Prose daftar mitra GrabFood Prose daftar mitra GrabFood

6 Langkah & Cara Daftar GrabFood Secara Online di 2020

Bagikan ke teman-teman Anda

Selain para driver berbagai kendaraan di Grab yang mendapatkan keuntungan dari hasil bermitra dengan Grab, Grab juga menawarkan kemitraan dengan pengusaha makanan melalui GrabFood.

GrabFood menjadi salah satu alternatif bagi konsumen yang tidak memiliki waktu untuk membeli makanan di luar. Sebelum bergabung, sebaiknya Anda perlu tahu mengenai cara daftar GrabFood.

Dengan menjadi mitra GrabFood Anda akan mendapatkan banyak keuntungan di antaranya adalah Anda tak perlu repot-repot menjajakan dagangan Anda dan melakukan promosi yang memakan waktu dan uang Anda. Penjualan usaha makanan Anda juga dapat meningkat berkali lipat. 

Cara Daftar GrabFood untuk Merchant Online

Berikut adalah beberapa langkah jitu untuk mendaftarkan restoran Anda ke GrabFood (sebagai merchant) sehingga Anda bisa mulai berjualan di aplikasi tersebut. Pastikan ikuti langkah-langkah di bawah ini dengan seksama.

1. Mengisi formulir pendaftaran online

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam rangka daftar GrabFood adalah dengan masuk ke website resmi GrabFood.

Lalu isilah formulir data usaha Anda seperti nama toko, rumah makan, restoran, cafe atau warung Anda, alamat lengkap, alamat email, dan yang lainnya yang tertera di formulir pendaftaran. Setelah selesai mengisi formulir pendaftaran, Anda akan menerima email verifikasi dari Grab.

Verifikasi pendaftaran online adalah salah satu tahapan dalam cara daftar GrabFood, pastikan untuk memverifikasikan paling lambat 72 jam dari setelah mendaftar. Jangan sampai melebihi waktu tersebut karena nantinya Anda akan diminta untuk melakukan pengisian formulir ulang di situs resmi GrabFood tersebut.

2. Mengisi informasi mengenai restoran (merchant)

Setelah berhasil memverifikasikan pendaftaran usaha rumah makan Anda, Anda akan diminta untuk masuk ke halaman “Help” di situs resmi Grab untuk mengisi kembali formulir pendaftaran. Namun pendaftaran di sini merupakan pendaftaran untuk detail rumah makan Anda. Isikan informasi mengenai usaha rumah makan/restoran/cafe Anda.

Yang harus Anda isikan dalam formulir itu adalah nama rumah makan/cafe, jadwal operasional usaha Anda, jenis, isi, dan menu makanan yang dijual beserta dengan harga menu tersebut, dan juga foto menu makanan tersebut yang nantinya akan dicantumkan dalam aplikasi GrabFood.

Jangan lupa untuk memeriksa kembali formulir yang telah diisi sebelum lanjut ke proses selanjutnya.

3. Penandatanganan kontrak GrabFood

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan setelah mengisi formulir pendaftaran informasi rumah makan adalah menandatangi kontrak GrabFood.

Anda akan menerima email balasan dari Grab yang di dalamnya terdapat kontrak kerja sama yang perlu Anda tandatangani sebagai tanda bahwa Anda akan bermitra dengan Grab.

4. Email verifikasi outlet

Informasi mengenai warung Anda yang telah dikirimkan melalui formulir yang telah Anda isi kemudian akan dicek oleh pihak Grab.

Setelah pihak Grab menyetujuinya, Anda akan mendapatkan sebuah email verifikasi untuk outlet Anda. Lakukan verifikasi sebelum tenggang waktu yang diberikan yakni 72 jam dari awal menerima email tersebut.

