Banyak sekali manfaat & fitur yang memudahkan mitra pada aplikasi GrabMerchant

GrabMerchant: Aplikasi Satu Atap dari Grab Untuk Mitra

Bagikan ke teman-teman Anda

Bagi pengguna aplikasi Grab, mereka dapat memesan makanan dengan mudah di aplikasi tersebut melalui GrabFood. Berbagai merchant tersedia menawarkan produk makanan dan jasa yang menarik. 

Jika Anda adalah pemilik bisnis makanan dan minuman, Grab merupakan platform yang tepat untuk ekspansi bisnis. Untuk memenuhi syarat menjadi merchant, Anda dan bisnis harus terdaftar di Grab Merchant.

Dengan platform ini, orang lain akan mudah melakukan order dari aplikasi Grab. Selain itu, pihak Grab sendiri dapat melakukan kontrol dan menyeleksi para merchant yang telah memenuhi syarat.

Jika Anda tertarik mengikuti dan bergabung di program ini, bagian selanjutnya akan membahas mengenai fitur, fungsi, dan cara daftar.

Mengenal Grab Merchant

Saat baru muncul, Grab masih membatasi layanan food delivery hanya di beberapa kota. Setelah itu, mereka mulai meningkatkan jangkauan hingga para merchant dan user bertambah.  Anda akan mudah menemukan merchant makanan di sekitar rumah bahkan ada yang sampai pelosok. 

Sebelum lanjut mendaftar, hal pertama yang perlu diketahui adalah platform ini lebih mendalam. Ini merupakan layanan yang khusus mengelola para merchant di Grab. Tanpa menjadi member dan terverifikasi, bisnis dan toko tidak akan muncul di aplikasi Grab versi user. Tentu saja, Grab sendiri sudah mempersiapkan aplikasi GrabMerchant yang khusus untuk keperluan tersebut.

Secara singkat, ini merupakan platform atau layanan khusus untuk merchant sehingga lebih teratur. Selain itu, Grab mudah memantau dan melakukan tracking agar order dari pengguna tidak bermasalah. Fungsi lain adalah legalitas yaitu mereka yang telah menjadi merchant pasti terbukti sah sebagai badan usaha dan bisnis.

Fungsi dan Fitur Yang Ada di GrabMerchant

Aplikasi GrabMerchant hadir dengan fitur-fitur yang memudahkan.
Aplikasi GrabMerchant hadir dengan fitur-fitur yang memudahkan.

Berikut ini adalah beberapa fitur-fitur utama yang ada di aplikasi GrabMerchant.

Akun untuk merchant

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ini merupakan akun dan platform khusus untuk merchant terutama yang menawarkan produk di GrabFood. Para user akan menemukan toko, restoran, dan bisnis Anda saat membuka aplikasi.

Cek penjualan

Fitur lain adalah cek penjualan yaitu menerima dan menjalankan order. Saat user memilih suatu produk misalnya makanan, aplikasi milik merchant akan menerimanya lalu sebagai acuan untuk memenuhi order tersebut. Semua penjualan dan transaksi yang terkait merchant pasti menggunakan platform ini.

Tambah dan update produk

Misalnya Anda sudah berhasil daftar GrabMerchant, ada syarat untuk melengkapi foto dan menu. Ini adalah tahap awal yaitu memastikan bisnis memang memiliki produk yang siap jual dan customer dapat melakukan order. Pastikan foto yang diunggah adalah representasi asli dari produk.

Di sisi lain, bisnis seperti makanan harus berinovasi dengan produk baru. Di aplikasi khusus merchant, Anda cukup menambah dan edit beberapa produk baru termasuk upload foto. Fitur ini sangat penting agar customer mengetahui apa saja makanan dan minuman yang memang disediakan dari merchant.

Mengetahui omset

Seperti yang diketahui sebelumnya, semua transaksi merchant berlangsung di aplikasi tersebut. Selain order, Anda juga mengetahui total penjualan serta detail lain. Aplikasi ini juga berfungsi untuk analisis transaksi dan mengetahui informasi penting lain terkait bisnis.

Marketing

Fungsi dan fitur yang lain adalah marketing. Sebagai merchant, Anda perlu menggunakan aplikasi tersebut secara optimal. Mereka memberikan diskon atau penawaran lain yang menarik bahkan termasuk cashback.

Merchant dapat mengubah  harga agar menyesuaikan dengan kompetitor. Sebagai merchant yang legal dan terpercaya, Anda bahkan diajak ikut serta pada program promo dari Grab.

Penjelasan diatas menunjukkan fitur dan keunggulan memakai aplikasi ini. Para merchant juga wajib mematuhi ketentuan yang berlaku agar kerjasama dengan Grab terus berlanjut. Bagian berikutnya akan membahas daftar GrabMerchant.

