Cara jitu menjadi star seller di Shopee Cara jitu menjadi star seller di Shopee

Cara Menjadi Star Seller di Shopee, Apa Saja Syaratnya?

Bagikan ke teman-teman Anda

Sebagai penjual yang menawarkan berbagai produk di Shopee, tentunya Anda ingin mendapatkan banyak pelanggan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menjadi star seller Shopee. Agar pembeli menjadi pelanggan tetap, mengejar status star seller di market place daring ini tidak boleh Anda lewatkan. 

Selain mendapatkan lebih banyak pelanggan, keuntungan lain yang akan Anda dapatkan adalah keuntungan dan traffic penjualan yang lebih tinggi. Dengan begitu Anda tidak perlu susah payah melakukan marketing untuk menarik dan mencari pembeli yang potensial. 

Pengertian Star Seller Shopee

Bagi yang belum mengetahui, istilah star seller shopee merupakan status yang diberikan kepada penjual sebagai bentuk apresiasi. Penjual atau toko yang mendapatkan status tersebut dinilai aktif melakukan penjualan dan mampu memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pembeli. Penjual yang mendapatkan status tersebut akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dibandingkan seller biasa di mata pembeli. 

Seller yang memiliki status star seller berarti direkomendasikan oleh Shopee untuk menjadi tempat belanja calon pembeli. Tidak hanya karena pelayanannya yang baik dan memuaskan, produk yang dijual pun sesuai dengan deskripsi yang tertera dalam keterangan toko. 

Pembeli juga lebih senang berbelanja di toko dengan status star seller karena kredibilitasnya yang sudah jelas. Banyak review positif yang ditinggalkan oleh pembeli sebelumnya, sehingga kemungkinan penipuan ataupun barang datang tidak sesuai dengan pesanan bisa diminimalisir. 

Syarat Menjadi Star Seller di Shopee

Star Seller Shopee
Star Seller Shopee

Untuk menjadi star seller Shopee terdapat beberapa syarat yang harus Anda penuhi. Syarat tersebut sebagai indikator bahwa Anda memang telah melakukan kewajiban menjadi penjual yang baik. Syarat yang diajukan oleh Shopee juga tidak memberatkan, berikut merupakan ketentuan dan syarat yang harus Anda penuhi.

Memasukkan Detail Nomor KTP yang Disetujui

Informasi mengenai penjual harus detail dan terpercaya agar terdaftar sebagai star seller, salah satunya adalah nomor KTP. Ketika Anda mendaftar sebagai star seller, Anda wajib memasukkan nomor KTP dan melakukan upload foto. 

Anda harus menunggu terlebih dahulu sampai nomor KTP dan foto tersebut disetujui oleh pihak Shopee. Memasukkan gambar yang jelas juga akan memudahkan admin Shopee untuk melakukan verifikasi pada berkas pendaftaran yang Anda lakukan. 

Presentase Balas Chat Diatas 80 Persen

Karena star seller Shopee adalah penjual yang memberikan impresi baik ketika melakukan aktivitas jual beli, maka presentasi pembalasan chat juga menjadi syarat yang harus dipenuhi. Toko ataupun akun Anda harus memiliki presentase chat dibalas minimal 80 persen. 

Untuk melihat presentase chat yang sudah Anda lakukan, Anda bisa memeriksanya secara langsung di menu performa toko. Agar chat presentasi berada diatas angka minimal, Anda harus membalas chat yang dikirim oleh pembeli secara langsung. Setelah diatas 3 bulan, performa tersebut akan menjadi penilaian dari pihak Shopee untuk mendapatkan status star seller. 

Minimal Rating 4,5 dari 5 Bintang

Seperti yang telah diketahui, rating juga merupakan aspek penting yang menjadikan toko atau akun untuk mendapatkan status star seller. Apabila rating toko Anda sudah diatas 4,5 bintang, Anda sudah bisa mendaftarkan diri menjadi star seller. 

Anda bisa mengetahui berapa penilaian bintang yang sudah didapatkan di bagian menu performa toko. Star seller Shopee adalah penjual yang memberikan layanan yang baik kepada pembeli, karena itu mendapatkan bintang lima bukan hal yang sulit apabila Anda sudah melakukan kewajiban sebagai penjual. 

Berhasil Menjual 100 Pesanan Tiap Bulan

Syarat star seller Shopee selanjutnya adalah melakukan penjualan 100 pesanan untuk tiap bulannya. Anda bisa melacak penjualan yang sudah dilakukan dengan memeriksa menu penjualan saya di toko yang Anda kelola. Jika sudah lebih dari 100 pesanan, Anda sudah bisa mendaftar sebagai star seller. 

Namun jika pesanan dan produk yang Anda jual belum mencapai angka tersebut, Anda harus lebih ekstra untuk melakukan promosi. Anda bisa menggunakan berbagai fitur yang disediakan Shopee untuk meningkatkan penjualan, yakni dengan melakukan iklan atau mengaktifkan fitur harga grosir. 

Toko Harus Melayani 25 Pembeli yang Berbeda dalam Satu Bulan

Syarat lain yang harus dipenuhi sebelum menjadi star seller adalah melayani 25 pembeli yang berbeda pada satu bulan. Ini karena star seller Shopee adalah penjual yang harus aktif melakukan transaksi kepada pembeli secara kontinyu. Untuk meningkatkan penjualan, Anda bisa menggunakan media sosial ataupun fitur yang disediakan oleh Shopee. 

Selain itu, toko juga tidak boleh memiliki poin penalti. Poin ini merupakan akumulasi penilaian yang dilakukan oleh Shopee karena ketidakpatuhan pada aturan yang diberikan dan menjadi syarat star seller Shopee yang penting. Misalnya poin penalti karena tidak menyelesaikan pesanan, terlambat mengirim barang, atau pun mengunggah dan menjual produk yang dilarang.

Tidak Memiliki Pesanan Tidak Wajar

Cara menjadi star seller Shopee selanjutnya adalah tidak memiliki riwayat pemesanan yang aneh atau mencurigakan. Hindari berbagai bentuk transaksi yang tidak sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pihak Shopee. 

Toko yang Anda kelola juga tidak boleh memiliki presentase produk PO diatas 20 persen, maupun kurang dari  hari dalam satu bulan transaksi. Jika toko memiliki riwayat terkait dengan keterlambatan PO, besar kemungkinan dia akan sulit diloloskan menjadi star seller oleh admin Shopee. 

Selain melakukan pendaftaran untuk menjadi star seller, ternyata Shopee juga memberikan undangan star seller kepada penjual yang memang memiliki riwayat yang baik. Agar mendapatkan undangan tersebut, berikut merupakan beberapa syarat yang harus dipenuhi:

  1. Jangan menyalahi aturan yang telah ditetapkan oleh pihak Shopee, terutama terkait dengan pengiriman barang, transaksi, serta kebijakan lainnya. 
  2. Syarat star seller Shopee undangan adalah memberikan foto produk dengan kualitas gambar yang baik pada barang yang Anda jual. Akan lebih baik jika menggunakan foto asli guna menghindari adanya pelanggaran hak cipta. 
  3. Berikan deskripsi yang jelas terkait produk yang Anda jual. Produk tersebut juga tidak boleh melanggar ketentuan produk yang dilarang oleh Shopee. 
  4. Agar mendapatkan undangan star seller dari Shopee buatlah harga yang bersaing dan menarik. Berikan selisih harga dari harga yang ada di pasaran, sehingga bisa mempengaruhi psikologi pembeli. 
  5. Jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan, agar mereka tidak ragu memberikan review yang positif ke toko Anda. 
  6. Promosikan produk yang Anda jual secara rutin, sehingga pembeli aware dengan berbagai produk yang Anda tawarkan di toko.

Keuntungan Menjadi Star Seller Shopee

Setelah mengetahui berbagai syarat dan informasi tentang undangan star seller di platform marketplace Shopee, sebagai penjual terdapat beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan. Beberapa keuntungan tersebut yakni: 

1. Menjadi Penjual yang Kredibel dan Terpercaya

Apabila toko yang Anda kelola sudah mendapatkan status star seller, maka Anda bisa mendapatkan pembeli dengan lebih mudah. Sebab Anda dinilai lebih kredibel dan terpercaya dibandingkan penjual lainnya. Pembeli cenderung untuk mencari toko yang menjual produk dengan harga murah namun tetap terpercaya. 

2. Mendapat Rekomendasi Fitur

Keunggulan lainnya adalah Anda akan mendapatkan berbagai fitur yang menarik untuk meningkatkan penjualan Anda. Shopee sendiri cukup loyal untuk memberikan berbagai promo menarik kepada seller star. Anda bisa mengikuti berbagai promo yang dilakukan oleh Shopee guna menarik minat pembeli. 

3. Banyak Dicari Pelanggan

Ketika hendak membeli barang, pembeli cenderung melakukan transaksi dengan seller yang memiliki status star seller. Dengan mengetahui cara menjadi star seller Shopee dan melakukannya sekaligus, toko yang Anda jual akan lebih mudah dicari oleh pelanggan. Ini juga akan membuat keuntungan Anda menjadi lebih besar dibandingkan sebelum menjadi star seller. 

4. Dapat Melakukan Upload 10.000 Produk

Ketika melakukan upload produk, penjual biasa mengalami batasan jumlah produk yang mereka jual. Berbeda dengan star seller, mereka bisa melakukan upload hingga 10 ribu produk. Membuat toko yang mereka kelola jauh lebih lengkap dibandingkan dengan toko biasanya. 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara menjadi star seller Shopee yang mudah dan bisa dilakukan oleh semua penjual. Apabila Anda berusaha dengan keras untuk melayani pelanggan dengan baik, tentu tidak sulit untuk mendapatkan status star seller di platform Shopee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.