Beberapa Cara Melihat Bukti Transfer GoPay ke Rekening

Beigini loh ternyata cara melihat transferan GoPay ke rekening bank lain
Beigini loh ternyata cara melihat transferan GoPay ke rekening bank lain
Bagikan ke teman-teman Anda

Di era modern seperti saat ini, ada banyak layanan dompet digital yang bisa digunakan untuk melakukan transfer ke rekening. Dari sekian banyaknya layanan dompet digital yang menawarkan sejumlah fasilitas menarik, GoPay menjadi salah satu pilihan dompet digital terbaik. 

Selain bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran pada aplikasi GoJek, GoPay juga menawarkan fasilitas transfer baik untuk sesama pengguna GoJek maupun transfer ke rekening bank seperti BRI, BNI, Bank Mandiri, BCA, atau CIMB Niaga. 

Menariknya lagi, GoPay juga menyediakan fitur untuk menyimpan bukti transfer khusus saat digunakan untuk mengirimkan saldo GoPay ke rekening bank. Cara cek riwayat transfer GoPay juga bisa dilakukan dengan mudah. 

Untuk memudahkan penggunanya saat cek saldo atau transfer GoPay, GoJek sudah menambahkan fitur berupa filter untuk memudahkan pencarian bukti transfer. Untuk mengetahui cara melihat bukti transfer GoPay ke rekening bank, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Saldo GoPay?

Apa sih saldo GoPay itu?
Apa sih saldo GoPay itu?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara melihat bukti transfer GoPay ke rekening bank, pengguna aplikasi GoJek juga harus memahami apa itu saldo GoPay. Sebagai salah satu perusahaan penyedia transportasi online, GoJek turut berpartisipasi dalam program GNNT. 

GNNT atau Gerakan Nasional Non Tunai merupakan program yang dijalankan oleh pemerintah Indonesia untuk mengurangi peredaran uang tunai dan meningkatkan sirkulasi uang bagi perekonomian di Indonesia. 

Sebagai bentuk dukungannya terhadap program pemerintah, GoJek menghadirkan GoPay sebagai dompet digital untuk melakukan transaksi pembayaran non-tunai. Dengan adanya dompet digital dari GoPay, pengguna aplikasi ojek online tidak perlu menggunakan uang tunai lagi. 

Tidak hanya itu saja, GoPay juga menawarkan promo menarik seperti cashback. Untuk jumlah pengisian saldo Go-Pay minimum Rp10.000,00 dan maksimum Rp1.000.000 per bulan untuk akun yang belum terverifikasi. 

Sementara itu, untuk akun yang sudah terverifikasi, top up saldo Gopay bisa dilakukan hingga Rp10.000.000,00. Untuk pengisian saldo driver GoJek, maksimal sebesar Rp1.000.000,00 untuk akun unverified dan Rp5.000.000,00 untuk akun yang verified dengan masa berlaku tidak terbatas. 

Cara Melihat Bukti Transfer GoPay ke Rekening

Beberapa cara melihat transfer GoPay ke rekening (Gambar: sumsel.tribunnews.com)

Cara melihat bukti transfer ke rekening bank bisa dilakukan dengan mudah. Dengan begitu, aktivitas transaksi bisa dikontrol dan diatur sesuai kebutuhan pengguna. Berikut ini cara mudah cek riwayat transfer Gopay ke rekening.

1. Cara Cek Riwayat Transfer

Untuk melihat history atau riwayat transfer baik transfer ke sesama GoPay atau ke rekening bank, maka pengguna aplikasi ini bisa melakukan cek riwayat transaksi secara keseluruhan. Cara cek seluruh riwayat transaksi bisa dilakukan seperti berikut ini.

  1. Buka aplikasi Gojek, kemudian klik menu GoPay yang berada di bagian kiri atas. 
  2. Klik opsi menu Explore, kemudian pilih menu History yang terdapat pada halaman menu GoPay. Jika tidak bisa klik pada opsi tersebut, pengguna aplikasi Gojek bisa klik opsi More Features. 
  3. Tunggu beberapa saat hingga ditampilkan seluruh riwayat transaksi GoPay yang sudah dilakukan. Tidak hanya riwayat pembelian dan isi saldo, aktivitas transfer GoPay juga akan ditampilkan pada halaman ini. 
  4. Klik riwayat transfer dan akan ditampilkan bukti transfer dari riwayat transfer GoPay yang sudah dilakukan seperti tanggal transaksi, jenis transaksi, jumlah nominal saldo yang ditransfer, nomor transaksi, dan informasi penting lainnya.

