Cara Memberikan Tip Driver Gojek Melalui Aplikasi

Begini caranya memberikan tip ke driver GoJek melalui aplikasi
Begini caranya memberikan tip ke driver GoJek melalui aplikasi
Bagikan ke teman-teman Anda

Gojek adalah salah satu aplikasi jasa transportasi online yang memiliki layanan lengkap sehingga sangat membantu kebutuhan banyak orang. Ketika ada seseorang yang memakai jasa dari Gojek tidak ada salahnya untuk coba memberikan tip Gojek kepada driver tersebut. 

Tentu saja jika mitra diberi uang tip maka akan semakin semangat untuk bekerja. Setiap harinya di Indonesia pengguna Gojek semakin bertambah banyak khususnya bagi yang tinggal di kota-kota besar seperti Surabaya, Jakarta dan sebagainya. 

Pengguna Gojek ini berasal dari beragam kalangan yang menggunakan layanan GoRide, GoFood, GoCar dan GoPay. Para mitra selalu siap untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang diinginkan dengan mudah melalui aplikasi Gojek. 

GoPay juga menjadi salah satu layanan yang membantu pengguna jika ingin melakukan pembayaran dan tidak memiliki uang tunai. Ada salah satu keuntungan dari menggunakan Gojek yaitu terdapat fitur auto accept yang sangat membantu pengguna untuk mendapatkan driver. 

Sedangkan dari mitra Gojeknya sendiri juga dituntut agar selalu memberikan pelayanan yang baik kepada semua pelanggan. Hal ini terbukti dari pemberian rating yang selalu mendapatkan bintang 5 di berbagai layanan Gojek. 

Para mitra diminta agar terus menjaga rating di atas batas normal agar pengguna Gojek semakin bertambah dan agar tidak terjadi pemutusan kemitraan dengan pihak Gojek. Oleh karena itu tidak jarang ada konsumen yang mendapatkan pelayanan baik lalu memberikan bonus kepada driver. 

Akan tetapi sampai sekarang masih ada pelanggan atau konsumen yang tidak tahu bagaimana caranya memberikan tip atau bonus kepada driver. Padahal cara ini sangat mudah dilakukan hanya dengan bantuan aplikasi saja. Untuk informasi selengkapnya bisa simak uraian di bawah ini. 

Begini Caranya Memberikan Tip Driver

Lakukan langkah-langkah dibawah ini apabila ingin memberikan tip ke driver gojek
Lakukan langkah-langkah dibawah ini apabila ingin memberikan tip ke driver gojek

Tip buat Gojek itu sangat berarti artinya bagi setiap driver karena jika Anda memberikan bonus tersebut maka driver akan merasa senang dan merasa bahwa ia sudah melakukan pekerjaan dengan benar. Tip ini juga bisa sebagai bentuk apresiasi dan rasa terima kasih karena sudah maksimal. 

Apabila Anda tertarik ingin memberikan tip kepada mitra maka caranya tidak sulit. Syaratnya adalah aplikasi Gojek Anda harus sudah diperbarui menjadi yang terbaru, nantinya Anda akan menikmati fitur untuk memberikan tip lewat saldo GoPay yang secara otomatis akan terpotong. 

1. Memberi Tip ke Driver Melalui Aplikasi Gojek 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan tip melalui aplikasi Gojek. Sebagai pengguna baru mungkin masih awam dalam menggunakan aplikasi Gojek, kalau begitu Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini. 

