Pendaftaran GrabBike secara online

8 Syarat & Cara Daftar GrabBike Online Dengan Mudah

Bagikan ke teman-teman Anda

GrabBike merupakan salah satu layanan dari Grab yang memungkinkan Anda mendapatkan tiga pekerjaan sekaligus.

Dengan mendaftarkan diri sebagai mitra GrabBike, secara otomatis Anda akan bisa melakukan pelayanan GrabFood dan GrabExpress untuk mengantar pesanan pembeli.

Untuk bisa mendaftar mitra GrabBike, Anda harus mengetahui cara daftar GrabBike online terlebih dahulu.

Pendaftaran secara online dirasa lebih efektif karena Anda tidak perlu mengantri di kantor Grab terdekat karena biasanya kantor tersebut penuh dengan orang yang datang ke tempat tersebut.

Informasi mengenai cara daftar di bawah ini akan sangat berguna bagi Anda yang ingin bergabung menjadi mitra GrabBike di kota terdekat Anda.  

Syarat dan Ketentuan Daftar GrabBike

Jika Anda mendaftar secara online, Anda akan merasa lebih mudah tentunya lebih nyaman.

Untuk bisa mendaftar mitra GrabBike tentu ada syarat yang harus dipenuhi dan dilengkapi oleh seorang calon mitra GrabBike, di antaranya:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah berusia minimal 21 tahun dan maksimal berusia 55 tahun.
  2. Kartu Tanda Penduduk asli
  3. Memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) jenis SIM C yang asli
  4. Kartu Keluarga (KK)
  5. Memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sepeda motor yang asli dengan pajak yang belum kedaluwarsa
  6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  7. Smarthpone dengan sistem operasi Android yang memiliki RAM minimal 1 GB dan bisa menginstal Grab Driver
  8. Memiliki rekening  bank, namun jika belum memiliki bisa membuka rekening baru yang disediakan pihak Grab

Kriteria Kendaraan yang Memenuhi Syarat Pendaftaran GrabBike

Pihak Grab telah mengubah ketentuan mengenai batas minimal usia kendaraan yang digunakan.

Hal ini berlaku untuk calon mitra yang mendaftar sejak tanggal 4 Januari 2018 yang disesuaikan dengan wilayah domisili mitra Grab, yakni:

  • Untuk wilayah domisili Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Bali, Palembang, dan Makassar, minimal kendaraan yang didaftarkan adalah kendaraan produksi tahun 2009
  • Untuk Anda yang berdomisili selain di sembilan kota besar di atas, minimal sepeda motor yang didaftarkan adalah sepeda motor produksi tahun 2011
  • Kendaraan haruslah berkondisi baik, yakni layak jalan dan nyaman digunakan oleh penumpang atau layak pada proses pengantaran barang pada GrabFood dan GrabExpress.
  • Tidak diperkenankan mendaftarkan motor dengan jenis motor balap dan motor tracking seperti motor croos dan sejenisnya.
  • Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Mendaftar GribBike
  • Sebelum mendaftar, Anda harus memperhatikan hal berikut ini:
  • Memiliki kemampuan membaca dan menulis agar pesanan bisa berjalan lancar
  • Dalam kondisi sehat secara jasmani dan rohani
  • Gunakan nomor hand phone yang masih aktif milik Anda sendiri
  • Siapkan alamat email (Gmail) agar informasi dapat Anda terima dan login ke akun Grab Driver dapat Anda lakukan
  • Jika Anda berusia lebih dari 50 tahun wajib menyertakan Surat Keterangan Sehat dari dokter
  • Siapkan uang untuk top up awal sebanyak Rp150.000,00 untuk mencicil HP. Namun jika sudah memiliki HP Anda cukup menyiapkan Rp100.000,00 untuk pengisian saldo Grab serta potongan cicilan atribut berupa helm dan jaket Grab. 
  • Cicilan atribut bisa dicicil sebesar Rp2500,00 per harinya selama 3 bulan, atau bayar kontan sebesar Rp280.000,00 tanpa pemotongan saldo.

Ketentuan Persyaratan Pendaftaran GrabBike

1. Foto Setengah Badan

Persyaratan pertama di dalam cara daftar grabbike online adalah foto setengah badan yang harus Anda unggah saat mendaftar GrabBike adalah foto yang sempurna.

Maksudnya adalah foto formal dengan latar belakang polos putih atau bisa juga lambang Grab. Hasil foto tidak buram, tanpa aksesoris, dan tentunya wajah harus terlihat jelas karena foto tersebut yang akan menjadi foto profil akun Grab Anda.

Foto diambil dengan kamera asli dan bukan merupakan hasil scan. Ukuran maksimal foto saat diunggah ke sistem adalah 5 MB.

2. Foto Surat Izin Mengemudi (SIM C)

Kepemilikan SIM C merupakan hal wajib bagi pengendara yang ingin mendaftarkan diri ke GrabBike. SIM C menjadi bukti jika calon driver merupakan orang yang mampu mengendarai sepeda motor serta mengerti aturan berkendara.

SIM C tersebut haruslah berlaku minimal satu bulan sebelum kedaluwarsa dan haruslah SIM milik sendiri, orang lain tidak diperkenankan.

SIM C harus difoto secara jelas dan tidak blur atau buram serta bukan merupakan hasil scan atau fotokopi, SIM C harus difoto secara langsung dan asli.

3. Surat Izin Mengemudi (SIM C)

Kepemilikan SIM C merupakan hal wajib bagi pengendara yang ingin mendaftarkan diri ke GrabBike. SIM C menjadi bukti jika calon driver merupakan orang yang mampu mengendarai sepeda motor serta mengerti aturan berkendara.

SIM C tersebut haruslah berlaku minimal satu bulan sebelum kedaluwarsa dan haruslah SIM milik sendiri, orang lain tidak diperkenankan.

SIM C harus difoto secara jelas dan tidak blur atau buram serta bukan merupakan hasil scan atau fotokopi, SIM C harus difoto secara langsung dan asli.

4. Foto Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Foto Kartu Tanda Penduduk atau KTP juga wajib diunggah dengan ketentuan KTP merupakan KTP calon driver dan bukan KTP orang lain meskipun keluarga sekalipun.

KTP yang diunggah haruslah KTP asli yang difoto bukan di-scan dan juga bukan hasil editan atau fotokopian. Selain itu foto KTP harus jelas dan data diri dapat dibaca.

5. Foto Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)

Surat Tanda Nomor Kendaraan berfungsi sebagai tanda bahwa kendaraan yang Anda daftarkan merupakan kendaraan milik Anda asli.

Foto STNK yang diunggah harus jelas dan asli hasil jepretan kamera bukan scan atau foto STNK hasil fotokopi, STNK juga masih berlaku.

Dalam file foto STNK tersebut Anda harus mengunggah foto dokumen STNK dan juga foto pajaknya.

6. Foto Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

SKCK yang diunggah merupakan SKCK yang masih berlaku dan minimal dua minggu sebelum tiba masa kedaluwarsanya.

SKCK diperlukan karena Grab telah menetapkan kriteria calon mitranya haruslah orang yang bertanggung jawab dan mampu menjaga konsisten terhadap profesinya, untuk itu catatan kriminal calon driver bisa dilihat melalui SKCK.

7. Foto Buku Tabungan

Yang harus Anda unggah dari foto tabungan adalah halaman awal buku tabungan agar nomor rekening, nama nasabah, nama bank bisa terlihat.

File foto haruslah memiliki ukuran maksimal 5 MB dan foto harus jelas dan tulisannya bisa terbaca.

Foto buku tabungan ini wajib diunggah agar nantinya pihak Grab dapat mengirim pembayaran penumpang yang membayar dengan OVO.

8. Foto Diri Memegang KTP

Selain KTP Anda juga diharuskan mengunggah file foto diri yang memegang KTP serta STNK atau dengan kendaraan.

Foto tersebut haruslah difoto secara manual dan bukan merupakan hasil editan. KTP dan STNK yang difoto bersama juga harus sama dengan foto KTP dan STNK yang sebelumnya telah dijelaskan.

9. Alamat Email Yang Masih Aktif

Alamat email yang harus aktif adalah alamat email yang berasal dari akun Google.

Email tersebut digunakan untuk bisa verifikasi pendaftaran yang nantinya akan Anda lakukan serta untuk bisa log in ke aplikasi Grab Driver serta menjalankan pesanan.Jangan lupa juga untuk menyertakan nomor HP yang masih aktif.

Cara Daftar GrabBike Online

c
Driver GrabBike sedang mengantar kostumer

Berikut merupakan langkah-langkah cara daftar GrabBike online untuk calon mitra GrabBike.

