3 Cara Membayar Tagihan Shopee Paylater

Cara membayar tagihan yang ada di Shopee PayLater ada 3 metode, apa saja? Simak ulasan di Onlinejek.
Cara membayar tagihan yang ada di Shopee PayLater ada 3 metode, apa saja? Simak ulasan di Onlinejek.
Bagikan ke teman-teman Anda

Shopee PayLater adalah fasilitas cicilan tanpa kartu kredit yang memudahkan kamu untuk berbelanja di platform Shopee. Selain menawarkan cara berbelanja mudah dengan sistem kredit, cara membayar Shopee PayLater setiap bulannya juga tidak sulit.

Dengan mengaktifkan Shopee PayLater, kamu bisa berbelanja hari ini dan membayar tagihan bulan depan. Menariknya lagi, kamu bisa menyesuaikan waktu tagihan dengan tanggal gajian. Dan masih banyak lagi fitur yang bisa kamu nikmati dengan fasilitas yang satu ini.

Buat kamu yang belum pernah menggunakan Shopee PayLater tapi tertarik untuk mencobanya, simak terus ulasan berikut ini. Di sini akan dibahas secara lengkap mengenai cara membayar tagihan. Jangan sampai kelewatan!

Cara Bayar Tagihan Shopee PayLater

Setelah berbelanja menggunakan PayLater, kamu harus membayar tagihan di bulan berikutnya. Biasanya akan muncul tagihan di Shopee kamu. Jika tagihan tersebut sudah muncul, kamu hanya perlu menekan tombol bayar dan lakukan pembayaran seperti biasa.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membayar tagihan Shopee PayLater, yaitu menggunakan ShopeePay, melalui Indomaret, dan memakai virtual Account. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Menggunakan ShopeePay

ShopeePay merupakan layanan dompet digital yang dipersembahkan oleh Shopee. Dengan dompet digital yang satu ini, kamu bisa melakukan pembayaran tanpa transfer bank maupun mengunjungi Indomaret. Untuk lebih jelasnya, perhatikan langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee melalui smartphone.
  2. Ketuk menu Saya di sudut kanan bawah.
  3. Geser ke bawah, pilih menu SPayLater. Jika sudah memasuki masa tagihan, kamu akan melihat jumlah tagihan yang harus dibayar di bulan tersebut.
    Menu SPayLater di aplikasi Shopee
  4. Untuk membayar, tap tombol Bayar Sekarang di sebelah kanan total tagihan.
    Tombol Bayar pada menu halaman Shopee PlayLater
  5. Selanjutnya ketuk tombol Bayar Sekarang di bagian bawah layar.
    Bayar tagihan Shopee PayLater sekarang
  6. Pada pilihan metode pembayaran, pilih ShopeePay dan tap Konfirmasi.
  7. Masukkan PIN ShopeePay dan tunggu beberapa menit.
  8. Tagihan kamu sudah selesai dibayar.

Pembayaran melalui ShopeePay sangat mudah, praktis, dan bisa dilakukan kapan saja. Jika kamu tidak mau repot-repot mencari ATM atau Indomaret terdekat, cara ini layak untuk dicoba. Tapi pastikan saldo ShopeePay kamu mencukupi untuk membayar tagihan.

2. Menggunakan Virtual Account

Cara membayar Shopee PayLater yang selanjutnya adalah melalui virtual account. Buat kamu yang belum mengaktifkan ShopeePay, virtual account bisa jadi solusi untuk membayar tagihan dengan mudah setiap bulannya.

Untuk proses pembayaran, cukup dapatkan kode virtual account dari Shopee. Setelah itu, lakukan proses transfer melalui ATM atau internet banking. Agar lebih jelas, simak langkah-langkah berikut:

  1. Jalankan aplikasi Shopee lalu pilih menu Saya.
  2. Pilih menu SPayLater lalu ketuk opsi Bayar di samping nominal tagihan.
  3. Cek kembali detail transaksi pembelian. Jika benar, pilih Bayar Sekarang.
  4. Pada halaman metode pembayaran, pilih Transfer Bank (Virtual Account).
  5. Pilih bank untuk melakukan transfer, ketuk tombol Konfirmasi.
  6. Layar akan menampilkan kode virtual account. Screenshot atau catat kode tersebut.
  7. Tap OK lalu transfer melalui mesin ATM atau internet banking.

Ulangi cara di atas untuk pembayaran tagihan bulan selanjutnya. Jika kamu malas mencari ATM center, ada baiknya menggunakan metode mobile banking atau internet banking sehingga proses transfer bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

3. Melalui Indomaret

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk membayar tagihan Shopee PayLater adalah melalui Indomaret atau Alfamart. Metode ini bisa kamu pilih jika belum mengaktifkan fitur ShopeePay atau tidak memiliki rekening. Jangan khawatir, pembayaran melalui kasir Indomaret juga sangat mudah.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee dan pilih menu Saya.
  2. Pilih SPayLater dan lihat nominal tagihan bulan tersebut. Ketuk Bayar untuk membayar tagihan.
  3. Cek detail transaksi dan pastikan sudah benar. Selanjutnya pilih tombol Bayar Sekarang.
  4. Pada tampilan metode pembayaran, pilih Pembayaran Indomaret.
  5. Akan muncul kode pembayaran pada layar, pilih OK.
  6. Kemudian datangi Indomaret terdekat. Sampaikan ke kasir bahwa kamu ingin membayar tagihan Shopee PayLater dan berikan uang tunai.
  7. Kasir akan meminta kamu untuk menunjukkan kode pembayaran. Cek kembali jumlah tagihan dan kasir akan menyelesaikan pembayaran.

Tidak ada salahnya mencoba cara yang satu ini. Buat kamu yang hobi ke outlet Indomaret, kamu bisa membayar tagihan sekaligus berbelanja bulanan. Mudah bukan?

Cara Bayar Shopee PayLater Sebelum Periode Tagihan

Banyak yang belum tahu kalau tagihan Shopee PayLater juga bisa dibayar sebelum periode tagihan setiap bulannya. Mungkin kamu baru saja dapat bonus dari kantor atau sekedar takut lupa jika harus menunggu bulan depan, tidak ada salahnya membayar sebelum waktunya.

Agar dapat membayar sebelum periode tagihan, pastikan status pesanan kamu sudah selesai. Setelah itu lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke aplikasi Shopee, pilih menu Saya di pojok kanan bawah.
  2. Pada halaman selanjutnya, ketuk Shopee PayLater atau SPayLater.
  3. Kamu akan melihat total tagihan bulan ini. Pilih Bayar Sekarang.
  4. Selanjutnya, tap Tagihan Bulan Depan.
  5. Pilih tombol Bayar Lebih Dulu.
  6. Pilih metode pembayaran sesuai keinginan, baik menggunakan ShopeePay, virtual account, atau melalui Indomaret.
  7. Jika pembayaran telah berhasil, kamu akan menerima notifikasi bahwa pembayaran telah diterima.

Cara ini hanya bisa kamu lakukan untuk membayar tagihan 1 bulan berikutnya. Shopee tidak mengizinkan kamu untuk melunasi pembayaran sekaligus jika menggunakan fitur PayLater.

Manfaat Menggunakan Shopee PayLater

Masih ragu untuk menggunakan fitur PayLater dari Shopee? Mungkin kamu belum mengetahui sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan jika mengaktifkan layanan yang satu ini. Inilah sejumlah manfaat yang akan kamu lewatkan jika tidak memakai Shopee PayLater.

1. Cicilan tanpa Kartu Kredit

SPayLater menawarkan kredit cicilan mudah tanpa harus memiliki kartu kredit. Buat kamu yang sedang ingin membeli sesuatu tapi belum memiliki cukup dana, fasilitas ini memudahkan kamu untuk membeli berbagai jenis kebutuhan mulai dari fashion, perlengkapan rumah, hingga perawatan tubuh.

Dengan melakukan checkout bulan ini, kamu bisa membayar tagihan bulan depan saat sudah memiliki uang. Yang tak kalah menarik, kamu dapat menyesuaikan waktu tagihan dengan tanggal gajian sehingga dana bisa dialokasikan dengan baik.

2. Limit Bisa Disesuaikan

Takut tidak bisa membayar cicilan? Jangan khawatir. Shopee PayLater memiliki limit yang disesuaikan dengan kemampuan dan pola belanja kamu. Ketika limit sudah tercapai, maka kamu tidak bisa menggunakan fitur ini lagi. Jadi, kamu tidak perlu takut belanja berlebihan dengan SPayLater.

Semakin lama kamu menggunakan fitur ini dan semakin sering kamu berbelanja, maka limit yang diberikan juga semakin tinggi. Meskipun demikian, perilaku pembayaran kamu juga dipertimbangkan untuk penambahan limit.

3. Bunga Ringan

Salah satu daya tarik yang paling menggiurkan adalah tingkat bunga rendah. Fasilitas kredit ini tidak akan membuat tagihan kamu membengkak. Selain bunga yang tergolong ringan, kamu juga bisa membayar cicilan hingga 5 bulan tergantung nominal belanja.

Tertarik untuk menggunakan Shopee PayLater? Fasilitas cicilan ini sesuai untuk kamu yang hobi berbelanja namun tetap ingin bisa menabung setiap bulannya. Tunggu apa lagi? Aktifkan fitur SPayLater dan rasakan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.