Cara Kerja Algoritma dan Tips Dapat Banyak Orderan di Gojek

Kenali sistem algoritma Gojek untuk meningkatkan orderan driver.
Kenali sistem algoritma Gojek untuk meningkatkan orderan driver.
Bagikan ke teman-teman Anda

Beberapa waktu yang lalu, para driver Gojek sempat digemparkan oleh sistem prioritas Gojek terbaru. Pada saat itu, driver yang biasanya mendapat banyak orderan setiap hari, tiba-tiba mengalami penurunan order yang sangat drastis.

Di sisi lain, akun gagu atau driver yang biasa memperoleh sedikit order malah mengalami peningkatan. Hal ini menyebabkan banyak pemilik akun gacor merasa dirugikan dengan cara kerja algoritma terbaru dari Gojek ini.

Meski demikian, pihak Gojek mengatakan bahwa apa yang terjadi tersebut adalah sebuah kesalahan sistem. Dengan demikian, para driver yang memiliki akun prioritas tidak perlu terlalu mengkhawatirkan tentang sistem pemerataan order ini. 

Pihak Gojek secara bertahap akan mengembalikan sistem algoritma seperti sebelumnya. Sehingga, para driver tidak perlu melakukan adaptasi baru dan tetap dapat melakukan pekerjaan mereka seperti biasa.

Cara Kerja Algoritma Gojek 2021

Jika Anda adalah seorang driver Gojek, Anda perlu memahami cara kerja algoritma Gojek. Dengan memahaminya, Anda akan tahu mengapa seorang driver mendapat lebih banyak order daripada driver lainnya. 

Pada dasarnya, terdapat dua poin utama dalam cara kerja algoritma Gojek 2021, yakni:

  • Pembagian order dilakukan berdasarkan pada ketersediaan pesanan di suatu area ketika driver melakukan onbid. Sehingga, para driver Gojek dapat memperoleh order sesuai dengan lokasi tempatnya berada.
  • Pembagian order dipengaruhi oleh riwayat akun berdasarkan pada penyelesaian pesanan. Dengan demikian, driver yang memiliki riwayat akun positif akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk memperoleh banyak orderan.

Tips Mengikuti Sistem Prioritas Gojek Terbaru

Semua driver Gojek pasti ingin memperoleh banyak orderan, sehingga kebutuhan mereka dapat tercukupi. Sayangnya, tidak semua driver dapat memperoleh banyak orderan dalam sehari dikarenakan mereka tidak dapat mengikuti sistem prioritas Gojek. 

Akar dari permasalahan ini sebenarnya adalah ketidaktahuan mereka akan tips dan trik dalam mengikuti sistem tersebut.

1. Miliki Jam Kerja Konsisten

Guna meningkatkan kesempatan Anda dalam memperoleh order, sebaiknya Anda memiliki jam kerja yang konsisten. Jam kerja yang yang disarankan adalah 8 jam hingga 14 jam setiap hari. Jika Anda memiliki jam kerja ini, sistem pasti akan menilai akun Anda sebagai akun prioritas.

2. Mulai Kerja Pada Jam Sibuk

Akun yang memiliki riwayat yang baik akan menjadi prioritas dalam sistem algoritma Gojek. Untuk membangun riwayat tersebut, Anda perlu memperoleh banyak orderan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mulai bekerja pada jam-jam sibuk.

Jika Anda mulai onbid pada jam-jam tersebut, Anda pasti akan memiliki kesempatan besar untuk memperoleh banyak orderan. Jumlah orderan tersebut tidak hanya membuat akun Gojek Anda terlihat lebih baik, namun juga memberi Anda lebih banyak penghasilan.

3. Lakukan Penyelesaian Orderan dengan Baik

Jumlah orderan saja tidak cukup untuk membuat Anda sebagai seorang driver prioritas. Anda  juga perlu memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. Jika para pelanggan merasa puas dan senang dengan pelayanan Anda, mereka pasti akan memberi rating tinggi.

Semakin banyak rating tinggi yang Anda peroleh, maka semakin baik riwayat kerja Anda. Dengan demikian, akun Anda akan memperoleh kesempatan yang lebih besar untuk menjadi akun prioritas.

4. Jangan Pernah Membatalkan Orderan

Ada beberapa hal yang dapat membuat akun Anda memperoleh nilai yang buruk dalam algoritma Gojek. Salah satunya adalah pembatalan orderan. Sebaiknya Anda tidak melakukan pembatalan order, kecuali sangat terdesak untuk melakukannya.

5. Minta Pelanggan Memberi Rating Tinggi

Memberikan pelayanan yang baik akan memberi Anda kesempatan besar memperoleh rating tinggi dari pelanggan. Namun, jika ingin memastikan bahwa pelanggan memberi Anda banyak bintang, maka tak ada salahnya bagi Anda untuk minta pelanggan memberi rating tinggi.

6. Onbid di Area Ramai

Agar memperoleh banyak orderan, Anda tentu harus onbid di area yang kira-kira memiliki tingkat ketersediaan pesanan tinggi. Selain itu, jangan ragu untuk mengambil order jarak jauh. Dengan demikian, Anda akan mendapat order di mana saja Anda onbid.

Sekilas, bekerja sebagai  driver Gojek terkesan mudah. Akan tetapi jika Anda tidak tahu tips dan triknya, Anda tidak akan memperoleh banyak orderan setiap hari. Dengan begitu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana algoritma atau sistem prioritas Gojek bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.