Nujek, Ojek Online Buatan Santri NU

Bagikan ke teman-teman Anda

Bisnis transportasi online merupakan bisnis yang menggiurkan. Sehingga, tak heran jika ada beberapa aplikasi transportasi online yang bermunculan akhir-akhir ini untuk menjadi pesaing bagi dua transportasi online besar yang sebelumnya telah sukses. Salah satu aplikasi baru ini adalah Nujek Online.

Nusantara Ojek, atau disingkat Nujek, merupakan aplikasi transportasi online yang menawarkan berbagai keunggulan bagi pengguna ataupun mitra driver. Selain itu, fitur-fitur layanan dari aplikasi ini juga sangat lengkap, tak kalah dari dua layanan transportasi online raksasa yang sudah ada di Indonesia.

Meski masih dalam tahap perkembangan awal, namun layanan transportasi ini telah menunjukkan tren perkembangan positif. Untuk terus mengembangkan layanannya, Nujek pun masih membuka pendaftaran bagi driver yang ingin bergabung.

Sejarah Nujek Online

Nujek adalah aplikasi ojek online buatan santri Nahdlatul Ulama atau NU yang mulai diluncurkan pada tahun 2019. Pengurus Besar NU mengembangkan aplikasi ini dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan transportasi dan transaksi digital warga NU yang jumlahnya puluhan juta dan umat muslim pada umumnya.

Pada saat yang bersamaan, PBNU juga mengembangkan aplikasi lain yaitu, Nucash dan Kesan. Hal ini membuktikan bahwa organisasi agama ternyata juga dapat berkembang mengikuti tuntutan zaman guna memberi kenyamanan bagi warganya.

Untuk bisa bertahan di tengah persaingan jasa transportasi online, Nujek diluncurkan di banyak kota kecil di Indonesia, misalnya Gorontalo, Tuban, dan Tulungagung. Meski demikian, Anda juga dapat menemukan layanan aplikasi ini di kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya.

Hingga saat ini, Nujek telah tersedia di lebih dari 20 kota yang tersebar di Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. Rencananya, layanan ini nantinya akan tersedia di 60 kota. Di pertengahan tahun 2020, Nujek telah memiliki 20.000 mitra driver dan 100.000 pelanggan.

Keunggulan Nujek 

Aplikasi transportasi buatan santri NU ini menawarkan berbagai keunggulan bagi para penggunanya, sehingga mereka akan merasa nyaman dalam menggunakannya. Berikut keunggulannya:

Tarif Terjangkau

Tarif Nujek sangat bersahabat di kantong Anda. Tarif minimal atau 4 kilometer pertama hanyalah 7.000 rupiah. Tarif tersebut lebih murah daripada tarif terendah pada aplikasi transportasi online lainnya. Tarif Nujek yang terjangkau ini pasti akan membantu Anda menghemat uang transport.

Dapat Berlangganan dengan Driver Langganan

Salah satu fitur menarik dari Nujek adalah fitur berlangganan dengan driver langganan. Jika memiliki driver favorit atau merasa nyaman dengan driver tertentu, Anda dapat memilih untuk berlangganan dengan driver tersebut. Hal ini pasti akan  membuat Anda merasa lebih nyaman.

Dapat Memilih Driver Pria atau Wanita

Kenyamanan lain yang ditawarkan oleh Nujek adalah fitur memilih driver pria atau wanita. Fitur tersebut sangat cocok bagi umat Islam yang tidak ingin berkendara bersama driver yang bukan muhrim mereka. 

Jika Anda adalah wanita, Anda dapat memilih diantar atau dijemput oleh driver wanita, begitu pula sebaliknya. Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir sentuhan dengan mereka yang bukan muhrim selama berkendara.

Aplikasi Ringan

Aplikasi Nujek tidak akan membuat smartphone Anda lemot karena ukurannya hanya 5,6 MB. Selain tidak akan membuat smartphone lemot, Anda juga dapat menghemat kuota ketika mendownload dan mengoperasikan aplikasi ini.

Layanan Nujek

Berbagai layanan dapat Anda temukan di aplikasi Nujek. Layanan-layanan tersebut tak jauh beda dari aplikasi transportasi lainnya, yakni:

  1. Nujek Ride: layanan antar jemput dengan sepeda motor, kapasitas 1 penumpang.
  2. Nujek Taxi: layanan antar jemput dengan mobil, kapasitas penumpang maksimal 4 orang.
  3. Nujek Cargo: layanan jemput dan kirim paket, berat maksimal 150 kg dan dimensi maksimal 100x90x90 cm.
  4. Nujek Fast: layanan jemput dan kirim paket, berat maksimal 30 kg dan dimensi maksimal 30x30x30 cm.
  5. Nujek Food: layanan pesan antar minuman dan makanan, maksimal 20 porsi/order.
  6. Nujek Mart: layanan belanja kebutuhan sehari-hari, maksimal nilai order Rp500.000.
  7. Nujek Serv: layanan order jasa profesional, misalnya tukang.

Cara Daftar Driver Nujek

Jika Anda membutuhkan pekerjaan, menjadi driver Nujek dapat menjadi pilihan yang tepat. Cara daftar driver Nujek tidaklah sulit, yaitu:

  1. Siapkan persyaratan yang dibutuhkan, yaitu kendaraan bermotor, smartphone, SKCK, SIM, KTP, dan STNK.
  2. Unduh aplikasi Mitra Nujek. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan kompatibel dengan Android 4.2 (Jelly Bean).
  3. Setelah Nujek Driver terinstal, buka aplikasi tersebut dan pilih Registrasi.
  4. Masukkan nomor WA dan pilih opsi Verifikasi Lewat WA.
  5. Tunggu beberapa saat hingga Anda mendapat pesan WA berisi kode verifikasi.
  6. Isikan kode verifikasi pada kolom yang tersedia.
  7. Isi nama sesuai KTP dan e-mail Anda.
  8. Selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman login dan isi nomor WA Anda pada halaman login.
  9. Lakukan Verifikasi Akun dan isi data diri yang diminta oleh aplikasi, misalnya nama, NIK, dan alamat.
  10. Upload foto KTP dan foto diri.
  11. Kirim data mengenai STNK dan SIM melalui chat langsung dengan operator Nujek, caranya pilih Profil -> Setting -> Hubungi Kami.
  12. Tunggu proses pengaktifan akun. Jika akun telah aktif, Anda akan memperoleh notifikasi lewat WA.

Keuntungan Menjadi Driver Nujek

  1. Sistem bagi hasil yang menguntungkan driver, yaitu 85% untuk driver dan 15% untuk pengembang aplikasi.
  2. Selama masa trial, driver akan memperoleh saldo 50 ribu rupiah.
  3. Pemberian asuransi kesehatan dan bonus jika driver mencapai target yang ditentukan.

Nujek merupakan platform transportasi yang sama-sama menguntungkan pengguna dan drivernya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba menjadi pelanggan atau driver Nujek jika layanan aplikasi ini tersedia di kota Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.