Cara mendaftar driver GrabCar Cara mendaftar driver GrabCar

Cara dan Syarat Daftar Menjadi Driver GrabCar

Bagikan ke teman-teman Anda

Memiliki ladang pekerjaan dengan penghasilan baik merupakan cita-cita semua orang. Salah satu cara ladang pekerjaan dengan penghasilan baik yang dapat Anda coba salah satunya adalah dengan menjadi mitra GrabCar.

GrabCar merupakan salah satu layanan Grab berbasis ojek namun dengan mobil pribadi mitra. Sebelum itu ketahuilah cara dan syarat daftar GrabCar terlebih dahulu.

Testimonial driver yang sudah bergabung dengan GrabCar

Syarat Daftar GrabCar

Sebagai syarat pendaftaran GrabCar, Anda harus memenuhi persyaratan:

  1. Memiliki STNK asli sebagai bukti Anda memiliki mobil pribadi
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku
  4. Memiliki SIM A
  5. Memiliki asuransi kendaraan, dalam hal ini mobil
  6. Memiliki mobil maksimal telah berusia 5 tahun
  7. Mobil yang diprioritaskan adalah jenis MPV dan Family Car
  8. Memiliki e-mail
  9. Siap mengikuti ujian KIR/KEUR

1. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)

STNK wajib dimiliki calon mitra GrabCar karena digunakan sebagai bukti kepemilikan kendaraan. Selain itu STNK merupakan pegangan wajib seorang pengendara saat mengemudikan kendaraannya di jalanan umum.

Untuk mendaftar GrabCar, STNK yang difoto haruslah STNK asli, bukan fotokopian apalagi STNK asli yang di-scan. Fotolah dengan jelas dan tidak blur.

2. Surat Izin Mengemudi (SIM)

Jika STNK adalah bukti kepemilikan kendaraan, maka SIM merupakan surat yang menunjukkan bahwa pemilik kendaraan telah memenuhi registrasi dan identifikasi oleh Kepolisian Republik Indonesia.

SIM menunjukkan bahwa seorang pengendara telah mengerti mengenai aturan lalu lintas dan telah mampu/terampil dalam mengendarai kendaraan, dalam hal ini mobil.

Untuk bisa mendaftar GrabCar Anda harus memiliki SIM terutama SIM A atau SIM B. Fotolah SIM dengan jelas dan tidak buram atau blur, dan jangan mengunggah SIM yang merupakan hasil scan.

3. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

KTP merupakan identitas yang wajib digunakan ketika melamar suatu pekerjaan sebagai bukti identitas resmi kependudukan Anda di Indonesia.

Untuk mendaftar GrabCar pastikan untuk memfoto KTP asli bukan fotokopian yang jelas dan tidak blur. Pelamar haruslah berusia minimal 21 tahun dan maksimal berusia 55 tahun.

4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

SKCK yang diajukan oleh perusahaan berfungsi agar perusahaan bisa mengetahui mengenai catatan kepolisian Anda, apakah Anda pernah bermasalah dengan kasus hukum atau tidak.

Selain itu kelakuan baik Anda juga bisa terlihat di sini. Foto SKCK yang diunggah haruslah jelas, dan jika Anda melakukan pendaftaran langsung, bawalah SKCK asli dan fotokopian.

5. Mobil

Karena GrabCar merupakan layanan antar – jemput dengan mobil, sudah barang tentu jika calon mitra GrabCar harus memiliki mobil.

Kategori mobil yang memenuhi persyaratan adalah mobil yang dalam kondisi baik yang bisa dibuktikan selama ujian KIR. Selain itu umur mobil minimal adalah 5 tahun setelah pembelian, diutamakan adalah mobil jenis MPV atau family car.

6. Kriteria Smartphone

Smartphone merupakan syarat wajib daftar GrabCar selanjutnya. Karena berbasis online tentu pemilik kendaraan wajib mengetahui cara pengoperasian smartphone untuk aplikasi GrabCar. Pastikan smartphone Anda memiliki kapasitas RAM minimal sebanyak 1 GB.

7. Foto

Untuk melengkapi pendaftaran, foto yang harus diunggah adalah foto formal dengan background warna polos atau terdapat banner Grab. Wajah harus terlihat jelas dan posisi badan tidak miring dan harus tegak.

Keterangan di atas adalah untuk pendaftaran online.

Cara Daftar GrabCar

1. Cara Daftar Grab Offline

Untuk bisa mendaftar secara offline tentu Anda harus mendatangi alamat kantor Grab terdekat yang ada di wilayah domisili Anda.

Datanglah pada saat jam operasional berlangsung dengan membawa berkas-berkas yang telah disebutkan di atas seperti KTP, SIM, dan yang lainnya.

Setelah sampai di kantor, isilah formulir yang disediakan dan kemudian ikuti alurnya.

Cara Daftar Grab Online

Cara ini banyak digunakan oleh mitra GrabCar karena tidak perlu mengantre pada proses pendaftarannya. Anda dapat menggunakan smartphone atau komputer.

Sebelumnya persiapkan berkas yang menjadi syarat pendaftaran agar proses pendaftaran Anda berjalan lancar.

Pendaftaran secara online dapat dilakukan dimana saja dan kapan pun Anda ingin mendaftar.

Cara mendaftar GrabCar secara online adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi website resmi pendaftaran GrabCar.
  2. Isikan formulir yang tersedia secara online dengan identitas asli Anda meliputi nama, nomor handphone, wilayah domisili, jenis mengemudi (GrabCar).
  3. Klik kotak pada bagian “Saya menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku”
  4. Setelah data pengisian data selesai secara lengkap, klik “Daftar Sekarang”
  5. Tunggu hingga Anda mendapat SMS yang berisi link yang akan membawa Anda untuk melengkapi persyaratan pendaftaran. Jika sudah ada, klik link tersebut.
  6. Link berisi formulir baru yang mengharuskan Anda mengunggah berkas yang telah dijelaskan tadi berupa foto.
  7. Tunggu persetujuan dari pihak Grab dalam waktu 1 x 24 jam.
  8. Jika permohonan daftar Anda disetujui, Anda akan mendapatkan SMS yang berisi link untuk Online Training, dalam SMS tersebut juga terdapat ID dan Password untuk log in.
  9. Pergi ke kantor Grab terdekat jika Anda tidak menerima SMS atau link untuk meminta pengiriman ulang
  10. Selesaikan Online Training yang berisi topik dan quiz yang harus dijawab hingga Anda lulus. Jika belum lulus masih bisa mengulang hingga Anda bisa lulus
  11. Akun GrabCar Anda akan diaktifkan dalam waktu 24 jam setelah lulus dalam menyelesaikan Online Training
  12. Anda sudah siap bekerja

Setelah Anda menyelesaikan syarat daftar GrabCar beserta caranya, kini Anda telah memiliki akses untuk menggunakan GrabCar sebagai ladang penghasilan yang menjanjikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *