Cara melakukan pengecekan resi Shopee Express beserta keterangan status pengirimannya. Cara melakukan pengecekan resi Shopee Express beserta keterangan status pengirimannya. (Gambar: id.techinasia.com)

Cara Cek Resi Shopee Express & Penjelasan Status Pengirimannya

Bagikan ke teman-teman Anda

Shopee Express merupakan jasa kirim yang dikelola oleh Shopee. Layanan ini menawarkan sejumlah pilihan pengiriman, seperti Express Standard dan Express Instant. Selain memberikan pengiriman yang cepat dan aman, tersedia pula layanan cek resi Shopee Express untuk melacak keberadaan paket.

Jika kamu termasuk konsumen yang sering menggunakan jasa Shopee Express, ada baiknya kamu mempelajari cara mengecek resi pesanan. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi menebak-nebak kapan paket akan sampai ke tujuan.

Penasaran dengan cara mengecek resi Shopee Express? Terus simak pembahasan berikut ini. Di sini kamu akan menemukan ulasan lengkap mengenai cara mudah lacak resi Shopee Express serta keterangan status pengiriman yang mudah dipahami.

Cara Gampang Lacak Pesanan Shopee

Untuk melacak status pesanan, tidak ada perbedaan untuk layanan Express Standard, Instant, Sameday, dan Hemat. Pengguna jasa pengiriman ini bisa mengakses situs resmi Shopee Express dan memasukkan nomor resi untuk mengetahui keberadaan parsel pesanan.

Sayangnya belum banyak yang mengetahui cara pelacakan ini. Jika kamu termasuk salah satunya, perhatikan langkah mudah berikut ini:

  1. Kunjungi situs resmi cek resi Shopee Express di https://spx.co.id/
  2. Masukkan nomor resi yang ingin dilacak di kolom yang tersedia.
  3. Klik tombol Track untuk memulai pelacakan.
  4. Tunggu hingga proses pelacakan selesai.
  5. Halaman akan menampilkan lokasi beserta status parsel secara detail.

Bingung menentukan nomor resi? Resi Shopee Express biasanya terdiri dari 14 digit angka. Kamu bisa mendapatkannya dari penjual atau melihat di informasi pengiriman Shopee.

Tracking pesanan Shopee Express sangat mudah bukan? Kini kamu tidak perlu lagi cemas menunggu kapan paket akan sampai. Cukup lacak keberadaan parsel dan tunggu dengan sabar.

Status Pengiriman Shopee Express

Contoh hasil pengecekan resi Shopee Express
Contoh hasil pengecekan resi Shopee Express

Ketika mengecek pesanan, kamu akan melihat lokasi dan status paket secara rinci. Agar mempermudah pemantauan, kamu harus tahu arti masing-masing status yang dicantumkan. Biasanya status pelacakan ditulis dalam bahasa Inggris, jadi butuh waktu ekstra untuk memahaminya.

Tapi tidak perlu khawatir. Jika kamu tidak memahami bahasa Inggris namun ingin mengetahui arti status pesanan, berikut ini daftar status yang perlu diketahui:

StatusPenjelasan
Order has been createdStatus ini berarti pesanan sudah dibuat oleh penjual tapi belum diantar ke counter pengiriman.  Biasanya status ini muncul beberapa saat setelah pembayaran dikonfirmasi.
The order has been taken by the CourierKetika melakukan tracking dan menemukan status ini, berarti pesanan kamu sudah dijemput oleh kurir. Artinya perjalanan paket kamu sudah dimulai. Jika menggunakan Shopee Express Instant, kamu tinggal menunggu datangnya paket ke alamat tujuan.
Your parcel has arrived at destination hubSetelah paket diterima oleh kurir, status akan berubah seperti yang tertera di atas. Status ini berarti pesanan telah sampai di tempat sortir daerah tertentu. Biasanya status ini ditemukan jika menggunakan layanan Express Standard dan Hemat.
Courier is delivering your ParcelSaat status berubah menjadi seperti ini, kamu boleh merasa lega. Pasalnya kurir sedang dalam perjalanan ke rumah kamu untuk mengantarkan paket pesanan. Pastikan rumah tidak ditinggalkan dalam keadaan kosong agar paket diterima dengan baik.
Order has been deliveredSetelah kamu menerima paket, status pengiriman akan berubah. Status ini berarti parsel sudah berhasil terkirim dan sampai ke tangan pembeli.

Itulah beberapa status yang paling sering muncul saat pelacakan. Kata-kata yang ditampilkan saat tracking mungkin berubah sewaktu-waktu. Meskipun begitu, maksud dari status tersebut tetaplah sama, jadi kamu tidak perlu bingung jika menemukan sedikit perbedaan.

Dalam kondisi tertentu, mungkin kamu menemukan status yang tidak sama dengan daftar di atas. Selain menunjukkan lokasi paket, terkadang status pengiriman juga menginformasikan kondisi paket misalnya hilang atau ditolak oleh pembeli. Berikut ini beberapa status yang juga perlu kamu tahu:

StatusPenjelasan
Incomplete addressJika kamu menemukan status ini saat tracking, hampir bisa dipastikan paket tidak akan sampai ke rumah kamu. Pasalnya alamat tidak lengkap sehingga lokasi tujuan menjadi tidak akurat. Untuk menghindari hal ini, pastikan alamat yang kamu masukkan ke akun Shopee benar-benar lengkap.
Inaccessible locationSelain alamat tidak lengkap, lokasi yang tidak dapat diakses juga menjadi kendala tersendiri saat pengiriman paket. Penyebabnya bisa beragam, misalnya bencana alam atau kerusuhan di daerah tertentu. Jika status ini muncul saat kamu mengecek resi, segera hubungi customer service.
Item lostStatus yang satu ini memang cukup mengecewakan karena ini berarti paket kamu telah hilang. Biasanya paket yang hilang disebabkan oleh kelalaian kurir. Segera hubungi customer service untuk tindakan lebih lanjut.
Rejected by buyerPada beberapa kasus, pembeli menolak untuk menerima paket yang datang karena tidak sesuai dengan pesanan. Dalam kondisi ini, biasanya status pengiriman akan berubah menjadi rejected by buyer.
Your parcel is on-holdTidak perlu cemas jika status tracking menampilkan keterangan yang satu ini. Status ini berarti paket kamu masih disimpan karena alasan yang tertera, misalnya salah alamat atau penerima tidak dikenal di lokasi. Segera hubungi layanan Shopee Express.
Damaged itemStatus ini berarti paket mengalami kerusakan sejak pengiriman dan bukan karena kesalahan pembeli. Jika mendapatkan status ini, kamu bisa menghubungi customer service Shopee Express.

Melacak resi Shopee Express sangat mudah bukan? Selain mengetahui cara mudah melacak paket, kamu juga lebih tahu tentang keterangan masing-masing status. Kini tidak perlu lagi bingung saat menunggu pesanan karena kamu bisa memantau lokasi keberadaan parsel tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.