Jangan lupa untuk menyiapkan kuota dan smartphone atau komputer dan laptop Anda.

  1. Anda harus mengunjungi situs resmi Grab terlebih dahulu dan masuk ke halaman pendaftaran GrabBike
  2. Setelah masuk ke halaman pendaftaran, isilah formulir yang ada dengan identitas Anda secara benar. Identitas meliputi nama, nomor HP, wilayah domisili, jenis pengemudi (GrabBike)
  3. Klik kotak putih pada bagian “Saya menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku” setelah menyelesaikan pengisian data
  4. Setelah selesai mengisi formulir, klik “Daftar Sekarang”
  5. Setelah pendaftaran dengan formulir di website resmi Grab, selanjutnya tunggu SMS dari pihak Grab yang berisi link yang nantinya digunakan untuk melengkapi proses pendaftaran mitra GrabBike. Jika sudah menerimanya silakan klik link tersebut
  6. Setelah klik link Anda akan mendapatkan formulir baru untuk melengkapi persyaratan berupa dokumen yang telah dijelaskan sebelumnya. Unggah semua file tadi sesuai yang diminta.
  7. Permohonan Anda akan diproses dalam waktu 2 x 24 jam. Selama waktu tersebut dokumen Anda akan diverifikasi oleh pihak Grab.
  8. Apabila permohonan Anda disetujui maka Anda akan menerima SMS yang di dalamnya terdapat link untuk Online Training ke Grab Academy yang di dalamnya juga terdapat ID beserta password untuk log in.
  9. Jika SMS atau link tak kunjung Anda terima setelah proses verifikasi dalam 2 x 24 jam oleh pihak Grab, datanglah langsung ke kantor Grab terdekat untuk memperbaiki kesalahan yang mungkin Anda lakukan pada dokumen Anda.
  10. Ikutilah Online Training dengan menyelesaikan topik dan quiz yang harus dijawab hingga Anda lulus. Ulangi training jika gagal hingga Anda bisa lulus.
  11. Setelah lulus Online Training Anda akan menerima pengaktifan akun dalam waktu 2 x 24 jam dan Anda siap untuk mulai bekerja menjadi mitra Grab.
  12. Setelah akun telah diaktifkan, Anda akan mendapatkan SMS yang berisi pesan untuk mengambil atribut GrabBike berupa jaket dan helm di kantor Grab. 
  13. Kini Anda telah menjadi mitra Grab dan siap menjalankan aktivitas baru sebagai driver GrabBike.

Tes-Tes Yang Dilakukan 

1. Tes Teori

Tes teori merupakan tes yang menguji pengetahuan Anda mengenai teori tata cara mengemudi di jalan raya beserta materi mengenai aplikasi Grab.

Jika Anda memahami materi training online tersebut maka Anda akan bisa lulus menjawab pertanyaan yang biasanya memiliki jumlah pertanyaan sebanyak 10 buah.

2. Tes Safety Riding

Tes ini sama dengan tes pada saat Anda melakukan tes pembuatan SIM C. Tes ini dilakukan agar seluruh mitra GrabBike yang telah mendaftar ke Grab dapat memahami dengan baik aturan lalu lintas dan berkendara yang baik dan bertanggung jawab.

Tes ini biasanya dilakukan di kantor cabang Grab. Salah satu tes yang dilakukan adalah memboncengkan penumpang untuk menguji kenyamanan.

Beberapa informasi di atas mengenai cara daftar GrabBike online dapat menjadi referensi Anda untuk mempersiapkan diri dan mengurangi risiko kegagalan saat mencoba mendaftarkan diri menjadi mitra GrabBike di wilayah domisili Anda.

4 thoughts on “8 Syarat & Cara Daftar GrabBike Online Dengan Mudah

  1. Kenapa saat ni saya daftar greb motor blm ada info selanjutnya sedang kan keterangan di SMS tunggu waktu 2 hari An kok sampe sekarang lum ada respon

  2. Udah daptar online ampe saat ini ko blm ada blsan via sms dan email…kapan dibuka lagi buat driver nike dibuka

  3. Saya sudah daftar grabbike tapi disuruh grabfood apakah masih lama saya untuk di panggil ke kantor,, saya sudah menerima telpon dari pihak kantor grab,, tapi saat ini belum ada panggilan lagi dari kantor grab??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *