Cara menjadi Power Merchant di Tokopedia Cara menjadi Power Merchant di Tokopedia (Gambar: tokopedia.com)

Ampuh! Cara Menjadi Power Merchant Tokopedia

Bagikan ke teman-teman Anda

Siapa yang tidak tahu Tokopedia? Aplikasi yang dapat dipakai untuk membeli barang-barang seperti baju, make up, dan perlengkapan lainnya jika Anda sebagai customer namun menjadi tempat berjualan online apabila sebagai penjual.

Di Tokopedia ada istilah Power Merchant Tokopedia yaitu sebuah sistem keanggotaan khusus seller Tokopedia yang memberikan penawaran beragam jenis fitur eksklusif untuk bantu meningkatkan penjualan dan tingkat kepercayaan dari pembeli terhadap produk yang dijual oleh seller.

Power Merchant sendiri sudah banyak yang membuktikan dalam memberikan beberapa keuntungan menarik bagi penjual. Selain itu hanya sekitar 1% saja untuk biaya pemotongan dari Tokopedia untuk setiap produk yang dijual. Tentu hal ini cukup worth it bagi para penjual atau seller terlebih yang masih baru. Namun, untuk mendapatkannya harus mengetahui terlebih dahulu cara menjadi Power Merchant Tokopedia.

Bagaimana Cara Menjadi Power Merchant di Tokopedia Tanpa Ada Biaya Bulanan?

Banyak dari penjual online yang berusaha tergabung menjadi anggota Power Merchant Tokopedia. Hal itu dikarenakan layanan ini akan memberikan kemudahan dengan beragam jenis fasilitas eksklusif yang telah disediakan oleh pihak Tokopedia tanpa harus terbebani biaya bulanan. Sementara itu mungkin saja Anda juga menjadi salah satu yang tertarik. Berikut ini ulasan tentang caranya.

  1. Buka aplikasi Tokopedia Seller melalui smartphone Anda atau bisa juga melalui website https://seller.tokopedia.com, namun di tutorial ini akan menggunakan aplikasi Tokopedia Seller.
  2. Setelah login ke aplikasi Tokopedia Seller, pada halaman utama pilih menu “Upgrade”.

    Upgrade menjadi power merchant Tokopedia
  3. Kamu akan di bawa ke halaman penjelasan keuntungan bergabung sebagai Power Merchant Tokopedia. Silahkan baca semuanya, jika sudah sentuh tombol “Daftar Sekarang”.

    Upgrade Power Merchant Tokopedia
  4. Di halaman berikutnya ada penjelasan mengenai persyaratan gabung menjadi Power Merchant, baca semuanya dan pastikan toko kamu sudah memenuhi syarat-syaratnya. Jika sudah, centang opsi persetujuan syarat-syarat menjadi Power Merchant. Setelah itu sentuh tombol “Saya Setuju”.

    Syarat dan ketentuan upgrade ke Power Merchant
  5. Setelah itu akan muncul popup untuk verifikasi diri, sentuh saja tombol “Verifikasi Data Diri”.

    Verifikasi diri Power Merchant
  6. Di halaman Verifikasi Data diri langsung saja sentuh tombol “Mulai” untuk memulai proses verifikasi data kamu. Pastikan kamu sudah menyiapkan KTP asli.

    Mulai proses verifikasi data diri
  7. Pada halaman berikutnya, jika sudah siap, sentuh tombol “Ambil Foto KTP”.
  8. Selanjutnya kamu akan diminta juga untuk memverfikasi wajah untuk mencocokkan wajah kamu dengan foto kamu di KTP.
  9. Proses pengajuan Power Merchant selesai, data kamu akan diverifikasi terlebih dahulu oleh pihak Tokopedia.

Syarat yang Harus Dipenuhi Agar Menjadi Power Merchant di Tokopedia

Selain memahami dan harus menyelesaikan langkah yang ada di cara menjadi Power Merchant Tokopedia, Anda juga wajib tahu tentang apa saja syaratnya. Dengan begitu Anda tidak perlu membuang waktu karena bolak-balik melengkapi apa yang dibutuhkan.

  • Sudah melakukan verifikasi terkait data diri, yakni menggunakan KTP untuk diunggah.
  • Memiliki kepercayaan dari pihak pembeli minimal 4 bintang.
  • Skor pada perfoma harus lebih dari 75 poin.

Keuntungan Menjadi Power Merchant di Tokopedia

Beberapa tipe seller yang ada di Tokopedia
Beberapa tipe seller yang ada di Tokopedia

Sangat tidak memungkinkan jika sebuah layanan diperebutkan oleh banyak orang tak memberikan keuntungan bagi penjualnya. Begitu pun yang terjadi pada Power Merchant Tokopedia, dimana ada banyak hal menarik yang pasti akan di peroleh oleh para seller. Di bawah ini ulasannya.

1. Memperoleh cover toko

Cover toko merupakan sampul atau banner yang peletakannya ada di bagian tampilan toko online Anda. Dengan menjadi salah satu anggota layanan Merchant Anda dapat menciptakan cover sesuka hati dengan gambar semenarik mungkin. Selain berdampak mempercantik tampilan toko, tentulah hal ini juga dapat Anda manfaatkan sebagai bentuk media branding.

2. Fitur keuangan

Setiap penjual pastinya selalu membutuhkan data keuangan agar bisa mengetahui hasil penjualannya. Inilah yang akan keuntungan menarik berikutnya yang Anda dapatkan yakni berupa saldo prioritas dan modal toko. Saldo prioritas sendiri merupakan sebuah fasilitas toko yang Anda miliki agar dapat menarik dana dari penjualan sebelum barang resmi sampai ke tangan pembeli.

Sementara untuk modal toko sendiri adalah fitur yang dapat Anda manfaatkan untuk memperoleh prioritas pinjaman modal untuk toko online tersebut. Dengan adanya fitur-fitur ini tentunya toko Anda bisa memperoleh omset sesuai dengan standart yang telah ditentukan, bahkan lebih banyak.

3. Broadcast chat gratis

Broadcast chat gratis merupakan fitur perilisan dari pihak Tokopedia yang baru dimulai pada bulan Mei 2020 silam kepada para member Power Merchant. Akan tetapi tidak semua member bisa memperolehnya karena ada beberapa ketentuan. Diantaranya seperti minimal harus mendapatkan uang Rp 3.000.000 per bulannya atau 10 orderan. Jika sudah ada sekitar 200 chat yang akan dikirim ke pembeli.

4. Memperbesar kesempatan mendapat promo eksklusif dari Tokopedia

Promo selalu menjadi sesuatu hal yang paling penting untuk bisa mendapatkan pelanggan. Setelah Anda resmi menjadi bagian dari Power Merchant maka peluang untuk memperoleh promo eksklusif dari pihak Tokopedia semakin besar. Biasanya penawaran akan langsung menghubungi pihak seller melalui via email. Tentunya dengan promo ini voucher dan subsidi juga dapat seller kantongi.

5. Produk unggulan muncul di beranda toko

Dengan adanya keuntungan ini, penjual bisa memungkinkan untuk memilih beberapa produk unggulan yang muncul di beranda toko. Produk-produk ini dapat menjadi penarik produk lain agar lebih mencolok lagi. Dengan begitu penjualan akan semakin terdorong untuk lebih luas lagi.

6. 200 etalase toko

Jika hanya menjadi regular seller maka hanya akan mendapatkan 10 etalase toko saja, namun apabila sudah menjadi keluarga dari Power Merchant ada sebanyak 200 etalase yang akan diterima. Adanya fitur ini tentunya dapat menjadi alat untuk membagi produk-produk Anda lebih spesifik lagi.

7. Fitur Statistik dan Analisa Data

Seperti halnya pada sebuah perusahaan-perusahaan besar yang sudah go public, toko online Anda juga membutuhkan fitur statistik dan analisa data. Sehingga nantinya Anda bisa memantau secara langsung tentang seberapa besar performa toko dan berapa banyak atau kali produk terjual. 

Dengan begitu Anda lebih bisa mengoptimasikan produk-produk mana yang masih layak jual dan sudah waktunya mengganti foto beserta deskripsinya agar kelihatan lebih menarik. Selain itu, Anda pun dapat menggunakan fitur wawasan yang sangat memungkinkan untuk tahu terkait kata kunci apa saja yang sering ditulis pada kolom pencarian.

8. Dapat mengikuti Flash Sale Tokopedia

Sebagai anggota Power Merchant tentunya Anda juga berkesempatan untuk bisa mengikuti acara Flash Sale Tokopedia. Dimana ada banyak promo dan diskon secara terbatas. Sungguh hal itu akan sangat menguntungkan bagi pihak penjual.

Itulah sekiranya informasi tentang Power Merchant Tokopedia yang dapat Anda pahami. Jika sudah mengetahuinya dan memiliki toko di aplikasi tersebut, inilah saatnya Anda juga ikut bergabung demi kelancaran bisnis yang dijalankan. Tak perlu khawatir dengan banyak saingan karena kualitas produk yang akan menentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *