Tokopedia Seller Center, membuat jualan menjadi lebih mudah

Tokopedia Seller Center, Jualan Jadi Semakin Mudah

Bagikan ke teman-teman Anda

Hampir semua orang yang hobi berbelanja online pasti mengenal nama Tokopedia. Sebagai salah satu marketplace ternama di Indonesia, Tokopedia menjadi sasaran bagi banyak pebisnis untuk menjual dagangannya. Nah, salah satu fitur dari marketplace ini yang membantu adalah Tokopedia Seller.

Tokopedia Seller menjadi salah satu senjata yang sangat membantu para pedagang atau seller menggelar lapaknya dan meraup keuntungan. Tokopedia sendiri adalah sebuah perusahaan teknologi yang ada di Indonesia dengan misinya yang ingin melakukan pemerataan ekonomi melalui digital. Didirikan pada tahun 2009, marketplace satu ini sudah berevolusi menjadi unicorn yang tidak hanya berpengaruh di Indonesia saja, namun juga di kawasan Asia Tenggara.

Semua seller yang bergabung di toko entah itu individu maupun brand ternama bisa menjual lapaknya di Tokopedia dan memanfaatkan layanan Tokopedia Seller untuk memudahkan penjualan. Mau tahu seperti apa keuntungan dari Tokopedia Seller Center ini dan seperti apa fiturnya?

Apa Itu Tokopedia Seller Center?

Tampilan antar muka Tokopedia Seller Center pada layar komputer
Tampilan antar muka Tokopedia Seller Center pada layar komputer

Untuk melancarkan bisnis seller, maka Tokopedia membuat alternatif baru dengan menciptakan Tokopedia Seller sehingga aktivitas antara seller dan buyer ini terpisah. Dengan adanya teknologi Tokopedia Seller Center, maka Anda selaku penjual bisa lebih fokus dalam mengelola toko yang Anda miliki di aplikasi Tokopedia.

Hadirnya teknologi Tokopedia Seller jelas akan memudahkan Anda mengatur promosi, penjualan dan pemasaran toko online Anda. Sementara untuk aplikasi Tokopedia sendiri bisa Anda instal khusus jika hendak berbelanja online. Adanya dua teknologi yang terpisah antara Tokopedia yang khusus untuk pembeli dan penjual ini tentunya memudahkan seller agar lebih fokus pada operasional tokonya. Apalagi kinerja dari teknologi Tokopedia Seller ini sangat bisa diandalkan dan mampu mengoptimalkan pemasaran toko online Anda.

Ada dua jenis teknologi Tokopedia Seller yang bisa Anda manfaatkan, yang pertama adalah melalui aplikasi dan kedua adalah website. Untuk yang versi aplikasi, Anda bisa mengunduh Tokopedia Seller di Google Play Store.

Selain aplikasi, Anda juga bisa kok menggunakan Tokopedia Seller melalui website https://seller.tokopedia.com/ dengan mengaksesnya di komputer atau laptop. Setelah itu klik tulisan “Buka Toko Gratis” dan nantinya Anda akan diarahkan untuk mendaftarkan akun sebagai seller.

Fitur di Tokopedia Seller

Ada banyak sekali fitur yang bisa dimanfaatkan di Tokopedia Seller App, di antaranya adalah sebagai berikut.

Search Informasi

Kalau Anda baru pertama kalinya menjual barang di Tokopedia dan masih bingung dengan informasi untuk memanfaatkan Tokopedia ini, tenanglah. Segala macam bentuk pertanyaan bisa kok Anda cari di situs ataupun aplikasi Tokopedia Seller.

Anda hanya perlu masuk ke beranda aplikasi Tokopedia Seller App, carilah ikon kaca pembesar, kemudian tulis apapun yang hendak Anda tanyakan dan bingungkan. Misalnya, Anda ingin mencari soal detail orderan, fitur baru di aplikasi Tokopedia atau berbagai macam pertanyaan lainnya. Semua yang Anda tanyakan akan terjawab di fitur “Search” ini.

Membuat Voucher Toko

Penjualan toko akan semakin melonjak kalau Anda sering memberikan promosi kepada pembeli. Nah, di Tokopedia Seller ini, ada fitur gratis yang memudahkan Anda untuk mengatur berbagai macam promosi  yang menggiurkan kepada calon pembeli. Anda bebas untuk menentukan jenis promo, kisaran budget promo dan periode promo yang hendak Anda inginkan.

