Cara Menggunakan PayLater Gojek

Bagikan ke teman-teman Anda

Gojek merupakan aplikasi yang sangat memudahkan para penggunanya. Berkat aplikasi ini, Anda dapat memesan makanan, transportasi, dan mengirim barang lewat satu aplikasi saja. Kini, Gojek bahkan menawarkan PayLater Gojek untuk membuat penggunanya semakin mudah bertransaksi.

Aplikasi Gojek merupakan terobosan teknologi yang memberikan perubahan positif dalam kehidupan manusia. Saat ini, Gojek tidak hanya dapat ditemukan di Indonesia, tapi juga di beberapa negara Asia Tenggara lainnya dan merupakan perusahaan besar . 

Berbagai perkembangan telah dilakukan sejak pertama kali diluncurkannya aplikasi ini sehingga Gojek mampu menyediakan banyak layanan, contohnya GoRide, GoFood, dan GoCar. Perusahaan ini juga mengembangkan sistem pembayaran GoPay agar penggunanya dapat melakukan transaksi cashless. 

Ternyata, inovasi Gojek tidak berhenti di situ saja. Pada tahun 2019, Gojek meluncurkan fitur PayLater. Fitur tersebut sangat membantu para pengguna yang kehabisan saldo GoPay.

Apa itu PayLater Gojek?

GoPay PayLater merupakan fitur pembayaran terbaru dari Gojek. Metode pembayaran ini memungkinkan para pengguna Gojek untuk membayar layanan Gojek di lain hari. Dengan kata lain, fitur ini memberi kesempatan kepada pengguna untuk membayar layanan secara kredit.

Fitur tersebut terbentuk atas kerja sama antara Gojek dan Findaya, sebuah platform P2P lending. Platform ini telah terdaftar di OJK sehingga aman untuk digunakan. 

Sebelum menggunakan PayLater, Anda perlu mengetahui beberapa hal tentangnya, yakni:

Cara Kerja GoPay PayLater

Cara kerja PayLater dari Gojek ini sekilas mirip kartu kredit namun tanpa kartu. Jadi, saat pelanggan memesan layanan Gojek, mereka akan mendapat beberapa pilihan cara pembayaran, yaitu GoPay, tunai, GoPay PayLater.

Jika pelanggan memilih cara pembayaran PayLater, maka ia tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun pada saat itu. Namun, mereka harus membayar tagihan tersebut pada akhir bulan atau jatuh tempo.

Semua pembayaran yang dilakukan dengan PayLater dalam sebulan akan diakumulasikan dan pelanggan harus membayar sesuai dengan tagihan PayLater sebelum jatuh tempo. Ketika menggunakan fitur ini, Anda akan memiliki limit tertentu seperti pada kartu kredit. 

Pada awal diberlakukannya fitur ini, setiap pelanggan memiliki limit 500 ribu rupiah, namun kini pelanggan dapat memilih limit sesuai kemampuan. Jika limit telah habis, Anda tidak dapat menggunakan fitur ini lagi. Setelah tagihan PayLater lunas, limit akan kembali seperti semula.

Keunggulan GoPay PayLater

GoPay PayLater merupakan fitur yang menggiurkan bagi banyak pelanggan Gojek karena memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

  • Tanpa Bunga

Jika pinjaman kartu kredit atau pinjol akan mengenakan bunga kredit pada para peminjam, maka tidak demikian dengan GoPay PayLater. Anda dapat dengan bebas menggunakan fitur ini tanpa perlu memikirkan bunga pinjaman.

  • Dapat Digunakan di Berbagai Merchant

GoPay PayLater tidak hanya bisa digunakan untuk membayar layanan yang ada di aplikasi Gojek. Namun, Anda juga bisa memakainya untuk membayar belanjaan yang dibeli pada merchant yang menerima GoPay, contohnya Blibli.com.

