. Untuk mengetahui tentang persiapan sebelum menghapus akun tersebut, cek daftar berikut ini.

Tidak ada pesanan

Jika masih ada pesanan yang belum selesai, akun tidak bisa dihapus. Anda masih memesan barang dan transaksi sudah berjalan. Produk masih dikirim dan belum tiba. Anda harus menunggu terlebih dahulu hingga konfirmasi produk selesai dan tidak ada komplain dari pihak pembeli.

Semua saldo sudah ditarik

Anda adalah penjual yang memiliki akun di Shopee. Karena suatu hal, akun tersebut ingin ditutup secara permanen. Artinya, Anda akan menghapus akun Shopee tanpa perlu dipulihkan lagi di kemudian hari. 

Agar pengajuan berjalan lancar, cek saldo dan semua pembayaran. Uang dan koin yang ada di akun tersebut harus dicairkan.  Selain itu, Anda tidak menerima transaksi penjualan dan transfer. Semuanya segera dihentikan dan tunggu hingga uang telah diterima tanpa kendala. Setelah itu, ajukan penghapusan akun.

Nomor telepon dan email masih valid dan aktif

Shopee menggunakan berbagai cara untuk login. Anda tidak mengetahui password dan login yang dipilih adalah via SMS. Cara lain adalah email yang telah terdaftar di akun tersebut. Selanjutnya, Anda juga bisa memakai sosial media untuk login.

Akan tetapi, prosedur untuk penghapusan akun membutuhkan dua kontak yaitu nomor telepon dan email yang valid. Bagi yang sudah mengganti nomor tersebut, cek bagian pengaturan akun dan sesuaikan dengan nomor saat ini. Langkah ini juga berlaku untuk email. Anda segera melakukannya sebelum pengajuan.

Akun tidak dibatasi

Pihak Shopee tidak memberikan toleransi terhadap akun yang melanggar ketentuan. Akun-akun yang bermasalah akan mendapatkan pembatasan. Ini adalah label karena ada indikasi transaksi dan aktivitas di akun tersebut tidak valid dan mencurigakan. 

Anda merasa akun yang dimiliki sedang dibatasi. Kondisi ini membuat pengajuan untuk menghapus akun akan ditolak. Agar berhasil, hubungi customer service dan lengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Pihak Shopee akan membantu dengan senang hati.

Semua persiapan yang telah disebutkan merupakan prosedur yang perlu diketahui sebelum menerapkan cara hapus akun Shopee. Secara umum, pihak Shopee tidak akan menghalangi siapapun untuk menutup dan menghapus akun karena merupakan hak pengguna. Tentu saja, mereka tidak ingin masalah muncul karena akun sudah tidak ada. Oleh karena itu, akun harus bersih dan valid serta tidak bermasalah ketika ingin mengajukan penghapusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *