Cara transfer GoPay ke DANA, ternyata caranya gampang banget,

Cara Transfer Saldo GoPay ke Dana, Prosesnya Cepat Lho

Bagikan ke teman-teman Anda

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengisi saldo DANA, salah satunya adalah menggunakan GoPay. Cara transfer GoPay ke Dana pun terbilang sangat mudah sehingga kamu bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja, asalkan terhubung dengan jaringan internet.

GoPay sendiri merupakan salah satu dompet digital dengan jutaan pengguna di seluruh Indonesia. Meskipun awalnya dikenal sebagai alat pembayaran untuk Gojek, kini GoPay juga dapat digunakan untuk berbagai transaksi lain seperti transfer ke rekening bank hingga mengisi saldo dompet digital.

Sayangnya banyak yang belum mengetahui bahwa GoPay bisa dimanfaatkan untuk transfer ke DANA. Jika kamu termasuk salah satunya, kamu berada di tempat yang tepat.

Di sini, kamu tidak hanya mempelajari cara transfer dari GoPay ke DANA tetapi juga syarat sebelum melakukan transfer hingga keuntungan menggunakan GoPay. Tunggu apa lagi? Simak pembahasan lengkap berikut ini.

Persiapan Sebelum Transfer Saldo GoPay

Perlu diingat bahwa sebelum melakukan transfer saldo ke DANA, kamu harus melakukan verifikasi akun dan upgrade ke premium atau GoPay Plus. Tanpa melalui proses upgrade, kamu tidak bisa mentransfer saldo ke DANA.

Tapi jangan khawatir, cara upgrade GoPay tidak terlalu sulit. Pastikan kamu sudah update aplikasi ke versi terbaru. Setelah diupdate, jangan lupa untuk menyiapkan dokumen berupa kartu identitas seperti KTP atau paspor. Jika sudah siap, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Gojek.
  2. Pada menu GoPay, pilih opsi Lainnya.
  3. Kamu akan melihat opsi Upgrade ke GoPay Plus di menu paling atas. Ketuk opsi tersebut.
  4. Tap tombol Upgrade Sekarang.
  5. Selanjutnya kamu harus mengambil foto KTP atau paspor.
  6. Kemudian ambil foto selfie sambil memegang kartu identitas. Pastikan wajah kamu dan informasi di KTP terlihat jelas.
  7. Untuk melanjutkan proses upgrade, ketuk opsi Upgrade Sekarang.

Sekarang GoPay kamu telah berhasil diupgrade ke GoPay Plus. Jika gagal, kemungkinan foto kartu identitas atau foto selfie belum memenuhi syarat. Coba lagi sampai berhasil.

Apakah akun DANA juga perlu diupgrade untuk menerima transferan? Tidak. Kamu tidak perlu mengupgrade ke DANA premium sebelum melakukan transfer dari GoPay. Kamu hanya perlu membuat virtual account (VA) di DANA. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi DANA.
  2. Pilih Isi saldo.
  3. Tentukan bank tujuan sesuai keinginan, misalnya BRI.
  4. Akan muncul kode virtual account yang akan kamu gunakan untuk transfer melalui GoPay. Salin kode tersebut untuk mempermudah proses transfer.

Cara Lengkap Transfer GoPay ke DANA

Setelah upgrade GoPay dan membuat VA DANA, kini saatnya untuk mempelajari cara transfer GoPay ke DANA. Di bawah ini kamu akan menemukan langkah-langkah transfer dengan mudah dan cepat. Pastikan kamu terhubung dengan jaringan internet yang stabil agar proses transfer berjalan lancar.

  1. Jalankan aplikasi Gojek.
  2. Tap menu Lainnya di sudut kanan layar.
  3. Kamu akan melihat beberapa pilihan menu. Tap Tarik untuk transfer saldo ke DANA.
  4. Selanjutnya, pilih opsi Tambahkan Bank Lain.
  5. Di halaman berikutnya, kamu akan diminta untuk memilih bank. Pilih bank yang sesuai dengan VA yang sudah kamu buat di aplikasi DANA, misalnya BRI.
  6. Masukkan kode bank.
  7. Kemudian kamu diharuskan mengisi informasi nama pemilik rekening. Gunakan nama yang digunakan di akun DANA.
  8. Setelah itu isi nomor rekening sesuai dengan virtual account yang sudah kamu salin sebelumnya.
  9. Tap menu Tanda Centang dan Simpan.
  10. Masukkan jumlah saldo GoPay yang ingin ditransfer ke DANA minimal Rp 10.000,-. Pastikan nominal tersebut tidak melebihi saldo yang kamu miliki di GoPay + Rp 2.500 sebagai biaya administrasi.
  11. Setelah memasukkan nominal transfer, ketuk tombol Tarik.
  12. Kamu akan masuk ke halaman konfirmasi. Pastikan data yang muncul benar. Setelah yakin, pilih tombol Konfirmasi.
  13. Masukkan PIN GoPay kamu dan tunggu proses transfer.
  14. Jika berhasil, kamu akan menerima notifikasi bahwa transfer sudah selesai diproses. Untuk saat ini kamu tidak akan dikenakan biaya transfer alias gratis.

Untuk memastikan transfer saldo berhasil, kamu bisa mengakses aplikasi DANA dan melihat apakah saldo kamu sudah bertambah. Uang yang sudah masuk ke akun DANA kamu langsung bisa dipakai untuk bertransaksi sesuai kebutuhan.

Bagaimana jika proses transfer gagal? Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan gagalnya proses transfer, seperti saldo GoPay tidak mencukupi atau kamu salah memasukkan nomor rekening. Ulangi proses di atas dan pastikan seluruh data yang kamu masukkan sudah benar.

Jika saldo Go-Pay kamu berkurang namun saldo DANA belum bertambah, kamu bisa menghubungi customer service Go-Pay untuk penanganan lebih lanjut. Ikuti instruksi yang diberikan oleh petugas terkait.

Tunggu apa lagi? Jika saudara atau teman kamu sedang kehabisan saldo DANA dan butuh transfer saldo, GoPay siap memberikan bantuan. Cara transfer saldo dari GoPay ke akun DANA terbilang mudah dan praktis. Yang terpenting, saldo kiriman bisa segera kamu gunakan untuk bertransaksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.