  • Memudahkan Pelanggan

Fitur ini sangat memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran layanan Gojek dan produk-produk merchant GoPay saat mereka tidak punya cukup uang. Sehingga, mereka tetap dapat memenuhi kebutuhan meski tidak punya uang.

Bagaimana Cara Menggunakan PayLater?

1. Syarat Mengaktifkan PayLater

Sebelum mengaktifkan fitur PayLater, Anda harus memenuhi persyaratannya:

  • WNI
  • Memiliki NIK
  • Berumur 21 tahun atau lebih
  • Update aplikasi Gojek terbaru
  • Telah mengupgrade GoPay ke GoPay Plus pada aplikasi Gojek

Perlu diketahui bahwa beberapa pelanggan tetap tidak dapat mengaktifkan GoPay PayLater meski telah memenuhi syarat di atas. 

Berdasarkan keterangan dari Gojek, mereka yang sering menggunakan metode pembayaran GoPay akan memperoleh undangan untuk mengaktifkan fitur ini. Sehingga, jika Anda belum dapat mengaktifkan PayLater, Anda sebaiknya memperbanyak transaksi menggunakan GoPay.

2. Cara Mengaktifkan PayLater

Untuk mengaktifkan GoPay PayLater, Anda dapat mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke halaman PayLater pada aplikasi Gojek terbaru
  2. Ketuk tombol Aktifin PayLater
  3. Baca syarat dan ketentuan PayLater dengan seksama, lalu klik Saya Setuju
  4. Ketik PIN Gojek pada kolom yang tersedia
  5. GoPay PayLater siap digunakan

3. Cara Menggunakan PayLater

Langkah yang perlu dilakukan untuk menggunakan PayLater adalah sebagai berikut:

  • Cara Penggunaan via Aplikasi Gojek
  • Pilih layanan Gojek dan lakukan transaksi seperti biasa
  • Pada bagian metode pembayaran, pilih GoPay PayLater
  • Konfirmasi persetujuan penggunaan layanan (biasanya muncul pada transaksi pertama tiap bulan)
  • Ketik PIN Gojek pada kolom yang tersedia
  • Cara Penggunaan via Aplikasi Partner
  • Lakukan transaksi dan pilih pembayaran menggunakan GoPay
  • Pilih metode pembayaran GoPay PayLater
  • Klik Bayar
  • Masukkan PIN

4. Cara Membayar Tagihan GoPay PayLater

Jatuh tempo pembayaran GoPay PayLater adalah tanggal terakhir setiap bulan, pada tengah malam. Anda dapat membayar tagihan ini dengan saldo GoPay anda. Untuk membayarnya, Anda dapat melakukan cara di bawah ini:

  1. Masuk ke halaman GoPay PayLater
  2. Klik tombol Bayar dan rincian tagihan akan muncul
  3. Klik tombol Bayar Tagihan pada bagian bawah
  4. Masukkan PIN GoJek

Biaya Berlangganan dan Denda GoPay PayLater

Harap bijaksana dalam menggunakan fitur PayLater di GoPay, menggunakan PayLater bukan berarti Anda tidak perlu membayar tagihan, ingat juga bahwa fitur ini ada biaya bunganya.

Pelanggan yang menggunakan minimal GoPay PayLater satu kali dalam satu bulan, akan dikenai biaya langganan sebesar 5% dari limit PayLater. Biaya ini akan dimasukkan pada tagihan akhir bulan. Namun, jika tidak menggunakan fitur ini selama sebulan, Anda tidak perlu membayar biaya ini di akhir bulan.

Pengguna fitur GoPay PayLater sebaiknya membayar tagihan sebelum jatuh tempo. Jika pembayaran dilakukan lebih dari 5 hari setelah jatuh tempo, Anda akan dikenai denda. Besarnya denda adalah Rp2.000 per hari.

GoPay PayLater sangat memudahkan para pengguna Gojek dalam bertransaksi. Namun, Anda harus ingat bahwa menggunakan fitur ini sama saja dengan berhutang. Dengan begitu,  maka Anda harus bijak dalam menerapkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.