2. Cara Cek Bukti Transfer Saldo Gopay ke Rekening Bank

Tidak jauh berbeda dengan cara cek bukti transfer Gopay ke Gopay, cara melihat bukti transfer saldo GoPay ke rekening bank juga sangat mudah untuk dilakukan. Untuk memudahkan pengguna setianya, Gojek menghadirkan filter khusus sehingga pencarian bukti transfer bisa dilakukan dengan cepat. 

Berikut ini langkah-langkah untuk melihat bukti transfer saldo GoPay ke rekening bank yang mudah dan cepat. 

Masuk ke Aplikasi Gojek

Langkah pertama yang wajib dilakukan untuk cek bukti transfer yaitu membuka aplikasi Gojek yang sudah terpasang pada perangkat ponsel. Pastikan bahwa aplikasi yang terinstal sudah dalam versi terbaru. 

Apabila masih versi lama, maka pengguna aplikasi Gojek bisa melakukan update terlebih dahulu. Jika sudah, pengguna aplikasi ojek online satu ini bisa melakukan login atau masuk menggunakan akun yang sudah didaftarkan.

Klik Menu GoPay

Setelah halaman aplikasi Gojek sudah terbuka, pengguna aplikasi Gojek bisa klik pada opsi menu Gopay. Pada pilihan menu ini akan ditampilkan nominal saldo dan tulisan Gopay yang terdapat pada bagian kiri atas tampilan layar. 

Klik pada Opsi Menu Cek Riwayat

Setelah klik opsi menu Gopay, maka akan ditampilkan semua jenis transaksi yang sudah dilakukan. Pada halaman ini, pengguna aplikasi Gojek bisa melihat riwayat transaksi beserta bukti transfer meskipun tidak semua riwayat akan ditampilkan.

Klik Opsi Menu Lainnya

Cara melihat bukti transfer saldo Gopay ke rekening selanjutnya bisa dilakukan dengan klik pada opsi menu Lainnya yang berada di bagian tengah atas. Setelah klik menu tersebut, maka akan ditampilkan filter khusus transfer bank dan klik pada filter tersebut. 

Klik Pasang Filter

Jika sudah klik pada bagian filter transfer bank, langkah selanjutnya yaitu melakukan konfirmasi dengan cara klik Pasang Filter.

Riwayat Transaksi Ditampilkan

Tidak perlu menunggu lama, aplikasi Gojek akan menampilkan seluruh riwayat yang sudah dilakukan, termasuk transfer GoPay ke rekening bank tujuan. Transaksi yang ditampilkan akan disajikan berdasarkan urutan waktunya.

Klik untuk Cek Detail Transaksi

Untuk melihat bukti transfer secara detail, pengguna aplikasi Gojek bisa klik salah satu riwayat. Pilih transaksi mana yang ingin dicek dan dilihat bukti transfernya. Jika diperlukan, pengguna aplikasi Gojek bisa mengambil tangkapan layar (screenshot) untuk dijadikan bukti.

Manfaat Bukti Transfer GoPay

Tidak jauh berbeda dengan bukti transfer bank BRI, BCA, Mandiri, BNI, dan lembaga perbankan lainnya, bukti transfer GoPay juga memiliki manfaat yang sangat penting. Bukti transfer ini akan tercatat dan tersimpan di dalam history atau riwayat transaksi GoPay.

Ada beberapa informasi yang tercantum pada bukti transfer antara lain jumlah transfer, nama bank penerima, rekening bank penerima, mode pembayaran, status transaksi, waktu transaksi, tanggal transaksi, ID transaksi, dan jumlah referensi.

Karena memiliki manfaat yang penting, pengguna GoJek harus memahami cara melihat bukti transfer GoPay ke rekening. Berikut ini beberapa manfaat penting dari bukti transfer GoPay.

  1. Menjadi bukti yang kuat bahwa proses transaksi yang dilakukan sudah berhasil dan saldo sudah benar-benar terkirim ke rekening tujuan. 
  2. Sebagai lembar dokumen permintaan bantuan kepada pihak Gojek Gopay jika proses transfer ke rekening dalam status berhasil, namun saldo tidak bertambah atau tidak muncul pada rekening tujuan. 
  3. Penggunaan GoPay untuk sarana transaksi akan memudahkan pengguna dalam mengontrol keuangan. 
  4. Bisa digunakan sebagai keterangan dan kelengkapan atas transaksi yang sudah dilakukan.

Penutup

Ulasan mengenai cara melihat bukti transfer GoPay ke rekening bank di atas bisa dijadikan sebagai referensi untuk mengetahui transaksi transfer yang sudah dilakukan. Dengan hadirnya GoPay, transaksi yang dilakukan melalui aplikasi Gojek menjadi lebih mudah, praktis, dan aman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.