Cara melakukan top up atau transfer saldo OVO menggunakan BRI

Cara Top Up Saldo OVO di BRI Melalui ATM, BRImo dan Internet Banking

Bagikan ke teman-teman Anda

OVO merupakan dompet digital yang menyimpan uang kamu dalam bentuk aplikasi di ponsel. Cara untuk menggunakan OVO sendiri sangat mudah selama ada saldo di dalamnya. Kamu hanya perlu melakukan top up OVO via BRI baik melalui ATM, internet banking maupun SMS banking.

Dengan OVO, maka kamu bisa lebih mudah berbelanja online, melakukan pembayaran berbagai tagihan  atau sekedar mengisi pulsa. OVO memudahkan kamu untuk melakukan transaksi apapun dengan hanya mengunduh aplikasinya di Google Play Store maupun App Store.

OVO adalah aplikasi e-wallet yang jauh lebih aman daripada harus membawa uang secara fisik kemanapun kamu pergi. Setiap transaksi menggunakan kode dan terenkripsi dengan sangat aman.

OVO memungkinkan transaksi pembayaran apapun bisa diselesaikan secara instan. Dengan beberapa klik saja, kamu tidak perlu lagi menunggu dalam antrian panjang atau pergi ke ATM untuk melakukan pembayaran tagihan atau transaksi keuangan lainnya.

Ya, OVO dapat digunakan untuk berbagai transaksi keuangan seperti pembayaran tagihan listrik, air, telepon, internet, membeli tiket penerbangan, bus atau kereta api, membeli tiket film, membeli pulsa dan bahkan mentransfer uang ke bank lain.

Nah, kalau kamu ingin sekali merasakan asyiknya bertransaksi dengan aplikasi OVO, maka pastikan kamu selalu rajin melakukan top up, ya! kamu bisa memanfaatkan BRI untuk melakukan top up saldo OVO, bagaimana ya caranya?

Cara Top Up OVO di ATM BRI

Bagi kamu yang tidak memiliki internet banking ataupun mobile banking dari BRI, maka manfaatkan saja ATM untuk top up saldo ovo, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Carilah gerai ATM BRI paling dekat dengan domisili kamu.
  2. Jika sudah menemukan gerai ATM BRI, maka kamu bisa memasukkan kartu ATM beserta PIN kamu.
  3. Setelah itu kamu bisa memilih menu bertuliskan “Transfer“.
  4. Selanjutnya adalah pilih opsi “Bank Lain“.
  5. Kemudian kamu bisa memilih opsi “Bank Nobu” atau bisa memasukkan kode bank Nobu yakni 503.
  6. Setelah itu kamu bisa masukkan angka 9 plus nomor ponsel OVO kamu, misal 90887587545.
  7. Jika sudah, maka masukkan nominal yang hendak kamu transfer dari kartu ATM BRI ke OVO.
  8. Ketik “Ya” untuk melanjutkan proses transaksi dan tunggu sampai ada notifikasi bahwasannya proses transfer kamu berhasil.

Sekedar informasi saja bahwasannya biaya top up OVO di BRI ini akan dikenakan administrasi Rp6500 per transaksinya, ya karena masuknya adalah transaksi ke lain bank. Jadi, wajar jika biaya administrasinya cukup mahal.

Cara Top Up OVO Melalui Internet Banking BRI

Tampilan halaman website internet banking BRI
Tampilan halaman website internet banking BRI

Selain memanfaatkan kartu ATM, kamu juga bisa menggunakan website internet banking BRI. Hadirnya internet banking BRI sangat memudahkan penggunanya.

Dengan internet banking BRI, kamu dapat memeriksa saldo, melakukan pembayaran online, mentransfer uang antar rekening dan tentunya top up saldo OVO. Adapun cara untuk top up saldo OVO dari internet banking BRI sendiri adalah:

  1. Bukalah browser dan klik situs https://ib.bri.co.id/ib-bri/.
  2. Setelah itu kamu bisa memasukkan user ID, password dan validasi berupa kode yang ada di kolom bertuliskan “Validation“.
  3. Setelah semua kolom terisi, maka kamu bisa klik tulisan “Masuk“.
  4. Jika kamu sudah masuk ke halaman utama internet banking BRI, maka kamu bisa memilih menu bertuliskan “Transfer ke Bank Lain“.
  5. Pilihlah opsi  “Bank Nobu“, masukkan angka 9 dan nomor ponsel akun OVO kamu, misal 90877856764.
  6. Setelah memasukkan nomor telepon, kamu bisa pilih menu bertuliskan “Tambah Sebagai Tujuan Baru” dan beri nama, misal “OVO Budi”.
  7. Jika sudah memberikan nama, maka kamu bisa pilih opsi “Konfirmasi“.
  8. Masukkan jumlah uang yang ingin kamu top up dari internet banking BRI.
  9. Setelah memasukkan sejumlah uang, maka situs akan melakukan konfirmasi atas transaksi yang kamu lakukan.
  10. Cek kembali nomor telepon kamu dan nominalnya, jika sudah sesuai maka tekan “Ya“.
  11. Tunggu notifikasi yang menunjukkan bahwasannya proses transaksi internet banking BRI ke akun OVO kamu telah berhasil.

Kalau kamu hendak top up OVO melalui internet banking BRI, maka biaya administrasi yang harus dikeluarkan adalah Rp1000 untuk satu kali transaksi top up. 

Cara Top Up OVO Melalui BRImo (BRI Mobile)

Tampilan antar muka aplikasi BRImo milik BRI
Tampilan antar muka aplikasi BRImo milik BRI

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk melakukan top up OVO melalui BRI adalah dengan memanfaatkan aplikasi mobile bankingnya. BRImo atau BRI Mobile adalah aplikasi mobile banking yang memberikan kamu akses mudah untuk dapat melakukan hampir semua transaksi keuangan.

Aplikasi BRImo dapat kamu download melalui Google PlayStore untuk Android serta di AppStore untuk iOS.

Jika kamu bepergian dan ingin mentransfer uang dari satu rekening ke rekening lain, kamu tidak perlu mencari kantor cabang BRI dan menunggu antrian. Kamu dapat mengirim uang ke bank lain melalui mobile banking ini.

Manfaat lain dari mobile banking adalah kamu memiliki akses 24/7 ke akun kamu, yang memungkinkan untuk mengawasi keuangan kamu. Mobile banking BRI memudahkan kamu untuk dapat memantau pengeluaran kamu secara teratur.

Selain itu, BRI Mobile juga memudahkan kamu untuk melakukan top up OVO. Wah, bagaimana ya cara untuk melakukan top up ke e-wallet OVO dengan menggunakan BRI Mobile ini?

  1. Pastikan kamu sudah mempunyai akun BRI Mobile dan bukalah aplikasinya di smartphone.
  2. Masukkan user ID dan juga PIN untuk bisa masuk ke aplikasi BRI Mobile.
  3. Jika sudah masuk ke halaman aplikasi BRI Mobile, maka kamu bisa memilih opsi “Pembelian“.
  4. Klik opsi “BRIVA“.
  5. Ketika ada kolom yang bertuliskan “Dari Rekening“, maka kamu bisa memilih rekening mana yang hendak kamu gunakan untuk top up OVO. Untuk langkah ini berlaku jika memang kamu mempunyai nomor rekening BRI lebih dari satu. Apabila kamu hanya mempunyai satu nomor rekening BRI saja, maka opsi pilihan ini tidak akan muncul di aplikasi selama kamu melakukan transaksi top up.
  6. Setelah kamu menekan opsi “BRIVA“, maka kamu akan diminta untuk memasukkan nomor BRIVA “88099 dan nomor tujuan“. Contohnya seperti 88099087657676.
  7. Cek sekali lagi nomor telepon kamu dan jika sudah benar, maka tekan “OK“.
  8. Masukkan sejumlah uang yang hendak kamu top up ke OVO.
  9. Setelah itu, aplikasi akan menampilkan konfirmasi transaksi top up OVO kamu dengan menginformasikan nama OVO dan nominal yang hendak ditransfer. Tekan “Ya” untuk lanjut ke proses berikutnya.
  10. Aplikasi akan meminta kamu memasukkan password BRI mobile.
  11. Masukkan password kemudian tekanlah tombol “KIRIM”.
  12. Tunggu beberapa detik sampai aplikasi menampilkan notifikasi bahwasannya proses top up OVO kamu berhasil.

Kalau kamu menggunakan bank lain kamu juga bisa lho melakukan top up OVO lho, misalnya top up OVO menggunakan BCA.

Sama halnya dengan internet banking BRI, biaya administrasi yang diberlakukan untuk top up OVO via mobile banking adalah Rp1000.

Baik kamu hendak top up saldo OVO dengan mesin ATM, internet banking ataupun mobile banking BRI, fasilitas dari BRI ini akan selalu memudahkan kamu untuk melakukan transaksi kapanpun kamu mau. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.