5 Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Cara membatalkan pesanan yang sudah dibayar di Shopee
Cara membatalkan pesanan yang sudah dibayar di Shopee
Bagikan ke teman-teman Anda

Belanja berbagai barang di Shopee memang sangat menyenangkan karena ada banyak promo menarik di platform ini. Melalui platform belanja online ini, kamu dapat membeli berbagai kebutuhan dengan harga miring dan memperoleh gratis ongkir. Kamu juga dapat membatalkan pesanan Shopee jika terpaksa.

Sejak didirikannya pada tahun 2015, Shopee telah berhasil menjadi platform belanja online populer di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. Kepopuleran marketplace ini bahkan melampaui kepopuleran platform belanja online yang sebelumnya sudah ada, misalnya Lazada dan Tokopedia.

Berbagai faktor mempengaruhi kepopuleran tersebut, contohnya kemudahan belanja, harga yang lebih terjangkau, dan pelayanan yang baik. Pesanan yang sampai pada para pembeli biasanya sesuai dengan ekspektasi mereka sehingga pembeli tidak kecewa dengan pesanan tersebut.

Shopee juga memiliki kebijakan pembatalan yang cukup baik. Pembatalan ini dapat dilakukan oleh pembeli jika mereka terpaksa melakukannya. Selain itu, pihak Shopee juga dapat melakukan pembatalan otomatis sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Cara Membatalkan Pesanan Shopee

Tampilan halaman Pesanan pada website Shopee
Tampilan halaman Pesanan pada website Shopee

Jika kamu perlu untuk melakukan pembatalan pesanan Shopee, kamu dapat melakukannya dalam beberapa cara. Kebanyakan proses pembatalan ini berjalan dengan mulus dan seller akan menyetujui pembatalan tersebut. Namun, ada juga seller nakal yang tidak mau menyetujuinya.

Berikut ini 5 cara membatalkan pesanan di Shopee:

1. Cara Membatalkan Pesanan yang Belum Dibayar via Aplikasi

Terkadang, pembeli membatalkan pesanan mereka sebelum sempat melakukan pembayaran ke seller Shopee. Jika hal ini terjadi pada diri kamu, maka kamu dapat membatalkannya lewat aplikasi dengan mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Shopee pada ponsel dan login ke akun kamu.
  2. Masuk pada halaman Saya.
  3. Ketuk submenu Belum Dibayar yang ada di menu Pesanan Saya.
  4. Pilih pesanan yang hendak kamu batalkan.
  5. Ketuk tombol Batalkan Pesanan pada bagian bawah rincian pesanan.
  6. Pilih alasan pembatalan yang tertera pada halaman aplikasi, lalu klik Konfirmasi.

Karena kamu belum membayar pesanan tersebut, maka proses pembatalan tidak memerlukan persetujuan dari seller. 

2. Cara Membatalkan Pesanan yang Belum Dibayar via Website

Bagi kamu yang lebih suka mengakses website Shopee daripada aplikasinya, maka cara membatalkan pesanan yang belum dibayar adalah sebagai berikut:

  1. Buka website Shopee melalui browser yang ada pada PC atau ponsel.
  2. Masuk ke akun Shopee kamu.
  3. Pilih icon Profil yang terletak pada pojok kanan atas.
  4. Klik menu Pesanan Saya yang ada pada baris kiri.
  5. Pilih Belum Dibayar lalu kilik Rincian Pesanan.
  6. Klik tombol Batalkan Pesanan.
  7. Lakukan konfirmasi pembatalan dengan mengklik tombol Ya.

3. Cara Membatalkan Pesanan yang Sudah Dibayar (Pembeli)

Pada kasus lain, pembeli sudah terlanjur melakukan pembayaran pesanan, namun ingin membatalkannya. Langkah untuk membatalkan pesanan ini adalah:

  1. Buka aplikasi Shopee lalu masuk ke akun kamu.
  2. Klik icon menu Saya.
  3. Pilih dan ketuk menu Dikemas.
  4. Ketuk pesanan yang akan dibatalkan.
  5. Tekan tombol Batalkan Pesanan.
  6. Pilih alasan pembatalan pesanan lalu tekan Ajukan Pembatalan Pesanan.
  7. Konfirmasi pembatalan pesanan dengan menekan tombol Ya.

Setelah mengikuti langkah di atas, kamu perlu menunggu konfirmasi pembatalan oleh seller. Uang yang sebelumnya telah kamu bayarkan akan dikembalikan sesuai dengan metode pembayaran yang dilakukan dan ketentuan Shopee

4. Cara Membatalkan Pesanan yang Sudah Dibayar (Seller)

Seller juga dapat melakukan pembatalan pesanan jika misalnya ternyata stok habis atau karena alasan lain. Cara untuk membatalkannya adalah:

  1. Buka aplikasi Shopee di handphone kamu, pastikan kamu sudah login.
  2. Ketuk menu Saya.
  3. Masuk ke Toko Saya.
  4. Ketuk menu Penjualan Saya.
  5. Pilih barang dalam status Perlu Dikirim yang akan dibatalkan.
  6. Ketuk tombol Jawab.
  7. Ketuk Konfirmasi.

