Apa Itu GoPay Coins? Cara Tukar, Syarat dan Keuntungan

GoPay Coins
GoPay Coins
Bagikan ke teman-teman Anda

Setelah melakukan merger, Tokopedia dan Gojek semakin mengembangkan usahanya dengan menambah fitur-fitur menarik yang bisa dinikmati oleh penggunanya. Salah satu fitur yang saat ini bisa kamu nikmati adalah GoPay Coins.

Berkat adanya merger tersebut pembayaran utama di Tokopedia kini berganti menjadi Gopay dari yang awalnya adalah OVO. Untuk bisa menggunakan metode pembayaran GoPay di aplikasi Tokopedia, kamu perlu mengaktifkan akun Gopay terlebih dahulu dan memasukkannya ke Tokopedia.

Setelah metode pembayaran GoPay sudah bisa digunakan untuk berbelanja di Tokopedia, kini kamu juga bisa menikmati fitur GoPay Coin.

Lalu, bagaimana cara memperoleh GoPay Coin tersebut dan bagaimana menukarkannya? Yuk simak selengkapnya di penjelasan yang akan dipaparkan di bawah ini.

Apa Itu GoPay Coins?

Apa sih GoPay Coins itu?
Apa sih GoPay Coins itu? (Gambar: gojek.com)

Sebelumnya, Tokopedia menjadikan OVO sebagai metode pembayaran yang utama, oleh sebab itu di aplikasi belanja online ini juga tersedia OVO Points. Namun, setelah melakukan merger dengan Gojek, metode pembayaran utama diubah menjadi GoPay .

Nah, karena metode pembayaran utama beralih ke GoPay , maka OVO Points ini sudah tidak tersedia dan digantikan oleh GoPay Coin. Jadi, fungsi GoPay Coin ini secara umum hampir sama dengan fungsi OVO Points di Tokopedia.

GoPay Coin adalah bentuk rewards dari pihak Tokopedia untuk pengguna yang telah melakukan transaksi di aplikasi tersebut. Namun, untuk memperoleh koin tersebut umumnya dibutuhkan kode voucher yang menandakan transaksi akan memperoleh cashback.

Nantinya GoPay Coin bisa digunakan untuk membayar belanjaan kamu di Tokopedia seperti halnya saldo GoPay. Adapun nilai 1 coin tersebut sama dengan Rp1,00.

Cara Tukar GoPay Coins

GoPay Coin umumnya tidak bisa ditukar menjadi saldo GoPay, namun bisa digunakan seperti halnya saldo GoPay untuk membayar transaksi, baik di Tokopedia maupun aplikasi Gojek. Untuk itu, di bawah ini hanya akan disediakan panduan untuk menggunakan GoPay Coin.

1. Menggunakan GoPay Coin untuk Transaksi GoCar / GoRide / GoBluebird

Jika  kamu ingin bepergian menggunakan transportasi online dari Gojek, kamu bisa memilih menggunakan GoRide untuk sepeda motor, GoCar untuk mobil, dan GoBluebird untuk taxi. Cara membayar transaksi transportasi Gojek dengan Gopay Coin yaitu:

  • Masukkan alamat penjemputan beserta alamat tujuan yang kamu inginkan. Lanjutkan dengan memilih metode pembayaran.
  • Jika saldo mencukupi, kamu bisa memakai GoPay Coin secara penuh untuk membayar transaksi tersebut.
  • Pastikan bahwa metode pembayaran GoPay Coin kamu sudah aktif. Jika sudah, klik kategori order yang kamu pilih, apakah GoRide, GoCar, atau GoBluebird.
  • Lanjutkan pemesanan transportasi dengan memilih GoPay Coin pada detail pembayaran.

2. Transaksi GoFood

Selain bisa digunakan untuk transaksi transportasi online, GoPay Coin juga bisa dipakai untuk transaksi GoFood. Berikut cara tukar GoPay Coins untuk pembayaran GoFood:

  • Pilih restoran dan tentukan alamat pengiriman.
  • Pilih makanan yang ingin kamu pesan, kemudian lanjutkan ke metode pembayaran.
  • Pilih GoPay Coin sebagai pilihan metode pembayaran, namun pastikan saldo mencukupi.
  • Jika metode pembayaran GoPay Coin sudah aktif maka pilihan tersebut akan tersedia.
  • Lanjutkan pemesanan dengan klik Order.
  • Kamu bisa melihat detail pembayaran setelah pesanan selesai.

3. Transaksi GoSend

Layanan berikutnya yang bisa menggunakan GoPay Coins sebagai metode pembayaran adalah GoSend. Cara menggunakan saldo Gopay Coin untuk membayar transaksi GoSend adalah:

  • Tentukan alamat pengiriman barang dan penjemputannya.
  • Pilih layanan GoSend yang ingin dipakai, kemudian pilih metode pembayaran GoPay Coin jika saldo mencukupi.
  • Jika sudah GoPay Coin sudah aktif, maka kamu bisa lanjut dengan klik Order GoSend.