Cara Daftar Grab Merchant

Silahkan mengikuti panduan di bawah ini untuk melakukan pendaftaran Grab Merchant.

1. Unduh dan install aplikasi

Download aplikasi GrabMerchant dari Google PlayStore
Download aplikasi GrabMerchant dari Google PlayStore

Anda segera membuka PlayStore untuk pengguna Android. Cari aplikasi GrabMerchant lalu install. Pastikan perangkat yang dipakai sudah kompatibel sehingga tidak memiliki masalah saat proses instalasi. Tunggu beberapa saat hingga proses ini selesai.

Fyi, hingga saat artikel ini kami buat GrabMerchant baru tersedia di platform Android saja, mungkin ke depannya akan tersedia juga AppStore untuk platform iOS.

2. Registrasi awal

Langkah pendaftaran akun GrabMerchant
Langkah pendaftaran akun GrabMerchant

Tahap awal adalah membuat akun yaitu mengisi informasi dasar. Calon merchant wajib menuliskan semuanya dengan benar. Data yang dimaksud adalah username, email, nomor telepon, kategori bisnis, dan password.

Selanjutnya, aplikasi membutuhkan verifikasi untuk memastikan akun yang dibuat berasal dari user yang valid. Pastikan nomor telepon yang digunakan tetap aktif untuk menerima kode.

3. Registrasi bisnis

Tahap berikutnya adalah registrasi bisnis dimulai dari memilih tipe. Grab menyediakan berbagai opsi seperti perusahaan pribadi, yayasan, PT, dan lainnya. Anda wajib memilih yang benar dan segera tekan Confirm.

Selanjutnya, Anda diarahkan ke halaman untuk mengisi detail mengenai bisnis tersebut. Data yang dibutuhkan adalah toko, produk, layanan, dan alamat. Setelah itu, merchant juga perlu melengkapi data diri pemilik jika bisnis pribadi atau informasi yang berkaitan dengan perusahaan. Setelah itu, aplikasi juga memerlukan data rekening untuk kebutuhan transaksi.

4. Melengkapi dokumen dan aspek legal lain

Siapkan dokumen yang dibutuhkan untuk aktivasi.
Siapkan dokumen yang dibutuhkan untuk aktivasi.

Bagian terpenting saat daftar di aplikasi GrabMerchant yaitu melengkapi dokumen. Data mengenai toko dan legalitas harus segera di upload pada aplikasi tersebut.

Anda wajib mengirim data yang benar. Hal yang sama juga berlaku untuk informasi mengenai toko atau restoran. Legalitas merupakan aspek penting agar lolos verifikasi.

5. Foto dan lokasi

Bagi yang mendaftar untuk program GrabFood, foto dan lokasi tidak boleh lupa. Merchant mempersiapkan foto-foto terkait bisnis termasuk menu. Setelah itu, tambahkan keterangan harga, judul, dan lainnya.

Secara umum, informasi yang detail sangat berguna bagi user sebelum order. Jadi, Anda sebagai merchant wajib memberikan informasi tersebut karena berhubungan dengan kredibilitas dan reputasi.

Secara umum, restoran memerlukan data mengenai harga dan jam buka. Anda bebas mengatur bagian ini sesuai dengan tipe bisnis yang memang sedang berjalan. Para merchant tidak perlu takut jika data yang sudah masuk tidak dapat diubah. Di aplikasi ini, ada fitur update dan lainnya untuk memastikan produk tersedia.

6. Aktivasi QR di OVO

Selanjutnya, Anda hanya perlu aktivasi ovo yang nanti dipakai untuk pembayaran. Untuk menjadi merchant, pastikan akun ovo sudah di upgrade sehingga dapat digunakan untuk transfer dan terima uang.

Seperti yang diketahui bersama, Grab adalah mitra ovo yang berfungsi untuk proses transaksi. Jadi, Anda perlu dua aplikasi tersebut dan segera penuhi semua syarat agar pengajuan merchant diterima.

Proses daftar telah selesai lalu tunggu review dan keputusan. Pihak Grab akan melakukan pengecekan untuk memastikan semua data, dokumen, dan foto memang benar.

Misalnya, restoran terletak di lokasi tertentu maka checking yang cepat adalah dari peta digital. Agar lolos, Anda wajib memasukan  bisnis di peta tersebut termasuk data lain. Ini merupakan cara agar peluang diterima lebih besar.

Grab Merchant terbukti memiliki banyak manfaat terutama bagi para merchant yang bergabung di Grab. Platform ini memberikan akses luas bagi para pemilik bisnis dan usaha untuk melakukan ekspansi agar menjangkau banyak konsumen. Yang terpenting adalah sudah terdaftar sebagai merchant dan terus berinovasi agar menarik lebih banyak customer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.