Shopee PayLater Mengenal fitur PayLater dari Shopee

Mengenal Shopee PayLater dan Cara Mengaktifkan Dengan Mudah

Bagikan ke teman-teman Anda

Siapa tak kenal Shopee? Meskipun tergolong baru, nyatanya marketplace yang satu ini sudah memiliki jutaan pengguna setia di seluruh Indonesia. Hal ini dirasa cukup wajar pasalnya Shopee menawarkan segudang fitur menarik, salah satunya adalah Shopee PayLater.

Sejak awal kemunculannya, Shopee PayLater mampu mendongkrak daya beli masyarakat. Mengadopsi sistem kredit, kamu bisa menikmati kemudahan berbelanja beragam kebutuhan tanpa perlu pusing membayar saat itu juga.

Menariknya, Shopee PayLater tidak hanya menguntungkan pembeli. Penjual online juga bisa merasakan manfaat dari fitur ini karena pembeli tidak perlu ragu lagi sebelum melakukan checkout barang-barang.

Baik pembeli maupun penjual Shopee harus mengaktifkan Shopee PayLater sebelum menikmati beragam kemudahan yang ditawarkan. Beruntung, cara mengaktifkan Shopee PayLater tidak terlalu sulit. Namun, pastikan kamu telah menyiapkan berbagai persyaratan yang dibutuhkan.

Jika Kamu belum mengetahui cara mengaktifkan fitur yang satu ini, di sini kamu akan mendapatkan tutorial lengkap mengenai langkah-langkah untuk mengaktifkan Shopee PayLater. Jadi, jangan sampai kelewatan!

Lebih Dekat dengan Shopee PayLater

Shopee PayLater merupakan fasilitas kredit yang ditawarkan oleh Shopee sebagai marketplace yang menyediakan berbagai kebutuhan kamu. Dengan fasilitas ini, kamu bisa melakukan pembelian hari ini dan membayar bulan berikutnya menggunakan sistem cicil atau kredit.

Shopee menyediakan plafon pinjaman mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 15 juta dengan tenor cicilan yang cukup beragam. Kamu juga bisa memilih tanggal jatuh tempo setiap bulannya, jadi bisa disesuaikan dengan tanggal gajian.

Seperti sistem kredit pada umumnya, Shopee PayLater juga menerapkan bunga namun tergolong ringan yaitu 2.95%. Kamu tidak perlu khawatir tagihan akan membengkak karena beban bunga yang masih bisa ditoleransi.

Namun, perlu diingat bahwa Shopee juga memberlakukan denda atas keterlambatan pembayaran. Bahkan biaya denda keterlambatan lebih besar daripada bunga pembayaran normal, yaitu sebesar 5%. Karena nilainya yang cukup besar, pastikan kamu tidak terlambat membayar cicilan setiap bulannya.

Selain bunga dan denda, Shopee juga memberlakukan biaya penanganan untuk setiap transaksi. Kamu akan dikenakan biaya sebesar 1% dari total belanja. Semakin banyak kamu berbelanja, tentu saja biaya penanganan akan semakin besar.

Syarat Pengajuan Shopee PayLater

Sebelum mempelajari lebih jauh mengenai cara daftar Shopee PayLater, ada baiknya jika kamu mengetahui syarat-syarat sebelum melakukan pengajuan. Pasalnya, tidak semua pengguna Shopee dapat mendaftar dan menikmati fitur yang satu ini.

Lantas, apa saja syarat pengajuan Shopee PayLater? Berikut daftarnya:

  • Warga Negara Indonesia dan berusia minimal 17 tahun
  • Mempunyai KTP
  • Akun Shopee berusia minimal 3 bulan
  • Telah mengaktifkan fitur Shopee Pay
  • Menggunakan versi terbaru Shopee pada ponsel

Apabila salah satu persyaratan tidak terpenuhi, kecil kemungkinan kamu bisa menikmati fitur Shopee PayLater. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah memenuhi seluruh persyaratan sebelum memutuskan untuk mengaktifkan fitur ini.

Cara Mudah Mengaktifkan Shopee PayLater

Jika kamu merasa memenuhi sejumlah syarat tersebut, berarti kamu memiliki kesempatan untuk mengaktifkan Shopee PayLater. Cara mengaktifkan Shopee PayLater cukup mudah dan sederhana. Tanpa perlu repot, kamu bisa melakukannya melalui smartphone di mana saja dan kapan saja.

Agar proses aktivasi berjalan lancar, ada baiknya kamu mempersiapkan KTP terlebih dahulu. Pasalnya kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi KTP sebagai bukti bahwa kamu benar-benar WNI dan berusia lebih dari 17 tahun.

Kamu sudah siap? Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Jalankan aplikasi Shopee di ponsel kamu.
  2. Pilih menu Saya di sudut kanan bawah.
  3. Di tampilan akun kamu, geser ke bawah. Ketuk opsi SPayLater.
  4. Selanjutnya, ketuk tombol oranye bertuliskan Aktifkan Sekarang. Di atas tombol tersebut, biasanya tertera limit yang bisa kamu peroleh.
  5. Kamu akan menerima kode verifikasi melalui nomor telepon yang dipakai untuk membuat akun Shopee. Masukkan kode tersebut di kolom yang tersedia.
  6. Pilih Lanjut.
  7. Kemudian kamu harus melakukan verifikasi KTP. Ambil KTP kamu, lalu posisikan sesuai dengan frame yang muncul pada layar. Ketuk ikon kamera untuk mulai memotret.
  8. Setelah berhasil mengambil foto kartu identitas, masukkan nama dan NIK kamu.
  9. Pilih Konfirmasi.
  10. Masukkan informasi tambahan seperti nama ibu kandung, tingkat pendidikan, pekerjaan kamu, penghasilan, serta kontak darurat. Pastikan semua data terisi dengan benar.
  11. Selanjutnya, ketuk Konfirmasi.
  12. Lakukan verifikasi wajah dengan mengupload foto diri beserta kartu identitas. Pastikan wajah dan KTP yang kamu pegang terlihat jelas. Sesuaikan posisi wajah dengan frame yang muncul di layar.
  13. Setelah berhasil, aplikasi kamu akan diproses. Tunggu maksimal hingga 2 hari kerja sebelum menggunakan fitur Shopee PayLater.
  14. Jika disetujui, kamu akan menerima notifikasi di akun Shopee.

Cara daftar Shopee PayLater sangat mudah, bukan? Tanpa membutuhkan langkah yang rumit dan merepotkan, kamu sudah bisa menikmati beragam keunggulan yang ditawarkan oleh fitur yang satu ini.

Bagaimana jika kamu tidak bisa mendaftar Shopee PayLater. Kemungkinan kamu belum memenuhi persyaratan yang berlaku. Yang paling sering terjadi adalah akun Shopee masih baru dan belum berusia 3 bulan. Jika ini yang menjadi penyebabnya, maka kamu harus bersabar terlebih dahulu.

Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Setelah mengetahui cara mengaktifkan fasilitas pinjaman Shopee, kamu juga perlu mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku ketika bertransaksi menggunakan PayLater. Untuk mengetahui sejumlah syarat dan ketentuan tersebut, simak daftar di bawah ini:

  • Kamu boleh melakukan checkout sebanyak mungkin selama tidak melebihi limit yang berlaku.
  • Seiring berjalannya waktu, kamu diperbolehkan menambah limit. Tapi saat proses tersebut, kamu tidak boleh membatalkan pesanan atau mengubah metode pembayaran.
  • Limit tidak berlaku untuk pembelian pulsa, tiket, dan voucher.
  • Limit juga tidak bisa digunakan untuk produk-produk digital.

Agar pengalaman berbelanja online menggunakan Shopee PayLater semakin menyenangkan, pastikan kamu memahami syarat dan ketentuan di atas. Semakin sering kamu bertransaksi, maka limit yang kamu miliki akan semakin besar.

Salah satu pertanyaan yang juga sering ditanyakan adalah apakah Shopee PayLater bisa dicairkan. Sayangnya jawabannya adalah tidak. Limit yang tersedia hanya boleh digunakan untuk berbelanja melalui platform Shopee dan tidak bisa dicairkan.

Keuntungan Menggunakan Shopee PayLater

Bukan sembarang fasilitas pinjaman, Shopee PayLater menawarkan berbagai keuntungan yang tidak bisa kamu dapatkan di platform lain. Buat kamu yang bertanya-tanya tentang keunggulan Shopee PayLater, berikut jawabannya.

1. Kredit Mudah

Kredit biasanya tersedia untuk produk-produk tertentu dengan harga yang cukup mahal. Ketika menggunakan Shopee PayLater, kamu bisa kredit untuk berbagai jenis kebutuhan bahkan produk yang terkesan sepele seperti baju dan sepatu.

Asalkan nominal belanja kamu belum melebihi limit, Shopee siap untuk memudahkan pengguna yang ingin membeli sesuatu namun belum memiliki uang saat itu. Langsung checkout dengan Shopee PayLater dan kamu bisa membayarnya bulan depan.

2. Bunga Rendah

Tidak seperti fasilitas kredit lainnya, Shopee PayLater menawarkan bunga yang tergolong rendah. Meskipun kamu berbelanja banyak, tidak perlu takut dengan tagihan yang membengkak. Selain itu, kamu juga boleh mencicil hingga 5 bulan sehingga tagihan per bulan menjadi semakin ringan.

3. Limit Sesuai Kemampuan

Agar tidak terbebani dengan tagihan yang tinggi, limit Shopee PayLater disesuaikan dengan kemampuan pengguna. Ada beberapa faktor yang digunakan untuk menentukan limit kamu, misalnya jumlah penghasilan dan seberapa sering kamu melakukan transaksi melalui Shopee.

Pengguna baru biasanya mendapatkan limit hingga Rp 700 ribu. Semakin sering kamu bertransaksi, semakin besar pula limit yang bisa kamu peroleh. Perilaku pembayaran juga bisa mempengaruhi limit yang kamu punya.

Apabila limit yang kamu miliki saat ini dirasa kurang, kamu bisa menambah batas maksimum tagihan tersebut. Cukup ketuk menu Penambahan Limit yang tersedia di menu Shopee PayLater dan pilih limit yang kamu inginkan. Tim Shopee akan menentukan apakah kamu layak untuk mendapatkannya.

Apakah Shopee PayLater Aman?

Tidak sedikit pengguna yang bertanya-tanya apakah Shopee PayLater aman digunakan untuk mengajukan pinjaman. Jika kamu termasuk salah satunya, simak penjelasan berikut.

PT Lentera Dana Nusantara yang ditunjuk sebagai operator layanan pinjaman berbasis teknologi serta PT Commerce Finance yang dikenal sebagai perusahaan pembiayaan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Karena kedua perusahaan penyelenggara tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, bisa dipastikan Shopee PayLater sangat aman untuk digunakan. Jadi, kamu tidak perlu takut lagi ketika akan bertransaksi menggunakan fitur yang satu ini.

Demi meningkatkan keamanan saat bertransaksi, sebaiknya kamu tidak memberikan informasi apapun kepada pihak lain. Dengan begitu, kerahasiaan dan keamanan transaksi tetap terjaga.

Selain itu, Shopee juga memberlakukan aturan satu KTP hanya bisa digunakan untuk mendaftar satu akun. Tujuannya adalah untuk menjaga keamanan serta menghindari resiko penipuan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Shopee PayLater menawarkan kemudahan berbelanja karena kamu bisa checkout hari ini dan membayar bulan depan. Tapi bukan berarti kamu bisa terus berbelanja tanpa memperhatikan kondisi keuangan. Nikmati kemudahan Shopee PayLater namun tetaplah bijak dalam mengelola keuangan.

Kami berpesan gunakan layanan PayLater dengan bijak, menggunakan PayLater bukan berarti Anda tidak membayar sama sekali. PayLater sama saja dengan layananan peminjangan uang atau kredit untuk membeli barang atau produk yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.