Cara Melakukan Transaksi COD di Shopee Tanpa Ribet

Masih ragu belanja online? Coba belanja di Shopee aja menggunakan layanan COD.
Masih ragu belanja online? Coba belanja di Shopee aja menggunakan layanan COD.
Bagikan ke teman-teman Anda

Cash on Delivery (COD) adalah metode pembayaran di tempat yang menawarkan kemudahan untuk berbelanja. Dengan metode ini, kamu tidak perlu melakukan transfer karena pembayaran bisa dilakukan ketika pesanan sudah diantarkan oleh kurir. 

Cara COD di Shopee ini cocok untuk kamu yang malas transfer atau tidak punya rekening. Selain itu, metode bayar di tempat juga bermanfaat untuk penjual. Karena tidak semua penjual mendukung COD, pelanggan otomatis akan beralih ke penjual yang sudah mengaktifkan fitur COD.

Ingin tahu cara mengaktifkan layanan COD untuk penjual Shopee? Atau jika kamu salah satu konsumen setia Shopee, penasaran dengan cara berbelanja menggunakan fitur ini? Ikuti terus pembahasan di bawah ini untuk mendapatkan informasi lengkap seputar COD di Shopee.

Cara Belanja Menggunakan COD

Kamu ingin berbelanja di Shopee tapi tidak punya rekening atau saldo di ATM? Metode bayar di tempat atau COD memudahkan kamu untuk tetap berbelanja tanpa perlu melakukan transfer. Cukup buat pesanan melalui aplikasi Shopee, tunggu paket datang ke rumah dan lakukan pembayaran ke kurir.

Cara COD di Shopee sebenarnya tidak jauh berbeda dengan berbelanja menggunakan metode pembayaran lain. Yang membedakan adalah cara pembayaran yang harus kamu pilih saat checkout. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Shopee. Masuk ke akun kamu jika belum login.
  2. Cari barang yang kamu inginkan.
  3. Kemudian pilih Beli Sekarang di bagian bawah.
  4. Kamu akan masuk ke keranjang belanja. Pilih barang yang ingin dibeli lalu ketuk tombol Checkout.
  5. Masukkan alamat pengiriman jika masih kosong. Begitu juga dengan nama kamu dan nomor telepon. Pilih Kirim.
  6. Jika alamat sudah tersedia, kamu bisa langsung masuk ke halaman checkout.
  7. Selanjutnya pada Opsi pengiriman, pilih jasa kirim yang mendukung metode COD seperti J&T express. Pilih Konfirmasi.
  8. Geser ke bawah dan temukan Metode Pembayaran. Pilih COD (Bayar di Tempat). Jika toko mendukung layanan COD, opsi ini akan aktif dan kamu tinggal mengklik opsi tersebut.
  9. Terakhir, pilih tombol Buat Pesanan di sudut kanan bawah.

Tunggu hingga penjual memproses dan mengirim pesanan kamu. Setelah kurir tiba, jangan lupa untuk melakukan pembayaran ke kurir.

Shopee memiliki ketentuan khusus untuk pembeli yang menggunakan layanan ini. Pembeli yang menolak untuk membayar atau tidak berada di tempat ketika kurir mengirim paket sebanyak 3x dalam kurun waktu 30 hari akan diblokir dan tidak lagi bisa menggunakan sistem COD.

Syarat Berbelanja dengan COD Shopee

Demi kenyamanan berbelanja dengan layanan bayar di tempat, terlebih dahulu kamu harus mengetahui syarat COD di Shopee. Ada beberapa syarat yang diberlakukan oleh Shopee untuk semua pelanggan yang ingin menggunakan layanan COD. Simak persyaratan berikut ini:

Penjual Mengaktifkan Fitur COD

Kamu hanya bisa berbelanja dengan layanan COD jika penjual sudah mengaktifkan fitur tersebut. Apabila penjual tidak mendukung metode bayar di tempat, maka kamu harus memilih metode pembayaran lain seperti menggunakan ShopeePay, transfer bank atau melalui minimarket.

Memenuhi Nominal Minimal Belanja

Untuk dapat menggunakan layanan bayar di tempat, kamu harus memenuhi nominal minimal belanja di Shopee. Sesuai ketentuan, fitur ini hanya berlaku untuk pembelian minimal Rp 50 ribu dan maksimal Rp 3 juta. Pembayaran diserahkan ke kurir sesuai dengan total yang muncul saat membuat pesanan.

Biaya Penanganan

Terhitung sejak 20 Maret 2020, pelanggan akan dikenakan biaya sebesar 2% untuk setiap pembelian menggunakan sistem COD. Jika kamu pelanggan dropshipper, biaya yang dikenakan adalah sebesar 8%. Biaya ini akan ditambahkan ketika kamu melakukan checkout barang.

Singkatnya, cara transaksi bayar di tempat di Shopee sangat mudah dan sederhana. Kamu hanya perlu berbelanja seperti biasa kemudian memilih COD pada metode pembayaran. Meskipun mudah, kamu harus jeli apakah penjual mendukung fitur ini atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.