  1. Buka aplikasi Gojek dan pastikan bahwa pesanan Anda sudah selesai 
  2. Tunggu sampai muncul laman rating pada aplikasi tersebut 
  3. Apabila belum memberi rating maka Anda bisa masuk ke menu pesanan kemudian pilih riwayat lalu pilih pesanan kemudian beri penilaian 
  4. Nantinya akan muncul di layar 5 bintang yang memiliki kriterianya masing-masing. Bintang 1 artinya pelayanannya sangat buruk, bintang 2 artinya pelayanannya buruk, bintang 3 artinya pelayanannya lumayan OK, bintang 4 layanannya OK dan bintang 5 layanannya sangat OK
  5. Pada bagian menu rating akan muncul berbagai nominal yang bisa Anda pilih jika ingin memberikan tip yaitu Rp1.000, Rp2.500, Rp5.000, Rp10.000, Rp15.000, Rp20.000 dan Rp30.000
  6. Pilih salah satu nominal yang ingin Anda berikan kepada driver Gojek 
  7. Kemudian gulir layar ke bawah dan silahkan tap pada bagian kolom apabila Anda ingin juga memberikan saran kepada Gojek 
  8. Jika sudah selesai memberikan tip maka Anda bisa memilih menu selesai dan rating serta tip akan masuk ke notifikasi driver 

2. Memberi Tip ke Driver dari Aplikasi Tokopedia

Cara kasih tip Gojek semua layanan antar yang berikutnya adalah lewat aplikasi Tokopedia. Menggunakan aplikasi Tokopedia dapat menjadi alternatif lain apabila Anda ingin memberikan tip dengan cepat ke mitra Gojek. 

Cara ini bisa menjadi alternatif lain apabila aplikasi Gojek mengalami gangguan. Sekarang Tokopedia bekerjasama dengan Gojek agar lebih mudah dalam memberikan bonus kepada driver. Adapun untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 

  1. Masuk ke aplikasi Tokopedia 
  2. Tunggu sampai laman pertama muncul di layar lalu pilih menu daftar transaksi lalu pilih menu tombol 
  3. Kemudian pilih menu beri tip di bagian lacak 
  4. Pilih jumlah tip yang Anda ingin berikan kepada mitra lalu pilih pembayaran 
  5. Pastikan dulu bahwa nominal yang akan Anda berikan sudah benar dan sesuai 
  6. Masukkan pin GoPay Anda, pastikan Anda tidak lupa dengan PIN GoPay Anda, lalu pilih menu konfirmasi
  7. Tunggu sampai transaksi berhasil dilakukan 
  8. Selama proses mengirim tip maka uangnya masih dalam status pending 
  9. Tip berhasil ditambahkan ke saldo driver 

Sebenarnya ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memberikan tip kepada mitra Gojek yaitu memberikannya secara langsung. Cara ini bisa Anda jadikan alternatif apabila tidak bisa memberikan tip dengan dua cara di atas. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memberikan Tip GoPay

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara memberi tip di Gojek yaitu dengan aplikasi Gojek dan Tokopedia. Namun sebelum memberikan tip kepada mitra ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui yaitu sebagai berikut: 

  1. Tip atau bonus tidak dapat Anda berikan kepada mitra apabila sudah memberikan rating. Jadi jika terlanjur memberikan rating maka Anda bisa mengirim lewat Tokopedia atau memberikan bonus secara langsung 
  2. Tip hanya bisa Anda berikan apabila di pesanan sebelumnya metode pembayarannya menggunakan GoPay saja. Jadi gunakan dua cara lain apabila metode pembayarannya lewat tunai 
  3. Pastikan bahwa saldo GoPay Anda mencukupi atau lebih dari nominal tip yang ingin diberikan kepada driver 
  4. Ketika akan memberikan tip, pastikan sebelumnya Anda sudah memberikan penilaian atau rating yang sesuai. Apabila Anda memberikan bintang 5 maka jumlah tipnya bisa Rp30.000,- kepada driver Gojek 
  5. Ketika Anda sudah mengirimkan tip serta penilaian maka tidak bisa diubah kembali. Oleh karena itu pastikan bahwa penilaian yang benar dan jangan salah ketika akan memberikan tip kepada mitra

Beberapa hal di atas penting untuk diperhatikan agar Anda tidak salah untuk memberikan bonus kepada mitra Gojek. 

Penutup

Tip Gojek merupakan bentuk rasa terima kasih kepada mitra karena sudah mau memberikan pelayanan yang terbaik. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan adalah memberi tip lewat Gojek atau lewat Tokopedia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.