Berapa Gaji Kurir J&T? Berikut Rinciannya

Berapa gaji kurir J&T? Simak artikel dibawah ini dulu yuk
Berapa gaji kurir J&T? Simak artikel dibawah ini dulu yuk (Gambar: upperline.id)
Bagikan ke teman-teman Anda

Saat kamu membaca sepintas mengenai J&T, pasti sudah terbayangkan layanan ekspedisi yang sudah cukup terkenal. apalagi dari waktu ke waktu, perjalanan bisnis ekspedisi J&T ini juga semakin maju. Terbukti dari banyaknya dibuka lowongan kerja sebagai kurir J&T di berbagai kecamatan.

Jika dibandingkan beberapa ekspedisi lainnya, memang J&T memiliki jumlah agen yang cukup banyak dan memudahkan proses distribusi. Oleh sebab itu, dengan banyaknya agen yang terbesar dalam satu kota, maka membutuhkan banyak kurir juga. 

Selain itu dengan maraknya belanja online lewat e-commerce maupun tanpa e-commerce, membuat kebutuhan jasa pengiriman juga semakin tinggi. J&T sendiri telah membagi jenis kurir ke beberapa bagian sesuai dengan fungsi dan apa yang dibutuhkan para pelanggan.

Kebutuhan kurir sendiri pastinya masih akan sangat tinggi sekali. Apalagi kalau di dunia jasa ekspedisi, kurir bagaikan sebuah ujung tombak yang maju terlebih dahulu. Tanpa kurir yang baik, pasti pendapatan perusahaan juga tidak akan bisa tinggi.

Walaupun ini juga harus didukung dengan maksimal oleh pihak pengiriman barang atau sopir dari Drop Point satu kota ke kota lainnya. Semua orang dalam satu tim di J&T memiliki peran yang penting dalam upaya memaksimalkan layanan kepada para pelanggan.

Penjelasan Singkat Apa Itu J&T

J&T merupakan salah satu merek atau nama jasa pengiriman barang yang ada di Indonesia. Perusahaan yang ada dibalik nama ini adalah PT Global Jet Express yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2015 lalu.

Banyak orang yang masih sering salah menyebutkan antara JNT atau J&T dengan JET. Padahal ketiga nama ini adalah sama. Memang untuk nama JET sendiri lebih condong merujuk ke nama dari perusahaan asli dibalik J&T. 

Kalau dibandingkan dengan beberapa jasa pengiriman barang lainnya di Indonesia, J&T ini termasuk pemain baru. Sebab sebelum J&T, ada beberapa layanan ekspedisi yang juga tidak kalah terkenal seperti TIKI, Pos Indonesia, JNE dan lain-lain.

Tapi meski merupakan pemain baru, J&T mampu langsung bersaing dengan semua pemain lama di industri ekspedisi. Jumlah kurir J&T dari waktu ke waktu juga terus bertambah. Ini menjadi sinyal kalau banyak konsumen dan suka dan mulai bergantung dengan layanan dari J&T.

Kemajuan J&T juga terlihat ketika jasa ekspedisi ini melebarkan sayap layanan sampai ke luar negeri sebanyak 5 negara. Semua kinerja yang bagus ini tidak lepas dari peran para kurir yang menjadi ujung tombak dalam memberikan layanan terbaik kepada para konsumen.

Pembagian Beberapa Jenis Kurir Di J&T

Ada beberapa macam jenis kurir yang ada di J&T
Ada beberapa macam jenis kurir yang ada di J&T (Gambar: toriqa.com)

Kebutuhan dan permintaan para pelanggan pengiriman barang sendiri semakin beragam. Karena hal itu juga membuat perusahaan J&T terus memperbaiki dan menambah pelayanannya. Salah satunya seperti adanya pembagian beberapa jenis kurir di J&T.

Pembagian ini didasarkan pada fungsi mereka dalam misi pengiriman barang ke konsumen. Setiap bagian memiliki tugasnya masing-masing dan semua turut memaksimalkan layanan pengiriman barang. Berikut ini beberapa jenis kurir di dalam J&T:

Sprinter

Mungkin kamu sering membaca ketika sedang membeli barang dengan tulisan Sprinter sedang mengirimkan paket. Jadi tugas utama untuk jenis ini adalah mengirimkan barang atau paket dari pusat gudang kecamatan menuju ke alamat tujuan.

Biasanya jam kerja para pengirim barang ke konsumen ini adalah mulai jam 8 pagi sampai 8 malam dari Senin sampai Minggu. Mereka diberikan jadwal libur tersendiri sesuai keinginan selama satu sampai dua hari, sesuai kebijakan cabang atau agen J&T.

Nama lain dari Sprinter ini adalah kurir pengirim barang ke alamat tujuan atau kurir saja. Jadi kalau kamu ingin mengantarkan paket ke konsumen, maka bagian yang dipilih adalah Spinter. Kamu akan menuju ke Drop Point saat pagi hari untuk mengambil paket dan kemudian mengantarkannya.

Jumlah Sprinter ini berbeda-beda pada setiap Drop Point per kecamatan di setiap kota. Ada yang sangat banyak sekali, tapi juga ada Drop Point yang Sprinternya terbatas. Semua akan ditentukan berdasarkan volume pengiriman barang di wilayah tersebut.

Saat volume pengiriman cukup tinggi dan rutin, maka kamu bisa mencoba mencari informasi lowongan kerja Sprinter di Drop Point J&T kecamatan tersebut.

