Cara Mudah Mengaktifkan Paylater Gojek Terlengkap & Terbaru 2022

Aktifkan Paylater Gojek sekarang juga
Aktifkan Paylater Gojek sekarang juga (Gambar: gojek.com)
Bagikan ke teman-teman Anda

Bagi yang suka belanja online pasti sudah akrab dengan fitur ini. Kamu dapat menjumpainya di aplikasi marketplace online seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, Blibli dan lain sebagainya. Pada dasarnya, GoPaylater adalah metode pembayaran yang tidak jauh berbeda dari sistem kredit.

Dengan kata lain, kamu bayar di kemudian hari. Gojek melihat peluang naiknya pembayaran seperti itu dan akhirnya diimplementasikan pada Gopay. Benar saja, fitur ini mengundang lebih banyak orang agar mau menggunakan Gopay, khususnya fitur GoPaylater bayar nanti.

Saat menggunakan fitur ini, kamu dapat melakukan pembelian seperti saja, namun biaya pembelian diakumulasikan dan akan ditagihkan di akhir bulan. Salah satu yang membuat orang menyukai fitur bayar belakangan dari Gopay ini adalah tidak adanya bunga.

Kamu akan dimanjakan dengan penawaran menarik ketika mengaktifkan fitur ini, mulai dari kemudahan proses transaksi, tersedia voucher eksklusif dan masih banyak lagi. Tak heran kalau semakin banyak yang tertarik untuk mengaktifkan fitur tersebut pada akun mereka. 

Apakah kamu termasuk salah seorang yang ingin mengaktifkan fitur GoPaylater ini? Pas sekali! Kali ini pembahasan di bawah akan membahas tata cara dan persyaratan yang harus kamu ketahui.

Tenang, proses pendaftaran dan pengaktifan tidak sesulit yang mungkin kamu pikirkan. Siapa saja pasti bisa. Mau tahu lebih lanjut? Pastikan baca artikel berikut sampai selesai, ya!

Keunggulan

Memilih untuk mengaktifkan fitur tersebut tentu bukan tanpa alasan. Akun yang berhasil mengaktifkan fitur bayar di akhir bulan tersebut menawarkan beberapa keunggulan menarik. Adapun beberapa keunggulan yang dapat kamu rasakan di antaranya adalah:

  • Tidak dibebankan bunga sedikit pun
  • Dapat digunakan saat keuangan sedang menipis
  • Besaran biaya layanan rendah
  • Metode pembayaran berlaku untuk semua layanan di aplikasi dan mitra Gopay
  • Tersedia voucher, promo dan diskon spesial yang dapat digunakan 
  • Tagihan pembayaran dapat dilunasi dengan prosedur yang mudah melalui aplikasi

Syarat Aktivasi

Setelah mengenal sedikit tentang fitur GoPaylater dari Gopay ini, selanjutnya adalah memulai proses aktivasi. Terdapat beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi agar proses aktivasi berjalan sesuai harapan. Adapun persyaratan yang dimaksud antara lain sebagai berikut:

  • Akun Gopay terdaftar dan telah terverifikasi
  • Pastikan koneksi internet pada ponsel lancar dan cepat
  • Kamu telah menerima notifikasi untuk mengaktifkan fitur bayar belakang
  • Akun Gopay telah mengalami upgrade

Cara Menerima Notifikasi Aktivasi

Seperti yang telah disebutkan pada syarat aktivasi, kamu hanya dapat mengaktifkan fitur ini jika sudah menerima notifikasi dari aplikasi. Itu artinya, fitur belum bisa diaktivasi jika kamu belum diberi pemberitahuan. Lantas, bagaimana cara agar mendapatkan notifikasi tersebut?

Untuk mendapatkannya, kamu harus sering-sering menggunakan layanan yang disediakan aplikasi tersebut. Agar peluangnya lebih tinggi, direkomendasikan untuk meningkatkan akun Gopay kamu menjadi Gopay Plus. 

Jika sudah melakukan kedua hal tersebut, kamu cukup tunggu saja sampai akun kamu mendapat pemberitahuan untuk melakukan aktivasi fitur tersebut.

Tata Cara Aktivasi 

Berikut ini beberapa cara untuk aktivasi paylater
Berikut ini beberapa cara untuk aktivasi paylater (Gambar: money.kompas.com)

Kalau kamu berhasil mendapatkan notifikasi tersebut, berbahagialah. Pasalnya tidak semua pengguna mendapatkan kesempatan yang sama. Tapi mendapatkan notifikasi saja tidak cukup, pastikan syarat-syarat yang telah disebutkan di atas telah dipenuhi dengan baik. 

Setelah itu semua beres, mari lanjut ke tahapan aktivasi. Berikut adalah panduan lengkapnya, dibaca baik-baik, ya!

1. Buka dan Jalankan Aplikasi 

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengaktifkan fitur bayar nanti adalah menjalankan aplikasi Gojek. Sebelum itu, cek koneksi internet pada perangkat yang kamu gunakan. Pastikan sinyal internet bagus agar proses aktivasi tidak terganggu.

2. Arahkan ke Menu Explore

Saat masuk ke halaman utama aplikasi, arahkan ke menu Explore. Bagi yang belum tahu, menu ini terletak pada bagian sudut kanan atas.

3. Memulai Proses Aktivasi

Selanjutnya, layar akan menyajikan deretan sejumlah menu. Pilih menu Paylater. Jangan sampai keliru, ya!

Jika sudah diklik, nantinya akan keluar rincian detail mengenai fitur tersebut. Apabila kamu sudah memahaminya dengan baik, lanjutkan proses dengan mengklik tombol Aktifkan Paylater pada bagian paling bawah halaman untuk mengaktifkan fitur tersebut.

4. Lakukan Validasi Persetujuan Aktivasi

Kamu akan disuguhkan dengan informasi terkait syarat dan ketentuan penggunaan. Agar tidak ada kesalahan selama penggunaan di kemudian hari, baca baik-baik informasi tersebut. 

Beberapa orang justru langsung menggulir ke bawah. Hal itu tidak direkomendasikan. Lalu klik tombol Saya Setuju di bawah untuk melanjutkan.

5. Masukkan PIN Gopay

Sebagai bentuk verifikasi dan keamanan tambahan, aplikasi akan meminta kamu untuk memasukkan PIN Gopay. 

Terakhir, tunggu sesaat untuk memastikan prosesnya sudah selesai. Setelah itu kamu sudah dapat menikmati layanan pada fitur tersebut. Tak sulit caranya, kan?

Cara Bayar Tagihan

Ketentuan pembayaran tagihan dilakukan maksimal pada batas waktu pukul 00.00 WIB setiap akhir bulan. Lewat dari itu akan dikenakan denda. Jika tidak mau denda, mari ikuti cara membayar tagihan yang dijelaskan pada tata cara berikut:

  1. Pilih menu Bayar pada halaman fitur GoPaylater tersebut.
  2. Kemudian, cek rincian transaksi pada halaman yang sama.
  3. Pilih menu Bayar Tagihan.
  4. Terakhir, verifikasi dengan memasukkan PIN. 
  5. Selesai. 

Sistem Bunga dan Denda 

Besaran denda dan sistem bunga kerap menjadi pertimbangan beberapa orang dalam menggunakan fitur pembayaran seperti ini. Fitur pada Gopay ini sendiri cukup menarik. Berikut dijelaskan sistem bunga dan denda yang berlaku:

Sistem Bunga

Kalau tadi kamu membaca seksama pembahasan di atas, Gopay tidak mengenakan bunga sepeser pun kepada penggunanya. Hanya saja kamu perlu membayar biaya transaksi setiap kamu menggunakan fitur tersebut.

Biaya transaksi ditagihkan setiap bulan dengan besaran sekitar Rp25.000 saja. Bila kamu tidak menggunakan fitur tersebut dalam kurun waktu yang cukup lama, kamu tidak akan dibebankan biaya transaksi per bulannya.

Denda

Tidak jarang pengguna menggunakan fitur tersebut semena-mena. Guna mencegah terjadinya hal tersebut, pengguna yang membayar tagihan lewat dari tanggal jatuh tempo akan dikenakan denda sebagai hukuman agar jera.

Tanggal jatuh tempo sendiri terjadi setiap akhir bulan. Pengguna yang melanggar akan dibebankan denda sebesar Rp2.000 per hari. Akan tetapi pengguna masih diberikan kesempatan untuk membayar tagihan selama 5 hari setelah tanggal jatuh tempo.

Baru setelahnya pengguna dikenakan denda harian. Jumlah biaya tersebut akan terus bertambah kecuali kamu berhasil melunasi tagihan pembayaran. 

Satu hal lain, besaran denda tersebut diatur sedemikian rupa sehingga tidak melebihi total jumlah transaksi yang dilakukan oleh pengguna. 

Kesimpulan

Proses aktivasi GoPaylater memang mudah. Fitur ini bisa menjadi pisau bermata dua jika tidak digunakan dengan bijak. Meski sistem telah merancang agar denda tidak melebihi total tagihan, tetap saja tagihan akan membengkak jika kamu tetap terus menggunakannya.

Pengguna mempunyai limit saldo yang berbeda-beda, tergantung dari hasil verifikasi oleh sistem. Bisa saja pengguna lain memiliki limit lebih besar atau malah lebih sedikit. Bagi yang belum bisa daftar, yuk penuhi persyaratan yang berlaku dan ikuti cara di atas. 

Sedangkan bagi kamu yang berhasil mengaktifkan GoPaylater, jangan lupa rajin melunasi tagihan pembayaran setiap tanggal jatuh tempo. Kalau tidak, siap-siap saja dengan konsekuensinya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.