Di Tokopedia Seller ini, Anda juga bisa kok membuat “Voucher Cashback” untuk pembeli. Dengan adanya voucher cashback ini, maka pembeli bisa mendapatkan dana cashback langsung dengan mengurangi uang yang seller terima. Dengan voucher cashback, Anda bisa memilih sendiri bentuk cashback-nya apakah dalam bentuk persentase (%) atau nilai uang. Semakin besar cashback yang Anda berikan, maka akan semakin membuat calon pembeli tertarik pada produk yang Anda jual.

Selain itu semakin Anda memberikan banyak voucher dan promo, maka semakin Anda mendapatkan banyak pelanggan. Namun, pastikan bahwa Anda tetap mendapat margin keuntungan ya sekalipun memberikan banyak promo dan voucher.

Cara membuat kupon diskon

Anda bisa membuat voucher toko dengan mudah melalui aplikasi Tokopedia Seller, pilih menu Lainnya kemudian pilih Iklan & Promosi Toko lalu pilih Voucher Cashback.

Cara membuat kupon diskon cashback pada aplikasi Tokopedia Seller
Cara membuat kupon diskon cashback pada aplikasi Tokopedia Seller

Langkah berikutnya pilih target voucher atau kode kupon diskon, ada pilihan Publik dan Khusus. Jangan lupa tulis juga nama kode kupon yang diinginkan lalu pilih Lanjutkan kemudian ikuti langkah berikutnya.

Pantau Rating Produk

Pantau ulasan atau review dari pembeli menjadi semakin mudah
Pantau ulasan atau review dari pembeli menjadi semakin mudah

Rating adalah sesuatu yang amat penting untuk dipantau karena bisa menjaga reputasi brand toko Anda. Kalau rating produk Anda buruk, maka calon pembeli bisa mengurungkan niatnya untuk membeli di toko online Anda. Apabila rating produk Anda bagus, maka hal itu bisa mempengaruhi minat calon buyer untuk belanja di toko Anda. Memantau rating produk sangat penting dan Anda juga harus selalu intens membalas rating dan review dari buyer.

Nah, baik memantau rating dan membalas review buyer, semuanya bisa dengan mudah Anda lakukan dengan Tokopedia Seller. Anda akan lebih mudah mengontrol toko Anda dengan aplikasi Tokopedia Seller.

Statistik Toko

Tampilan fitur statistik toko
Tampilan fitur statistik toko

Fitur selanjutnya di Tokopedia yang bisa untuk dimanfaatkan adalah analisis toko. Di Tokopedia Seller Anda bisa mengetahui tentang rangkuman penjualan toko dan tahu matriks orang yang mengunjungi toko Anda di aplikasi. Jadi, berapa banyak produk yang telah terjual, penghasilan setiap harinya hingga jumlah orang yang mengunjungi toko bisa dilihat di fitur “Statistik Toko”.

Dengan adanya fitur ini, maka Anda bisa menggunakannya untuk membuat laporan keuangan dan menyusun strategi marketing apa yang bisa diterapkan ke depannya.

Kelebihan Tokopedia Seller

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Tokopedia Seller.

Mudah Mencari Informasi Apapun

Di Tokopedia Seller, pertanyaan apapun terkait menjual produk dan memasarkan toko online bisa terjawab dengan fitur “Search”-nya. Anda mungkin mempunyai banyak sekali pertanyaan terkait pengelolaan toko. Nah, dengan Tokopedia Seller, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk menjawab berbagai macam pertanyaan terkait pengelolaan toko Anda.

Ada Informasi “To Do List”

Menariknya di aplikasi Tokopedia Seller adalah ada berbagai informasi penting mengenai daftar kegiatan yang harus Anda lakukan di hari itu. Yap, ada menu “To Do List” yang berisikan mengenai rangkuman informasi yang harus Anda selesaikan di setiap harinya,

Semakin Anda cepat menyelesaikan “To Do List” dari Tokopedia, semakin bagus performa toko yang Anda kelola. Nah, informasi ini bisa berupa detail pesanan produk yang masuk ke toko, pesanan yang sudah siap untuk dikirim, chat atau komplain dari buyer.

Melihat Performa Toko

Kelebihan terakhir dari Tokopedia Seller Center adalah Anda bisa mengetahui seperti apa performa tentang toko online Anda. Tokopedia Seller akan memberikan Anda informasi dan saran mengenai pelayanan toko Anda dan bagaimana performa toko Anda setiap harinya.

Melihat fitur dan kelebihan dari Tokopedia Seller yang sudah dijelaskan di atas, masihkah Anda berpikir dua kali untuk memanfaatkan aplikasi yang disediakan gratis dari Tokopedia ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.