Ekspedisi

Jenis kedua adalah bernama kurir ekspedisi atau ekspedisi saja. Ini merupakan para pekerja yang memiliki tugas mengantarkan paket atau barang dari satu kota ke kota lainnya atau dari Drop Point ke Drop Point berikutnya. Biasanya J&T tidak memiliki kurir ekspedisi sendiri.

Tapi J&T menggunakan perusahaan rekanan sebagai penyedia layanan pengiriman antar kota di Indonesia. Sehingga ini membuat gaji kurir J&T tidak sama dan tergantung di bagian mana mereka di tempatkan. 

Biasanya kurir ekspedisi ini asalnya dari perusahaan transportasi yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam perjalanan di setiap kota di Indonesia. Jam kerja kurir ekspedisi akan mengikuti jam kerja perusahaan transportasi asal. 

Biasanya melayani perjalanan pengiriman setiap hari.

Gaji Kurir J&T 

Berapakah gaji kurir J&T saat ini
Berapakah gaji kurir J&T saat ini (Gambar: voi.id)

Kalau dalam pemberian gaji kepada setiap kurir, J&T telah memberlakukan aturan yang berbeda lagi. Setiap kurir berbeda-beda dalam pemberian gajinya. Secara umum kalau kamu jadi kurir bisa mendapatkan gaji mulai dari 2 jutaan.

Walaupun ada juga yang mengatakan kalau gajinya bisa di angka 2,3 juta sampai dengan 2,5 juta. Tapi itu baru gaji pokok sebagai kurir di J&T saja, belum pendapatan tambahan yang lainnya.

Untuk pendapatan tambahannya, ada ulasannya lagi. Berikut penjelasannya:

1. Gaji Kurir Per Paket yang Dikirim

Pembagian pendapatan kurir di J&T pertama adalah ditentukan dengan berdasarkan paket yang dikirimkan per harinya. Biasanya kalau kamu mengirimkan satu paket, maka mendapatkan komisi tambahan sebesar Rp 1.000. 

Jadi kalau dalam sehari bisa mengirimkan sampai 50 paket, pendapatan tambahan di luar gaji pokok bisa sampai Rp 50.000. Kalau setiap hari masuk selama 30 hari, maka tinggal mengalikannya saja yaitu Rp 50.000 x 30 hari maka hasilnya Rp 1.500.000 dalam sebulan.

Sehingga total pendapatan pengirim paket J&T bisa antara 3,5 juta sampai dengan 4 juta dalam sebulan. Bahkan bisa lebih dari itu kalau kamu rajin dan cepat dalam pengiriman paket ke alamat tujuan.

2. Gaji Kurir Freelance

Di ekspedisi J&T ada yang dinamakan dengan kurir freelance atau para pekerja lepas. Untuk kurir freelance di J&T ini tidak ada aturan jam masuk dan hari masuk. Sehingga kamu bisa bebas masuk kapan saja sesuai keinginan.

Sistem gaji J&T untuk status freelance ini adalah kamu mendapatkan gaji Rp 2000 sampai Rp 3000 untuk setiap paket yang berhasil dikirim. Tapi di sini kamu tidak akan mendapatkan gaji pokok, karena statusnya freelance. 

Aturan Pengiriman dan Gaji Untuk Kurir Di J&T

Ada aturan pengiriman dan gaji yang disediakan oleh J&T
Ada aturan pengiriman dan gaji yang disediakan oleh J&T (Gambar: suara.com)

Selain masalah gaji, J&T juga memberikan aturan untuk beberapa permasalahan di dalam proses pengiriman barang. Biasanya untuk sistem gaji ini akan berhubungan langsung dengan para kurir atau Sprinter. Berikut penjelasannya:

1. Ada Gaji Pokok

Pertama adalah J&T memberikan gaji pokok kepada para pegawainya kecuali yang statusnya freelance. Besarannya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu sekitar 2 juta sampai 2,5 juta atau ada juga yang sampai UMR kota tersebut.

2. Komisi

Komisi ini biasanya hanya berlaku untuk Sprinter. Kamu bisa mendapatkan komisi sebesar Rp 1000 per setiap paket yang berhasil dikirimkan ke alamat tujuan. Tapi setiap cabang J&T memiliki kebijakan besaran komisi yang berbeda-beda. 

3. Uang Bensin

Menariknya lagi, kalau kamu jadi kurir atau Sprinter di J&T maka bisa mendapatkan uang bensin sebagai modal pengiriman barang ke alamat tujuan. Jadi gaji yang kamu dapatkan belum termasuk uang bensin. Sehingga jumlahnya tentu bisa lebih banyak lagi.

4. Bonus

Bonus berlaku jika kurir dan staff bisa mencapai target yang ditetapkan oleh setiap Drop Point.

5. Denda

Meski tawaran gajinya cukup besar, tapi kamu juga harus paham kalau J&T memberlakukan denda ketika ada kesalahan pada kinerja. 

Denda berlaku kalau sampai paket tidak lolos dalam scanning, kesalahan dalam input resi yang menyebabkan resi paket dan sistem tidak cocok. Kalau paket tidak lolos, maka dendanya bisa 10 kali dari ongkos kirim. 

Denda juga berlaku jika status paket terkirim tapi ada komplain kalau alamat tujuan belum menerima paket tersebut.

Pembahasan mengenai berapa gaji kurir J&T dan sistem penggajiannya di atas bisa menjadi gambaran awal kalau kamu ingin jadi kurir di J&T. Sehingga kamu bisa memikirkan dengan baik apakah sudah yakin daftar atau tidak. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.