Lakukan verifikasi dengan cara meng-klik link yang telah dilampirkan pada email yang Anda terima. Jika waktu tenggang verifikasi telah berakhir namun Anda belum memverifikasinya, maka verifikasi outlet Anda telah gagal. Namun Anda dapat meminta email verifikasi kembali dengan menghubungi tim telesales dari GrabFood.

5. Proses Integrasi OVO

OVO merupakan cara pembayaran yang disediakan oleh Grab berupa pembayaran dengan uang elektronik. Untuk itu ketika Anda ingin bergabung dengan GrabFood Anda akan melakukan proses OVO.

Proses ini merupakan proses yang berisi mengenai pengaktifan OVO penjual yang terkait dengan pembuatan rekening penjual serta proses pengaktifannya.

Kemudian proses OVO akan dilanjutkan dengan tahapan validasi antara akun OVO dengan kedai makanan Anda.

6. Mendapatkan training

Setelah semua proses selesai, maka proses terakhir adalah Anda akan menerima email berisi training yang berupa materi-materi pelatihan yang berisi mengenai cara penggunaan GrabFood dalam aplikasi Grab serta akun Anda akan diaktifkan.

Syarat Mendaftar GrabFood

Berikut syarat-syarat yang harus Anda penuhi ketika akan mendaftarkan warung Anda ke GrabFood, antara lain:

  1. Profil lengkap warung atau restoran Anda, meliputi nama, alamat warung, email, serta nomor telepon
  2. Foto KTP pemilik restoran/warung/rumah makan
  3. Foto diri dengan memegang KTP di tangan Anda
  4. Foto NPWP yang asli, tidak diperkenankan untuk memfoto NPWP hasil fotokopi
  5. Foto daftar menu makanan yang dijual di rumah makan Anda beserta dengan harga makanan tersebut
  6. Foto menu makanan yang dijual
  7. Foto rumah makan tampak dari luar, pastikan di luar restoran terdapat spanduk atau apapun yang memperlihatkan nama restoran Anda.
  8. Foto rumah makan tampak dari dalam, pastikan meja kasir, meja makan, serta dapur bisa terlihat.
  9. Foto logo rumah makan (jika ada)
  10. Foto buku rekening bank Anda atau bisa juga dengan tampilan e-banking. Pastikan untuk memfoto dengan jelas nomor rekening tersebut.

Yang Harus Diperhatikan saat Mendaftar GrabFood

Warung dan rumah makan yang sudah menjadi mitra GrabFood
Warung dan rumah makan yang sudah menjadi mitra GrabFood (asia.nikkei.com)

1. Titik Koordinasi Lokasi Usaha

Sebelum Anda mendaftarkan warung Anda ke GrabFood, Anda harus mengetahui lokasi restoran dengan benar agar sesuai dengan GPS.

Hal ini penting diketahui karena nantinya driver Grab akan mendatangi lokasi usaha Anda untuk memesankan makanan pembeli, jadi lokasi warung pada GPS harus benar.

Untuk menandai lokasi rumah makan di Google Maps, pertama buka aplikasi Google Maps di ponsel Anda. Lalu cari lokasi rumah makan, restoran, warung atau cafe Anda yang berupa titik koordinasi pada aplikasi Google Maps.

Setelah lokasi berhasil ditemukan, geser dan tahan pin yang berwarna merah hingga muncul keterangan “Dropped Pin” atau “Pin Dipasang”. Kemudian klik “Info Selengkapnya” di pojok kiri bawah.

2. Perhitungan pajak makanan

Jika makanan yang dijual tidak dibebani pajak, maka harga ditulis seperti harga sebenarnya. Jika makanan termasuk inclusive maka tulis harga setelah dikenai pajak.

Namun jika makanan ekslusif maka pembeli akan dikenai pembayaran pajak yang akan ditotalkan pada pesanan yang telah dibeli.

Semoga panduan cara daftar GrabFood di atas dapat memberikan wawasan Anda terutama Anda yang ingin menjadi mitra GrabFood. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *