Beberapa Aplikasi Ojek Online di Indonesia

Beberapa aplikasi ojek online yang ada di Indonesia
Beberapa aplikasi ojek online yang ada di Indonesia
Bagikan ke teman-teman Anda

Ada banyak sekali aplikasi ojek online yang sangat populer di Indonesia saat ini. Layanan transportasi ojek berbasis digital ini mulai banyak bermunculan setelah OS Android diproduksi secara besar-besaran di seluruh dunia. Era digitalisasi memang sudah dimulai dan tidak bisa ditolak lagi.

Sudah tentu keberadaan ojek online ini memberikan banyak kemudahan untuk masyarakat. Mereka bisa melakukan pemesanan ojek dengan mudah di manapun berada. Tidak hanya itu saja, masyarakat juga bisa mendapatkan penawaran harga yang sangat transparan.

Di sisi lain, mereka juga mendapatkan layanan konsumen yang jauh lebih maksimal dari penggunaan ojek online tersebut. Bagaimanapun juga, penyedia jasa ojek online sangat memperhatikan kualitas layanan terhadap konsumen mereka.

Para driver dituntut untuk selalu bersikap ramah, bersih, dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Jika driver bersikap buruk, pelanggan bisa memberikan rating buruk juga untuk mereka. Penilaian seperti ini akan membuat kuota order driver dikurangi.

Tujuannya agar memperbaiki diri dan tidak mengulangi hal yang sama. Tidak hanya melayani jasa transportasi, ojek online juga memungkinkan untuk mengirimkan barang secara instan, membelikan makanan, tiket bioskop, atau melakukan keperluan lain yang mungkin tidak bisa dilakukan sendiri.

Pada intinya, keberadaan ojek online ini benar-benar memberikan dampak yang sangat positif terhadap aktivitas masyarakat di era modern. Tidak hanya di kota besar saja, saat ini aktivitas ojol juga sudah merambah ke kota-kota kecil. 

Selain memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam bidang transportasi, keberadaan ojek online itu juga membuka lowongan kerja secara masif. Hingga saat ini, keberadaan ojol sudah berhasil menjaring puluhan ribu tenaga kerja di seluruh Indonesia.

Aplikasi Ojek Online yang Ada di Indonesia

Berikut beberapa aplikasi ojol yang ada di Indonesia saat ini

Setelah dirangkum dari berbagai sumber, ternyata ada beberapa aplikasi ojol paling populer di Indonesia. Deretan aplikasi ini, sudah diunduh oleh ratusan ribu pengguna di seluruh Indonesia. Ada yang layanannya sudah nasional, namun ada juga yang layanannya masih wilayah perkotaan. 

Namun, pada dasarnya deretan aplikasi ini sudah dikenal luas oleh masyarakat. Sudah tentu masing layanan jasa transportasi tersebut memiliki keunggulan masing-masing. 

Karenanya, tidak mengherankan kalau popularitasnya terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Lantas, apa saja deretan aplikasi ojol terpopuler di negeri ini? Langsung saja simak poin-poinnya dibawah ini.

1. Gojek

Gojek merupakan aplikasi ojol yang paling banyak diketahui
Gojek merupakan aplikasi ojol yang paling banyak diketahui (Gambar: gojek.com)

Bagaimanapun juga, Gojek adalah pelopor aplikasi ojol di negeri ini. Hingga saat ini Gojek dianggap sebagai layanan transportasi digital terbesar di Indonesia. Bahkan, saat ini aplikasi tersebut sudah merambah negara ASEAN lainnya seperti Malaysia, SIngapura, dan Brunei Darussalam.

Setelah Gojek muncul di Indonesia, fenomena ini kemudian disusul oleh kemunculan deretan aplikasi transportasi ojek online lainnya. Namun, tetap saja Gojek menjadi identitas utama dari transportasi ojol yang ada saat ini.

Tidak hanya layanan antar jemput saja, Gojek juga menyediakan layanan lain seperti Go Food untuk kamu yang ingin makanan, Go-TIX untuk yang ingin membeli tiket bioskop, Go-Send untuk mengirimkan barang, hingga GoMart untuk kamu yang ingin berbelanja namun enggan keluar rumah.

2. Grab

Selain Gojek, ada Grab juga ya yang tidak kalah terkenalnya dari Gojek
Selain Gojek, ada Grab juga yang tidak kalah terkenalnya dari Gojek (Gambar: thejakartapost.com)

Aplikasi ojek online lainnya adalah Grab. Bisa dibilang Grab ini merupakan pesaing utama Gojek yang ada saat ini. Sama seperti Gojek, Grab juga menyediakan berbagai jenis layanan yang memudahkan masyarakat dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari.

Layanan utama dari aplikasi ini adalah layanan antar jemput perorangan dengan kendaraan roda dua atau bisa juga menggunakan kendaraan roda empat melalui fitur Grab Car. 

Tidak hanya itu, saja ada juga layanan Grab Express yang memungkinkan kamu untuk mengirimkan paket dan dokumen dalam waktu singkat.

Aplikasi satu ini juga memberikan fasilitas pembayaran kartu kredit, tunai, ataupun e-wallet OVO. Setiap harinya selalu ada promo menarik yang disediakan oleh grab baik untuk para penggunanya. Beberapa pengguna menganggap biaya layanan Grab jauh lebih murah dibandingkan Gojek.

3. Maxim 

Maxim yang siap bersaing dengan Gojek dan Grab
Maxim yang siap bersaing dengan Gojek dan Grab (Gambar: pamekasanhebat.com)

Aplikasi ojek online terpopuler lainnya adalah Maxim. Layanan jasa transportasi satu ini berasal dari Rusia. Saat ini Maxim sudah beroperasi di berbagai negara, termasuk salah satunya adalah di Indonesia. 

Namun, sayangnya layanan jasa transportasi tersebut baru bisa kamu akses di kota besar saja. Ada beberapa kota yang diketahui sudah beroperasi Maxim. Di antaranya adalah kota Jakarta dan Balikpapan. 

Untuk wilayah lainnya, harus menunggu hingga prosedur registrasi Maxim bisa lebih mudah untuk dipenuhi oleh para Driver. Maxim sendiri menyediakan fasilitas pembayaran yang fleksibel kepada penggunanya. 

Kamu bisa memilih layanan transportasi yang dibanderol dengan harga terjangkau atau bisa juga memilih layanan comfort yang lebih mengutamakan kenyamanan kamu sebagai konsumen

Sama seperti deretan aplikasi ojol lainnya, Maxim ini juga memberikan kamu kebebasan untuk melakukan pembayaran secara tunai ataupun nontunai. Tidak banyak orang tahu kalau Maxim sudah masuk ke tanah air sejak tahun 2018 lalu.

Seiring dengan berjalannya waktu, popularitas aplikasi transportasi Maxim semakin meningkat saja. Diprediksi, jumlah pengguna dari aplikasi satu ini akan mampu bersaing dengan Gojek dan Grab Bike di masa depan. 

4. In Driver 

In Driver siap saingi Gojek dan Grab
In Driver siap saingi Gojek dan Grab (Gambar: teknologi.id)

Aplikasi ojek online populer selanjutnya adalah InDriver. Aplikasi ini juga cukup booming beberapa waktu belakangan ini. Sebenarnya, popularitas aplikasi In Driver ini tidak perlu kamu lakukan lagi. Hingga saat ini, In Driver sudah beroperasi di lebih dari 30 negara di dunia.

Tentu saja Indonesia menjadi salah satu diantaranya keunggulan dari layanan jasa transportasi satu ini adalah biayanya yang bisa di nego oleh konsumen. Jadi pihak aplikasi sama sekali tidak menentukan harga mutlak terkait layanan jasa yang hendak kamu gunakan.

Kamu akan langsung bernegosiasi dengan driver terkait tarif yang harus dibayarkan. Penggunaan In Driver ini sangat recomended bagi kamu yang senang berhemat. Namun, pastikan untuk melakukan negosiasi dengan sopan agar kamu tidak mendapatkan rating buruk dari para Driver.

5. Anterin 

Anterin, ojek online yang identik dengan warna biru
Anterin, ojek online yang identik dengan warna biru (Gambar: wigatos.com)

Anterin merupakan salah satu brand ojek online lokal yang sudah beroperasi di 54 kota dalam negeri. Ojol satu ini sangat identik dengan warna biru. Hingga saat ini, Anterin sudah memiliki lebih dari 300 orang driver di seluruh wilayah Indonesia.

Beberapa sumber menyebutkan kalau langganan tetap dari aplikasi tersebut mencapai 500 ribu orang setiap bulannya. Tentunya, ini merupakan sebuah pencapaian yang patut diapresiasi mengingat Anterin adalah pendatang baru di dunia transportasi.

Ada keunggulan dari Anterin yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain. Salah satunya adalah kebebasan untuk memilih tarif. Umumnya, aplikasi melakukan pengaturan tarif secara sepihak. Namun, tidak demikian dengan aplikasi satu ini.

Jadi kamu sebagai pemesan memiliki hak untuk mendapatkan penawaran harga terbaik. Setiap kali ada orderan masuk, beberapa orang pengemudi akan menawarkan tarif layanan terlebih dahulu. Kamu hanya perlu memilih mana tarif yang paling sesuai kebutuhan.

6. Asia Trans 

Asia Trans
Asia Trans (Gambar: atmago.com)

Aplikasi ojek online terpopuler lainnya adalah Asia Trans yang telah hadir di ratusan kota Indonesia. Hingga saat ini, aplikasi Asia Trans sudah diunduh lebih dari 100 ribu kali di Play Store. Sedangkan untuk aplikasi pengemudinya sudah ada 500 unduhan yang terlihat hingga saat ini.

Tentu saja angka ini akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Demi memberikan kemudahan kepada para pelanggannya, saat ini Asia Trans bekerjasama dengan layanan e-wallet bernama DOKU. 

Jadi kamu bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan platform tersebut secara instan. Sama seperti deretan aplikasi ojol sebelumnya, Asia Trans menyediakan fasilitas share riding, pesan antar makanan, hingga layanan jasa pengiriman barang ojol. 

7. OKEJEK

OKEJEK saat ini populer di daerah jawa Timur dan Jawa Tengah
OKEJEK saat ini populer di daerah jawa Timur dan Jawa Tengah (Gambar: pinterest.com)

Aplikasi ojek online terpopuler di Indonesia lainnya adalah OKEJEK. Layanan jasa transportasi satu ini menyediakan berbagai jenis fitur unggulan yang tidak akan kamu temukan pada aplikasi lain. Sayangnya, popularitas dari aplikasi memang belum sekelas dengan Gojek ataupun Grab. 

Namun, pengguna dari aplikasi ini sudah terbilang banyak. Aplikasi OKEJEK sendiri terbilang lebih populer di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Saat ini mayoritas pengguna aplikasi berasal dari kota di wilayah tersebut. Salah satu basis pengguna objek adalah kota Malang. 

Namun, banyak juga pengguna aplikasi OKEJEK di wilayah Yogyakarta, Blitar, Tega, Brebes, Pasuruan, Cirebon, Ponorogo, Lamongan, Berau, Bojonegoro, Jakarta dan berbagai kota lainnya. 

Seiring dengan berjalannya waktu, bukan hal yang tidak mungkin kalau objek akan segera melambat kota kamu.

————

Dari deretan aplikasi ojek online terpopuler di atas, mana yang sering kamu gunakan? Pasti kamu punya alasan tersendiri kenapa layanan tersebut selalu dijadikan pilihan utama. Namun jika kebetulan pergi ke wilayah lain, cobalah salah satu rekomendasi jasa lain dan rasakan pelayanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.