5. Cara Membatalkan Pesanan COD yang Belum Dikirim

Untuk kamu yang melakukan pemesanan dengan metode COD, kamu dapat melakukan pembatalan jika barang belum dikirim dengan cara mengikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee dan login ke akun kamu.
  2. Pilih icon Saya.
  3. Ketuk menu Dikemas.
  4. Pilih pesanan Shopee yang akan dibatalkan.
  5. Ketuk tombol Batalkan.

Perlu diingat bahwa kamu hanya boleh melakukan pembatalan pesanan COD  1 kali dan tak lebih dari 3 kali. Apabila kamu tidak mematuhi aturan tersebut, maka akun Shopee kamu tidak dapat lagi digunakan untuk melakukan pemesanan sistem COD.

Pembatalan Otomatis dari Shopee

Pihak Shopee akan secara membatalkan pesanan secara otomatis apabila memenuhi salah satu kriteria yang telah ditetapkan oleh Shopee. Pembatalan tersebut biasanya terjadi beberapa hari setelah kamu melakukan pesanan.

Apa sajakah kriteria tersebut?

  1. Apabila pembeli melakukan order suatu produk tapi belum melakukan pembayaran pesanan selama 2 x 24 jam, maka pihak Shopee akan membatalkan pesanan tersebut secara otomatis.
  2. Apabila pembeli telah melakukan pembayaran pesanan tapi seller tidak merespon pesanan selama 1 x 24 jam, maka pesanan akan dibatalkan oleh Shopee secara otomatis.
  3. Apabila nomor resi pengiriman tidak terverifikasi dalam batas waktu yang telah ditentukan Shopee, maka pesanan akan secara otomatis dibatalkan.

Syarat dan Ketentuan Pembatalan

Sebelum kamu membatalkan pesanan di Shopee, kamu perlu mengetahui syarat dan ketentuan pembatalan yang ditetapkan oleh marketplace ini. Dengan memahami syarat dan ketentuan ini, kamu dapat terhindar dari hal-hal yang tidak menyenangkan.

Syarat dan ketentuan tersebut adalah:

  1. Pembeli maupun seller tidak dapat membatalkan pesanan salah satu barang apabila pesanan berada dalam status Dikemas. Akan tetapi, pembatalan dapat dilakukan untuk semua barang dalam pesanan tersebut.
  2. Apabila pesanan belum dibayar, pembeli dapat mengajukan pembatalan pesanan atas salah satu barang dalam pesanan.
  3. Pengajuan pembatalan hanya boleh dilakukan sebanyak satu kali saja.

Pengembalian Dana

Jika pembatalan pesanan kamu berhasil, maka dana yang telah dibayarkan akan dikembalikan kepada kamu. Pengembalian dana ini dilakukan sesuai dengan jenis pembayaran yang kamu lakukan.

Kartu Kredit

Apabila kamu membayar menggunakan kartu kredit, maka dana akan dikembalikan pada limit kartu tersebut dalam waktu antara 7 hari hingga 14 hari kerja.

SpayLater

Jika kamu membayar pesanan melalui SpayLater, maka limit pinjaman kamu akan dikembalikan seperti semula dalam waktu 2 x 24 jam.

Transfer Bank

Untuk transaksi yang menggunakan transfer bank, maka pengembalian dana akan dilakukan dalam waktu 1 x 24 jam. Dana tersebut akan dikirim ke rekening bank utama.

ShopeePay

Apabila kamu membayar pesanan dengan ShopeePay, maka dana akan dikembalikan pada akun ShopeePay kamu dalam waktu 1 x 24 jam.

Perlu diingat bahwa pengembalian dana ShopeePay mungkin membutuhkan waktu lebih dari sebulan jika dana yang dikembalikan berjumlah lebih dari 20 juta rupiah. Hal ini terjadi karena terdapat limit dana masuk, yaitu 20 juta/bulan. Jadi, sisa dana yang belum kembali akan dikembalikan bulan berikutnya.

Membatalkan pesanan di Shopee memang bukan hal yang dilarang. Namun jika kamu terlalu sering melakukannya, akun kamu akan bermasalah, misalnya diblokir atau tidak dapat melakukan transaksi COD. Dengan begitu, kamu harus meneliti pesanan sebelum checkout agar tidak perlu membatalkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.