Lupa PIN GoPay? Begini Cara Mengatasinya

Lupa PIN GoPay? Tidak usah panik, begini cara mengatasinya
Lupa PIN GoPay? Tidak usah panik, begini cara mengatasinya
Bagikan ke teman-teman Anda

Lupa PIN Gopay adalah hal yang lumrah dialami oleh setiap orang. PIN pada aplikasi Gojek GoPay menjadi hal yang sangat penting untuk melakukan verifikasi ketika pengguna Gojek melakukan transaksi nontunai. 

Dilansir dari laman resmi Gojek, GoPay merupakan uang elektronik yang digunakan untuk melakukan pembayaran berbagai transaksi layanan di aplikasi Gojek dan merchant yang bekerjasama dengan Gojek.  

Tidak hanya untuk melakukan pembayaran berbagai transaksi layanan di Gojek saja, uang elektronik satu ini bisa digunakan untuk membayar tagihan PayLater. Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai cara mengatasi lupa PIN GoPay, berikut ulasan selengkapnya.

Mengenal Apa Itu PIN Gopay

Bagi pengguna aplikasi Gojek pasti sudah tidak asing lagi dengan Personal Identification Number atau yang sering disebut PIN. PIN Gopay berfungsi sebagai kode keamanan untuk melakukan transaksi pembayaran via dompet digital tersebut. 

PIN Gopay terdiri dari 6 digit berupa angka di mana kode tersebut dijadikan sebagai sistem keamanan di setiap transaksi yang dilakukan oleh pengguna Gojek. PIN ini juga digunakan untuk melakukan login ke dalam aplikasi Gojek sebagai akses untuk mengonfirmasi pembayaran. 

Dengan adanya PIN Gopay, maka hanya pengguna Gojek sebagai pemilik akun saja yang bisa menggunakan saldo Gopay untuk melakukan transaksi pembayaran. Dengan begitu, transaksi yang dilakukan menggunakan saldo GoPay menjadi lebih aman. 

Layaknya fungsi PIN pada kartu ATM, PIN pada Gopay juga berfungsi untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan akun pengguna aplikasi Gojek dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Nah, berikut ini beberapa fungsi dari PIN GoPay. 

  1. Akses konfirmasi ketika melakukan transfer saldo GoPay ke pengguna Gojek lainnya atau ke rekening bank tujuan. 
  2. Melakukan pembayaran transaksi pembelian pulsa atau kuota data pada opsi menu GoPulsa. 
  3. Melakukan pembayaran tagihan pada opsi menu GoTagihan. 
  4. Melakukan pembayaran untuk opsi menu Rekan Usaha GoPay. 
  5. Melakukan pembayaran tagihan di GoPayLater.
  6. Melakukan pembayaran transaksi menggunakan GoPayLater. 

Cara Mudah Ganti PIN Gopay

Begini caranya untuk melihat PIN GoPay
Begini caranya untuk melihat PIN GoPay

Mengingat begitu pentingnya PIN pada aplikasi Gojek, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut ini cara mudah untuk ganti PIN Go-Pay. 

  1. Buka aplikasi Gojek yang terpasang pada perangkat smartphone. 
  2. Klik opsi menu “Explore” pada menu GoPay. 
  3. Pilih opsi menu “Pengaturan” yang terdapat pada halaman GoPay. Apabila tidak dapat menemukannya, maka silakan klik Fitur lainnya. 
  4. Klik opsi menu Ubah PIN dan masukkan 6 digit angka untuk PIN lama sebanyak 1 kali. 
  5. Masukkan kembali 6 digit angka untuk PIN yang baru sebanyak 2 kali dan PIN GoPay berhasil diperbarui. 

Cara Mengatasi Lupa PIN Gopay di Aplikasi Tokopedia

Tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran di aplikasi Gojek saja, Gopay juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di platform Tokopedia. Karena sangat penting untuk menjaga keamanan akun, ada cara mengatasi lupa PIN Gopay Tokopedia. 

Cara ini juga tidak jauh berbeda dengan cara ganti PIN Gopay pada aplikasi Gojek. Hal yang membedakannya hanya pada proses otorisasinya saja di mana penggantian PIN lama harus dilakukan dengan meminta kode OTP pada pihak Gojek. 

Kode OTP dari Gojek ini akan dijadikan sebagai bukti kepemilikan akun. Untuk mengetahui cara mengatasi lupa PIN GoPay Tokopedia, berikut langkah-langkahnya.

1. Buka Gojek

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika lupa PIN yaitu membuka aplikasi Gojek terlebih dahulu yang sudah terhubung dengan aplikasi Tokopedia. Pastikan bahwa aplikasi Gojek yang terpasang pada smartphone sudah dalam versi terbaru.

2. Pilih Opsi Menu Explore

Jika aplikasi sudah terbuka, maka silakan pilih menu Explore. Jika PIN Gopay Tokopedia salah terus, maka silakan klik opsi menu Pengaturan.

3. Pilih Opsi Menu Lupa PIN

Setelah masuk ke laman Pengaturan Gopay, silakan klik opsi menu Lupa PIN dan masukkan 6 digit PIN baru yang akan dijadikan sebagai kode keamanan saat melakukan transaksi pembayaran di Tokopedia. 

4. Masukkan Ulang PIN Baru

Setelah berhasil memasukkan PIN baru sebanyak 6 digit angka, pengguna Gopay Tokopedia akan diminta untuk memasukkan ulang PIN baru. 

5. Masukkan Kode OTP

Nantinya, aplikasi Gojek akan mengirimkan kode OTP sebanyak 6 digita angka acak via SMS melalui nomor HP yang sudah terdaftar pada aplikasi Gojek sehingga pastikan bahwa nomor HP masih aktif dan bisa dihubungi. 

—————————-

Mengingat begitu pentingnya PIN pada aplikasi Gojek, maka cara di atas bisa diterapkan untuk mengatasi lupa PIN Gopay. Pilihlah PIN tidak mudah ditebak dan hindari penggunaan PIN menggunakan tanggal lahir atau nomor telepon agar lebih aman dan tidak diketahui orang lain. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.