4. Belanja di Tokopedia

Selain aplikasi Gojek, tentunya kamu juga bisa memakai GoPay Coin untuk transaksi di Tokopedia. Berikut cara yang bisa dipakai untuk membayar transaksi menggunakan GoPay Coin.

  • Lakukan checkout belanja kamu.
  • Pada pilihan metode pembayaran, geser toggle Pakai GoPay Coins kemudian klik Bayar.
  • Masukkan PIN GoPay kamu kemudian klik tombol Konfirmasi.
  • Pembayaran transaksi Tokopedia menggunakan GoPay Coin sudah berhasil.

Syarat dan Ketentuan GoPay Coin

Beberapa syarat dan ketentuan dalam penggunaan GoPay Coins
Beberapa syarat dan ketentuan dalam penggunaan GoPay Coins

Meskipun bisa dipakai untuk membayar semua transaksi di aplikasi Tokopedia maupun Gojek, pihak Gojek tetap memberlakukan syarat dan ketentuan dalam penggunaan GoPay Coin tersebut. Hal tersebut ditentukan berdasarkan kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi.

Berikut beberapa syarat dan ketentuan penggunaan GoPay Coin:

  1. GoPay Coin hanya disediakan oleh mitra platform resmi dari perusahaan Gojek yang bekerja sama dengan GoPay.
  2. GoPay Coin hanya bisa dipakai untuk transaksi di aplikasi Gojek maupun aplikasi mitra resmi Gojek, seperti Tokopedia.
  3. Penentuan kriteria yang berlaku dan jumlah GoPay Coin ditentukan oleh pihak GoPay untuk setiap transaksi yang memenuhi syarat.
  4. Jumlah GoPay Coin yang relevan akan diterbitkan kepada pengguna setelah menyelesaikan transaksi yang sesuai dengan syarat.
  5. Masa berlaku GoPay Coin adalah sejak diterbitkan sampai dengan periode validitas yang akan diberitahukan dari waktu ke waktu. GoPay Coin yang tidak digunakan sampai dengan akhir masa periode tersebut akan dinyatakan hangus.
  6. Untuk bisa mendapatkan saldo GoPay Coin, pengguna harus memiliki akun GoPay terlebih dahulu. Selain itu, untuk transaksi di luar akun GoPay, pengguna perlu menghubungkan akun GoPay dengan platform mitra resmi agar GoPay Coin dapat diterima.
  7. GoPay Coin hanya bisa digunakan satu kali dan tidak bisa ditukar dengan uang tunai, ditransfer, maupun ditarik kembali setelah digunakan.
  8. Pihak Gojek berhak menangguhkan atau membatalkan penerbitan maupun penukaran GoPay Coin dan membatalkan hak pengguna atas GoPay Coin jika terdapat sesuatu yang dicurigai atau terbukti melanggar syarat dan ketentuan yang berlaku.
  9. Pembaruan atau penghentian program GoPay Coin menjadi hak perusahaan Gojek. Adapun jika pengguna tidak setuju dengan perubahan maupun kebijakan perusahaan, maka dipersilakan bagi pengguna untuk menghentikan akses GoPay Coin.

Syarat dan ketentuan di atas harus dipahami dan dipatuhi setiap pengguna GoPay Coin. Bila GoPay Coin tidak bisa digunakan maka kemungkinan melanggar syarat dan ketentuan di atas.

Keuntungan GoPay Coins

Beberapa keuntungan memiliki GoPay Coins
Beberapa keuntungan memiliki GoPay Coins (Gambar: harianmerapi.com)

Memiliki GoPay Coin ini akan memberikan kamu banyak keuntungan, terutama jika hendak berbelanja di aplikasi Tokopedia. Hal ini karena sistem e-money dan e-coin seperti ini adalah salah satu strategi perusahaan Tokopedia agar pengguna lebih sering berbelanja di aplikasi tersebut.

Adapun keuntungan GoPay Coins yang bisa kamu rasakan adalah:

  1. GoPay Coin bisa dipakai sebagai metode pembayaran semua kategori transaksi yang dilakukan di Tokopedia.
  2. GoPay Coin dapat dipakai bersamaan dengan saldo GoPay maupun GoPay Later saat digunakan untuk membayar transaksi di Tokopedia melalui sistem split.
  3. Proses pembayaran sangat mudah dan juga cepat karena kamu hanya perlu memasukkan PIN GoPay saja.
  4. Dapat menjadi cara untuk menaikkan reward hingga ke tingkat Platinum di GoClub.

Selain keuntungan di atas masih banyak keuntungan yang bisa kamu rasakan ketika memakai GoPay Coins.

———————–

Informasi mengenai GoPay Coins di atas bisa dibaca dengan baik jika kamu memang tidak paham atau mengalami kendala dalam penggunaan namun tidak mengerti bagaimana mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.