Cara Daftar ShopeeFood Driver dan Merchant. Ternyata Ga Susah Lho

Cara melakukan pendaftaran driver dan merchant ShopeeFood
Cara melakukan pendaftaran driver dan merchant ShopeeFood
Bagikan ke teman-teman Anda

ShopeeFood merupakan layanan pesan antar makanan dari Shopee yang memudahkan pembeli untuk order menu favorit tanpa harus keluar rumah. Setelah pembeli melakukan order, driver Shopee akan mendatangi merchant kemudian mengantarkan makanan ke alamat tujuan.

Tidak hanya menguntungkan pembeli, layanan ini membawa berkah tersendiri bagi mitra pengemudi dan merchant. Pengemudi bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui sistem bagi hasil sedangkan merchant bisa mengembangkan bisnis serta memasarkan produk dengan mudah.

Wajar jika semakin banyak orang dan pelaku usaha yang tertarik untuk bergabung menjadi driver maupun merchant Shopee. Jika kamu salah satunya, di sini kamu akan menemukan pembahasan lengkap mengenai cara menjadi driver dan merchant Shopee Food. Simak ulasan di bawah ini. 

Cara Daftar Driver ShopeeFood 

Driver ShopeeFood dikenal dengan sebutan mitra pengemudi ShopeeFood. Untuk menjadi mitra pengemudi, kamu harus melakukan pendaftaran serta menyerahkan sejumlah persyaratan yang dibutuhkan.

Beruntung, persyaratan untuk menjadi driver ShopeeFood tidaklah rumit. Berikut ini persyaratan dan dokumen yang harus dilengkapi sebelum mendaftarkan diri:

  • Berusia antara 17 – 65 tahun saat melakukan pendaftaran
  • Kartu identitas
  • SIM C yang masih aktif
  • STNK kendaraan buatan minimal tahun 2012
  • SKCK (boleh menyusul)
  • Buku tabungan sesuai KTP yang digunakan untuk mendaftar
  • Alamat email yang masih aktif
  • Nomor handphone yang masih aktif
  • Formulir pendaftaran

Setelah seluruh persyaratan terpenuhi, kamu bisa mulai mendaftarkan diri. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs pendaftaran driver ShopeeFood. Buat kamu yang mendaftar untuk daerah Jakarta, buka bit.ly/PendaftaranMitraDriverShopeeFood untuk daerah Bodetabek: bit.ly/DaftarMitraDriverShopeeBodetabek, untuk daerah di luar Jabodetabek: bit.ly/DaftarMitraDriverShopeeFoodIndonesia 
  2. Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang benar.
  3. Setelah selesai, klik tombol Submit.
  4. Langkah selanjutnya, upload persyaratan yang dibutuhkan.
  5. Klik Kirim Data.

Setelah melakukan pendaftaran secara online, kamu hanya perlu menunggu konfirmasi dari tim terkait paling lambat 1 bulan setelah penasaran. Kamu akan dihubungi melalui email atau WhatsApp.

Apabila kamu diterima menjadi mitra pengemudi ShopeeFood, kamu diharuskan membayar biaya sebesar Rp 100 ribu. Uang tersebut digunakan untuk atribut yang akan dipakai selama bertugas menjadi driver ShopeeFood.

Selain mendaftarkan diri secara online, kamu juga bisa mendaftar secara offline dengan mendatangi langsung kantor Shopee. Pastikan untuk membawa persyaratan lengkap dan mengisi formulir agar proses pendaftaran berjalan dengan lancar.

Cara Daftar Merchant ShopeeFood

Bagi pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnis, tidak ada salahnya bergabung menjadi salah satu merchant di layanan pesan antar makanan ShopeeFood. Selain melebarkan bisnis, cara ini juga cukup efektif untuk mempromosikan usaha kamu ke calon pelanggan.

Lantas, apa saja persyaratan dan bagaimana cara menjadi merchant ShopeeFood? Untuk persyaratan, berikut ini daftar yang perlu kamu lengkapi:

  • Kartu identitas berupa KTP atau KITAS
  • Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD)
  • Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (SPPKP)
  • Foto buku tabungan

Jika usaha kamu sudah memiliki badan hukum, berikut ini dokumen yang dipersyaratkan:

  • KTP
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Surat keterangan domisili
  • Akta pendirian usaha
  • Foto buku tabungan

Setelah mempersiapkan persyaratan di atas, ikuti langkah berikut ini untuk mendaftar merchant ShopeeFood:

  1. Kunjungi situs pendaftaran merchant ShopeeFood di alamat https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSe5IyWNJcbxXsd_51qwK2uD6iF2Qmdc_PjirT7NMcmT9GZ7iQ/viewform
  2. Isi data seperti nama pendaftar, nama usaha, lokasi dan jenis usaha, foto outlet, dan lain sebagainya.
  3. Setelah mengupload foto outlet, maka formulir berhasil didaftarkan. Selanjutnya konfirmasi pendaftaran dengan mengklik Ya pada pernyataan bahwa kamu ingin melakukan pendaftaran.
  4. Untuk menyelesaikan proses pendaftaran, silahkan klik Kirim.

Tunggu beberapa saat. Tim Shopee akan mengunjungi dan survei lokasi usaha kamu dan memutuskan apakah layak untuk bergabung dengan merchant ShopeeFood. Jangan lupa siapkan dokumen yang dipersyaratkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Keuntungan Menjadi Driver dan Merchant ShopeeFood

Semakin meningkatnya permintaan untuk menjadi driver dan merchant ShopeeFood bukanlah tanpa alasan. Layanan pesan antar yang satu ini tidak hanya memberikan manfaat bagi konsumen tetapi juga mitra pengemudi dan merchant. Penasaran? Simak pembahasan di bawah ini.

Keuntungan menjadi driver ShopeeFood:

1. Lebih Untung dengan Sistem Bagi Hasil

Mitra pengemudi digaji dengan sistem bagi hasil sehingga lebih menguntungkan. Semakin banyak pelanggan yang terlayani, maka semakin besar pula penghasilan yang bisa kamu dapatkan. 

2. Cara Kerja Mudah dan Cepat

Pada dasarnya kamu hanya perlu menerima pesanan dari pelanggan dan mendatangi merchant untuk mengambil pesanan. Selanjutnya kamu harus mengantar pesanan tersebut ke alamat tujuan. Cara kerja ini tergolong mudah karena kamu bisa melayani banyak pelanggan dalam satu hari.

3. Bisa Mendapatkan Bonus dan Insentif

Mitra pengemudi bisa mendapatkan insentif dan bonus setelah menyelesaikan pekerjaan. Ini bisa menjadi motivasi untuk lebih giat dalam melayani pelanggan.

4. Fleksibel

Yang tak kalah menarik, menjadi driver ShopeeFood cukup fleksibel. Kamu bisa mengatur waktu sesuai keinginan. Bahkan ini bisa menjadi cara tepat untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Sementara itu, berikut ini adalah keuntungan jika kamu menjadi merchant ShopeeFood:

1. Media Promosi Mudah dan Praktis

Dengan bergabung menjadi merchant ShopeeFood, otomatis usaha kamu akan masuk ke dalam daftar pencarian sehingga lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen. Apalagi jika kamu rajin mengadakan promo, pasti semakin banyak pelanggan yang tertarik.

2. Meningkatkan Pendapatan

ShopeeFood menawarkan cara mudah untuk meningkatkan pendapatan. Semakin banyak konsumen yang mengetahui keberadaan usaha kamu, semakin tinggi peluang untuk mendapatkan pelanggan baru. Otomatis pendapatan kamu bisa meningkat.

3. Melebarkan Bisnis

Kamu juga bisa melebarkan sayap bisnis dengan bergabung menjadi merchant ShopeeFood. Semakin banyak orang yang mengenal bisnis kamu, semakin mudah untuk mengembangkan bisnis.

Kini kamu tahu bahwa cara mendaftar driver dan merchant ShopeeFood tidak terlalu sulit. Tertarik untuk mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.