Contoh Surat Kuasa STNK Untuk Daftar Gojek dan Grab

Contoh surat kuasa yang perlu Kamu ketahui jika ingin daftar Grab dan Gojek
Contoh surat kuasa yang perlu Kamu ketahui jika ingin daftar Grab dan Gojek
Bagikan ke teman-teman Anda

Grab dan Gojek merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang transportasi online dan sudah banyak yang menggunakannya khususnya di Indonesia. Hanya bermodalkan surat kuasa STNK dan SIM Anda sudah bisa menjadi seorang pengemudi Gojek atau Grab

Surat kuasa untuk STNK ini sangat penting apabila Anda mengendarai kendaraan yang bukan milik sendiri maka harus menggunakan surat kuasa. Surat kuasa untuk Grab dan Gojek sebenarnya hampir sama akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui hal tersebut. 

Banyak pengemudi yang menggunakan kendaraan bermotor dan tidak memakai nama sendiri, misalnya memakai nama istri atau keluarga lainnya. Kendati demikian Anda harus menyiapkan surat kuasa terlebih dahulu sebelum mendaftar ke Gojek atau Grab. 

Kedua surat kuasa tersebut sebenarnya tidak ada bedanya dan proses pembuatannya juga lumayan cepat. Anda tinggal mempersiapkan dokumen berupa STNK saja dan identitas pendukung seperti KTP lalu bisa diurus langsung. 

Contoh Surat Kuasa untuk Daftar Gojek (GoCar & GoRide) dan Grab (GrabCar & GrabBike)

Banyak yang bertanya mengenai bagaimana contoh surat kuasa STNK untuk mendaftar Grab dan Gojek karena masih awam. Akan tetapi sebelum Anda membuat surat kuasa tersebut ada baiknya untuk mengetahui informasi di bawah ini. 

Format Surat Kuasa STNK yang Benar

Sebelum memutuskan untuk membuat surat kuasa ada baiknya mengetahui apa saja format atau bagian dari surat kuasa yang penting untuk diketahui. Pada bagian atas tentu saja berisi tulisan “Surat Kuasa” kemudian berisi data-data yang bertanda tangan di surat tersebut. 

Ada data diri berupa nama, tempat tanggal lahir, kewarganegaraan, pekerjaan, alamat dan nomor KTP. Data diri yang sama juga diperlukan selaku penerima surat kuasa, data diri ini penting sekali karena nantinya akan dilampirkan dalam surat. 

Kemudian beralih ke bagian berikutnya yaitu berisi tentang data kendaraan motor atau mobil. Data-data tersebut berupa merk atau tipe kendaraan, jenis atau model kendaraan, tahun perakitan atau pembuatan, isi silinder, warna KB, nomor rangka atau NIK, nomor mesin, nomor BPKB dan warna TNKB.

Pada bagian penutup surat berisi kalimat penutup yang singkat dan jelas kemudian karena ini adalah surat kuasa untuk daftar Gojek yang sifatnya resmi maka wajib menambahkan tanda tangan dari pemberi dan penerima kuasa. 

Jangan lupa untuk mengisi pada bagian tanggal diberlakukannya surat kuasa tersebut. Setelah proses pembuatan surat kuasa selesai, maka Anda bisa langsung membawanya untuk mendaftar sebagai pengemudi Gojek atau Grab. 

Contoh Surat Kuasa STNK Untuk Grab dan Gojek

Setelah mengetahui apa saja format atau bagian dari isi surat kuasa berikutnya adalah contoh surat kuasa baik digunakan untuk mendaftar Gojek atau Grab. Di bawah ini ada beberapa contoh yang bisa Anda tiru. 

1. Contoh Surat Kuasa

Surat Kuasa

Yang bertanda tangan di bawah ini (pihak pertama) sebagai berikut: 

Nama : Wahyudi 

Alamat : Jalan Hayam Wuruk Nomor 2 Makassar 

No KTP : 5176890475937

Dengan ini memberikan kuasa untuk menggunakan kendaraan sebagai sarana transportasi online (GrabBike) sebagai berikut: 

Merk : Yamaha 

Jenis kendaraan : Freego 

Tahun Pembuatan : 2022

Nomor Polisi : F1029

Kepada pihak kedua sebagai peminjam: 

Nama : Irsyad 

Alamat : Jalan Hayam Wuruk Nomor 2 Makassar 

Nomor KTP : 57183904728404

Demikian surat kuasa ini dibuat untuk dipergunakan dengan sebagaimana mestinya 

Pihak Kedua Makassar, 16 Juli 2022

Irsyad Wahyudi

2. Contoh Surat Kuasa Grab

Namun apabila Anda ingin melamar pekerjaan sebagai pengemudi GrabCar maka contoh surat kuasa STNK Grab sama seperti di atas akan tetapi ada bagian yang diubah yaitu sebagai berikut:

Surat Kuasa

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Naila Kamila 

NIK : 567830579293

Alamat : Jalan Ahmad Yani Nomor 2 Jakarta 

Dengan ini memberikan kuasa penuh untuk menggunakan mobil sebagai sarana transportasi online (GrabCar) dengan identitas mobil sebagai berikut: 

Merk : Toyota

Tipe Kendaraan : Yaris 

Tahun Pembuatan : 2019

Nomor Polisi : B 576 SUB 

Kepada peminjam calon pengemudi GrabCar: 

Nama : Intan Sahara 

NIK : 73820729203048

Alamat : Jalan Cinderella Nomor 12 Jakarta 

Segala resiko atau kejadian yang apabila terjadi ketika berada di jalan raya sangat mengemudikan kendaraan di atas maka hal tersebut menjadi tanggung jawab peminjam sepenuhnya. 

Demikian surat kuasa ini dibuat dengan sebenar-benarnya dalam keadaan sadar dan sehat serta tidak karena adanya unsur paksaan dari pihak manapun agar bisa dipergunakan dengan sebagaimana mestinya sebagai pengemudi transportasi online GrabCar. 

Jakarta, 30 April 2018

Pemberi Kuasa, Penerima Kuasa,

Naila Kamila Intan Sahara 

3. Contoh Surat Kuasa GoJek

Jika Anda tertarik ingin melamar pekerjaan sebagai pengemudi Gojek maka bisa melihat contoh surat kuasa berikut ini. 

Surat Kuasa

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Yayan 

Alamat : Jalan Mataram 03 Denpasar Bali 

Umur : 60 Tahun 

Nomor KTP : 517849037585

Pekerjaan : Service AC 

Memberikan kuasa seutuhnya pada 

Nama : Joni Armada

Alamat : Jalan Mataram 04 Denpasar Bali 

Umur : 40 tahun 

No KTP : 51795038502

Pekerjaan : Serabutan 

Demikian surat kuasa ini dibuat agar bisa digunakan sebagaimana mestinya untuk melamar pekerjaan sebagai pengemudi transportasi online (Gojek). Jika mengalami masalah di kemudian hari maka sepenuhnya menjadi tanggung jawab penerima kuasa. 

Denpasar, 11 Maret 2020

Pemberi Kuasa, Penerima Kuasa,

Yayan Joni Armada 

Penutup 

3 contoh surat kuasa STNK untuk daftar Grab di atas bisa menjadi acuan Anda yang ingin melamar sebagai driver. Tidak sulit untuk membuat surat kuasa akan tetapi jangan lupa untuk membubuhi materai di bagian tanda tangannya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.