Cara Mengajukan Komplain di Shopee Agar Pembeli Tidak Rugi

Simak dulu yuk caranya sebelum mengajukan komplain di Shopee
Simak dulu yuk caranya sebelum mengajukan komplain di Shopee
Bagikan ke teman-teman Anda

Shopee merupakan surganya belanja online bagi banyak orang, karena barang yang diperjualbelikan di e-commerce satu ini sangatlah lengkap. Selain itu, ada banyak metode pembayaran yang bisa dilakukan, sehingga kamu bisa memilih sesuai keinginan. 

Tak hanya itu saja, kini e-commerce satu ini menawarkan layanan pinjaman uang agar kamu bisa berbelanja di Shopee alias kredit. Jadi, jika kamu belum memiliki uang untuk membeli barang di Shopee, silahkan saja aktifkan Spay Later. 

Dengan demikian, tidak heran jika banyak yang ketagihan berbelanja di e-commerce satu ini dan merasa puas. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang merasa kecewa dengan seller di e-commerce ini, entah itu masalah barang ataupun yang lainnya. 

Kalau masalah barang yang tidak sesuai, kamu bisa mengajukan komplain secara langsung pada pihak Shopee. Namun, ada proses yang perlu dilakukan agar barang bisa dikembalikan dan uang yang sudah kamu keluarkan untuk membeli barang tersebut juga dikembalikan berupa saldo Shopeepay. 

Permasalahan barang yang tidak sesuai dengan deskripsi atau bahkan salah kirim barang, tentu akan merugikan pembeli. Jika kamu mengalami hal yang sama, kamu bisa mengajukan komplain dengan banyak cara, yakni menghubungi call center ataupun via aplikasi langsung.

Berikut Ini Cara Komplain di Shopee

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat Kamu akan melakukan komplain ke Shopee
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat Kamu akan melakukan komplain ke Shopee (Gambar: entrepreneurcamp.id)

Di Shopee ada penjual dan pembeli yang sama-sama harus diperlakukan adil oleh aplikasi e-commerce satu ini. Salah satu kebijakan Shopee agar pembeli tidak merugi adalah menerima komplain dan akan langsung memberikan solusi terbaik untuk kedua belah pihak. 

Nah, cara yang bisa kamu lakukan untuk mengajukan komplain adalah sebagai berikut ini:

1. Cara Komplain Melalui Call Center

Cara pertama Kamu bisa hubungi ke call center Shopee
Cara pertama Kamu bisa hubungi ke call center Shopee

Jika kamu ingin melakukan komplain atas barang yang diterima, maka bisa menghubungi call center Shopee di nomor 1500702. Dengan menghubungi call center Shopee, kamu akan diberikan solusi terkait permasalahan komplain dan barang yang tidak sesuai serta lain-lainnya. 

Layanan ini bisa kamu manfaatkan setiap saat, karena buka selama 24 jam nonstop. Selain nomor di atas, kamu juga bisa menghubungi nomor (021) 806 471 00 untuk menyampaikan keluh kesah ataupun kendala ketika berbelanja online di aplikasi e-commerce satu ini.

Namun, jika kamu tidak memiliki biaya untuk menghubungi call center dengan nomor di atas, maka ada cara lain yang bisa dilakukan secara gratis, yakni menghubungi CS melalui sosial medianya di Twitter atau langsung melalui email. 

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa memanfaatkan fitur “Pusat Bantuan” yang ada di aplikasi Shopee. Di sana kamu akan menemukan fitur live chat yang akan terhubung langsung dengan admin Shopee resmi. Kamu bisa sampaikan apa kendala yang dialami kapan pun dan di mana pun selama masih ada jaringan internet.

Admin Shopee akan membalas pesan kamu setiap saat, karena mereka membuka layanan tersebut yang sifatnya buka 24 jam. Dengan menghubungi CS melalui aplikasi di fitur live chat, akan semakin besar kesempatan kamu untuk dibalas dengan cepat karena CS Shopee di sini sangat fast respons. 

2. Cara Komplain di Shopee Melalui Aplikasi

Mengajukan komplain lewat aplikasi Shopee nya langsung juga bisa, bisa melalui HP atau Laptop
Mengajukan komplain lewat aplikasi Shopee nya langsung juga bisa, bisa melalui HP atau Laptop (Gambar: lifepal.co.id)

Pengalaman barang yang tidak sesuai deskripsi dengan yang dikirim memang kerap dialami oleh banyak orang ketika belanja online, sekalipun menggunakan Shopee.

Namun tenang saja, karena masih ada cara untuk menyelamatkan kamu dari kerugian ini, yakni mengajukan komplain seperti berikut ini:

  1. Silahkan buka aplikasi Shopee yang kamu miliki, baik di perangkat ponsel ataupun membuka di situs resminya. 
  2. Jika sudah terbuka, langsung saja pilih pesanan yang kamu ingin ajukan komplain atau pengajuan pengembalian dana dikarenakan barang tidak sesuai atau rusak dan yang lainnya. 
  3. Apabila merasa kesulitan untuk menemukan pesanan tersebut, kamu bisa membuka menu notifikasi dan klik produk dengan keterangan “Pesanan Telah Sampai”. 
  4. Ketika sudah mendapatkan pesanan yang tidak sesuai dengan deskripsi maupun dalam keadaan rusak, maka langsung saja klik opsi “Ajukan Pengembalian Barang/Dana”. 
  5. Setelah itu, kamu bisa memilih alasan mengapa mengajukan dana atau produk yang telah tiba di alamat kamu harus ditukar atau dikembalikan dananya. Perlu kamu ketahui, alasan yang disampaikan harus sesuai dengan kondisi barang yang kamu terima. 
  6. Upload foto barang yang ingin ditukar dengan dana dengan cara klik opsi “Tambah Foto”.
  7. Isikan alamat email yang masih aktif atau yang kamu gunakan, agar pihak dari Shopee dapat menghubungi kamu terkait persoalan komplain pengajuan pengembalian dana tersebut. 
  8. Apabila sudah, silahkan saja klik tombol “Kirimkan”. 
  9. Komplain terkait barang yang tidak sesuai atau rusak sudah terkirim ke pihak Shopee. Tunggu sampai kamu mendapatkan informasi selanjutnya melalui email. 
  10. Selesai.

Harap diingat bahwa ketika pesanan sudah dikemas atau diproses oleh penjual, maka kamu tidak bisa membatalkan pesanan di Shopee.

Cara komplain yang dijabarkan di atas bisa juga kamu temukan di pusat informasi Shopee. Ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi agar barang kamu dapat ditukar dengan dana, misalnya saja masih dalam Garansi Shopee dan kamu belum menekan opsi “Pesanan Diterima”.

Apabila kamu sudah terlanjur menekan opsi tersebut, maka secara otomatis kamu tidak akan bisa melakukan pengajuan komplain atau pengajuan pengembalian dana melalui pesanan tersebut.

Jadi, pastikan untuk cek terlebih dahulu kondisi barang dan kelengkapannya ketika sudah diterima sebelum kamu klik “Pesanan Diterima”. 

Kedua cara di atas bisa kamu pilih dan lakukan sesuai dengan keinginan serta kebutuhan. Jika kamu merasa lebih mudah melakukan komplain di aplikasi, maka kamu bisa menggunakan cara yang keuda. Namun, jika dirasa berbicara langsung dengan pihak Shopee untuk mengadukan keluh kesah, maka silahkan menggunakan cara yang pertama. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.