Biaya Transfer OVO ke Bank

Biaya yang dikenakan saat trasnfer OVO ke Bank
Biaya yang dikenakan saat trasnfer OVO ke Bank
Bagikan ke teman-teman Anda

OVO merupakan salah satu dari banyaknya aplikasi dompet digital yang digunakan di Indonesia. Banyak sekali orang yang menggunakan aplikasi ini untuk melakukan transaksi pembayaran, karena bisa dibilang transaksi menjadi lebih praktis. 

Tak hanya transaksi pembayaran saja, kamu juga bisa melakukan kegiatan transfer uang dengan aplikasi OVO. Tujuan transfer pun tidak hanya satu dua opsi, tetapi banyak opsi mulai dari transfer ke bank, kemudian transfer sesame OVO, bahkan ke aplikasi dompet digital lainnya. 

Namun, transaksi transfer yang paling banyak dilakukan adalah transfer dari OVO ke berbagai bank di Indonesia. Untuk melakukan transfer uang ke berbagai bank, kamu perlu mengeluarkan sejumlah biaya, ya. Lantas, berapa biaya transfer OVO ke bank? 

Berapa Biaya Transfer OVO ke Bank?

Biaya yang dikenakan saat kita mentransfer OVO ke Bank
Biaya yang dikenakan saat kita mentransfer OVO ke Bank

Memang, penggunaan OVO sangatlah mudah apalagi untuk keperluan transfer, misalnya saja transfer ke beberapa bank di Indonesia. Namun sayangnya, kegiatan ini memakan biaya, ya! 

Tenang saja, biaya yang perlu kamu keluarkan untuk transaksi berupa transfer ke bank lain tidak semahal biaya transfer dari bank ke bank lain. Hanya dengan mengeluarkan biaya sebanyak Rp 2.500,- saja per transaksi, kamu sudah bisa transfer ke bank apapun menggunakan OVO. 

Nah, menurut informasi yang akurat, pengadaan biaya transfer dari OVO ke bank lain ini sudah ditetapkan sejak tanggal 12 Desember 2019. Itu artinya, kebijakan OVO tentang biaya transfer sudah berjalan 2 tahun lamanya. 

Namun apabila kamu ingin transfer tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan, maka kamu bisa transfer sesama OVO. Berkali-kali transfer sesama OVO tidak akan dikenakan biaya tambahan apapun, lho! Wah, menguntungkan sekali, bukan? 

Nah, untuk menambah pengetahuan kamu tentang biaya transfer menggunakan aplikasi OVO, maka kami akan singgung juga beberapa biaya yang perlu dikeluarkan ketika melakukan transaksi lainnya: 

  • Top up debit di aplikasi OVO membutuhkan biaya sebesar 2% dari nominal top up.
  • Top up via bank dikenakan biaya mulai dari Rp 1.000,- sampai dengan Rp 1.500,- tergantung bank yang digunakan.
  • Top up via merchant OVO Both dikenakan biaya sebesar Rp 1.000,- saja. 
  • Top up via Grab Driver tidak dikenakan biaya tambahan alias FREE
  • Transaksi di merchant OVO tidak dikenakan biaya tambahan alias FREE
  • Layanan OVO Pay Later
    • Pendaftaran : Free
    • Biaya Layanan : Free
    • Biaya Tunggakan : 0,1% per hari dari tagihan

Sedangkan untuk aktivitas manajemen akun, mulai dari pembukaan akun baru, kemudian upgrade akun, penggantian data pengguna, akun dorman, dan penutupan akun tidak dikenakan biaya tambahan alias GRATIS. 

Syarat Transfer

Ketahui dulu syarat apa saja yang perlu kamu penuhi saat transfer OVO
Ketahui dulu syarat apa saja yang perlu kamu penuhi saat transfer OVO (Gambar: kompas.com)

Sebelum melakukan kegiatan transfer dari OVO ke bank lain, ada beberapa syarat yang perlu kamu penuhi. Nah, sebagai syarat paling utama, kamu perlu upgrade akun OVO terlebih dahulu. 

Bagaimana cara upgrade-nya? Tenang saja, caranya sangat gampang sehingga kamu tidak membutuhkan bantuan ahli. Caranya adalah:

  • Buka aplikasi OVO yang ada di perangkat ponselmu
  • Setelah itu, klik banner bertuliskan “Upgrade ke OVO Premier
  • Selain itu, ada cara lain yakni dengan upgrade melalui menu “Profile
  • Jika sudah masuk menu profile, cari tombol “Upgrade”, kemudian klik

Setelah berhasil melakukan langkah-langkah untuk upgrade akun OVO menjadi OVO Premier, maka kamu perlu menunggu proses upgrade selesai dan berhasil. Nah, sebelum itu, kamu perlu menyiapkan kartu identitas berupa Kartu Tanda Penduduk alias KTP asli (berlaku untuk WNI) atau passport asli untuk kamu WNA. 

Apabila proses upgrade sudah berhasil, maka secara otomatis kamu sudah menjadi user OVO Premier dan bisa melakukan berbagai transaksi berupa transfer ke berbagai bank di Indonesia dan opsi transfer lainnya. 

Perlu kamu ketahui, ada nominal minimal transfer apabila kamu ingin transfer ke bank, yakni sebesar Rp 10.000,-. Jadi, kamu tidak bisa melakukan layanan transfer menggunakan OVO apabila nominal transfer di bawah Rp 10.000,-. 

Prosedur Transfer dari OVO ke Bank Lain

Prosedur transfer dari OVO ke bank lain, begini caranya?
Prosedur transfer dari OVO ke bank lain, begini caranya? (Gambar: lifepal.co.id)

Setelah mengetahui biaya transfer dari OVO ke bank dan syaratnya, tak lengkap rasanya jika kamu tidak mengetahui cara transfer yang benar. Hal ini bisa kamu lakukan tanpa perlu bantuan orang lain, karena cukup mudah. Hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi OVO yang sudah terinstall di ponselmu.
  2. Jika sudah terbuka, masuklah ke menu “Transfer” yang berada di beranda atau Home OVO.
  3. Terdapat dua opsi pilihan di sana, pilih opsi “Ke Rekening Bank”.
  4. Setelah itu, akan muncul daftar berbagai bank yang ada di Indonesia, kemudian klik salah satu “Bank Tujuan” yang kamu kehendaki.
  5. Langkah berikutnya, kamu hanya perlu memasukkan nomor rekening tujuan pada kolom “Nomor Rekening”, kemudian lanjutkan dengan mengisi nominal transfer.
  6. Selanjutnya, klik opsi “Lanjutkan”.
  7. Sebelum klik opsi “Lanjutkan”, kamu bisa mengisi kolom “Pesan” jika ada sesuatu yang ingin disampaikan kepada pemilik rekening tujuan. Hal ini sifatnya tidak wajib, ya. 
  8. Setelah itu, akan muncul halaman konfirmasi yang berisi tentang rekening bank tujuan, nama pemilik rekening, dan nominal yang ingin kamu transfer. Teliti dengan seksama, jika sudah benar klik saja tombol “Transfer”.
  9. Jika pengiriman uang sudah berhasil, maka akan muncul informasi bahwa transaksi yang kamu lakukan telah berhasil. 

OVO merupakan aplikasi dompet digital yang memberikan kemudahan dalam aktivitas transfer ke rekening bank tanpa perlu mengeluarkan biaya administrasi yang besar. Dengan kemudahan dan biaya terjangkau, tentu saja aktivitas transfer ke bank lain kini bukan persoalan besar serta tidak memakan biaya besar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.