Cara mengganti nama toko di marketplace Tokopedia Cara mengganti nama toko di marketplace Tokopedia

Cara Ganti Nama Toko di Tokopedia Dengan Cepat dan Mudah

Bagikan ke teman-teman Anda

Apabila kamu aktif menggunakan Tokopedia, tentu tidak asing dengan fitur nama toko yang tersemat di setiap akun pengguna yang yang khusus untuk berjualan atau lebih sering disebut sebagai akun seller.

Ternyata nama toko tersebut bisa diubah guna menyesuaikan kebutuhan dan menarik minat pelanggan. Cara ganti nama toko di Tokopedia juga tidak sulit, kamu bisa melakukannya kapan saja tanpa batasan.

Namun pengubahan nama tersebut tidak bisa dilakukan secara instan dan mandiri oleh pengguna, melainkan harus dibantu oleh admin Tokopedia sebagai pengolah aplikasi dan situs. Akan tetapi, bukan berarti hal tersebut menjadi penghalang untuk ganti nama, berikut merupakan langkah yang tepat untuk mengganti nama pada toko kamu.

Perubahan nama toko hanya dapat dilakukan jika sebelumnya kamu belum pernah mengubah nama toko kamu ini lho ya. Kalau sudah pernah diubah, maka Tokopedia tidak akan menggubris permintaan kamu untuk mengubah nama toko.

Cara Cepat Menganti Nama Toko di Tokopedia

Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan penggantian nama toko di marketplace Tokopedia atau yang lebih sering disebut juga dengan sebutan Toped atau Tokped.

1. Masuk ke Tokopedia Seller

Tampilan antar muka halaman dashboard Tokopedia Seller
Tampilan antar muka halaman dashboard Tokopedia Seller

Untuk mengubah nama toko, disarankan kamu mengakses halaman Tokopedia Seller dari laptop atau komputer kamu, karena halaman tersebut tampilannya tidak optimal ketika diakses melalui handphone.

2. Pengaturan Toko

Setelah masuk ke Tokopedia Seller, klik tombol Pengaturan Toko yang ada pada sisi bawah sebelah kiri halaman Tokopedia Seller.

Menu Pengaturan Toko pada Tokopedia Seller

2. Klik tab Informasi

Tombol ubah nama toko di tab Informasi di Tokopedia Seller
Tombol ubah nama toko di tab Informasi di Tokopedia Seller

Pada tab Informasi, kamu akan melihat detail informasi toko yang kamu miliki. Jika kamu belum pernah mengubah nama toko sebelumnya, maka di sana akan muncul tombol “Ubah” untuk melakukan perubahan nama toko.

Tampilan ketika nama toko tidak dapat diubah lagi
Tampilan ketika nama toko tidak dapat diubah lagi

Jika sebelumnya kamu sudah pernah melakukan perubahan nama toko, maka tidak akan ada tombol “Ubah” sama sekali dan kolom nama toko tidak bisa diedit sama sekali.

Kalau kasusnya seperti ini dan kamu tetap ingin ubah nama toko disarankan kamu membuat akun seller baru di Tokopedia.

3. Ubah nama dan domain toko

Tampilan layar untuk menuliskan nama dan domain toko yang baru
Tampilan layar untuk menuliskan nama dan domain toko yang baru

Setelah klik tombol “Ubah” akan muncul layar popup, pada tampilan ini kamu bisa langsung mengisi data nama toko dan domain toko kamu yang baru.

Nama domain toko bersifat unik, jadi jika sudah ada yang menggunakan nama domain toko tersebut maka kamu tidak bisa menggunakannya.

Jika sudah menuliskan nama dan domain toko klik tombol “Lanjut”.

4. Konfirmasi perubahan

Pada layar selanjutnya kamu akan diminta konfirmasi kembali, apakah kamu sudah yakin dengan nama dan domain toko yang kamu baru saja ubah. Jika sudah yakin saja tombol “Ya, Benar”.

5. Penggantian Nama Toko Selesai

Jika semua proses telah selesai, kamu sudah menyelesaikan tahapan dan cara mengganti nama toko di Tokopedia. Tanpa menunggu waktu yang lama, nama toko kamu akan berubah sesuai dengan nama yang kamu ubah sebelumnya.

Kenapa Tidak Bisa Ubah Nama Toko?

Ada beberapa alasan kenapa kamu tidak bisa melakukan perubahan nama toko di Tokopedia. Berikut adalah beberapa alasannya:

  1. Sebelumnya kamu sudah pernah melakukan perubahan nama toko. Penggantian nama toko hanya boleh dilakukan 1x.
  2. Toko kamu merupakan toko official store. Toko official store tidak diperkenankan untuk mengubah nama tokonya.
  3. Toko yang sedang mengikuti program kampanye bersama Tokopedia seperti sedang mengikuti Kejar Diskon Flash Sale atau pun program Diskon Toko.
  4. Toko sedang dimoderasi oleh Tokopedia. Toko yang sedang dimoderasi tidak berhak melakukan perubahan nama toko.
  5. Toko sedang dipromosikan di halaman utama Tokopedia.

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Nama Toko

Hal yang perlu diingat adalah nama toko kamu saja yang akan berubah, sebab di Tokopedia pengubahan profil foto toko tidak bisa dilakukan. Karena foto pada akun toko merupakan fitur permanen yang tidak bisa diubah. Ketika nama toko kamu berubah, kamu masih bisa mengubah deskripsi toko sesuai dengan kebutuhan dan target pasar.

Sebagai tambahan, kamu yang hendak mengganti nama toko sebaiknya memikirkan secara masak nama toko yang hendak digunakan. Pastikan nama yang baru mudah diingat dan dilafalkan oleh pelanggan, sehingga proses pencarian toko kamu bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Setelah pergantian nama kamu juga akan terkena dampak juga seperti jumlah trafik dari SEO yang menurun, jadi harap dipertimbangkan baik-baik sebelum melakukan perubahan nama dan domain toko di Tokopedia.

Demikianlah informasi dan cara ubah nama toko di Tokopedia. Semoga informasi tersebut dapat membantu kamu yang memiliki masalah serupa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *