Mau Sewa Skuter Listrik GrabWheels? Begini Caranya

Mau sewa GrabWheels? Begii cara untuk sewanya
Mau sewa GrabWheels? Begii cara untuk sewanya (Gambar: id.techinasia.com)
Bagikan ke teman-teman Anda

Grab sebagai salah satu jasa transportasi online populer di Indonesia, tak mau mengecewakan para pelanggannya, sehingga selalu menghadirkan program dan inovasi baru yang menarik. 

Dengan demikian, tak heran jika Grab selalu dinomor satukan oleh masyarakat Indonesia dan menjadi pilihan transportasi terbaik. Dengan adanya Grab, banyak sekali orang-orang yang terbantu di dalam kehidupan sehari-harinya, terutama mereka yang tidak memiliki kendaraan pribadi. 

Nah, salah satu hal baru yang dirilis oleh Grab adalah GrabWheels. Wah, pastinya kamu penasaran dengan GrabWheels ini, bukan? Untuk mengobati rasa penasaranmu, mari kita simak informasi menariknya di bawah ini!

Apa Itu GrabWheels? 

Apa sih GrabWheels itu?
Apa sih GrabWheels itu? (Gambar: tagar.id)

Menurut informasi yang dilansir dari situs resmi Grab, GrabWheels merupakan layanan yang terdapat di dalam aplikasi Grab untuk memberikan akses ke moda mobilitas pribadi bukan berbentuk motor maupun mobil, tetapi scooter listrik.  

GrabWheels sendiri sebenarnya adalah scooter dengan daya utama berupa listrik yang dapat digunakan sebagai alternatif transportasi di kota-kota besar. Kamu bisa menggunakan GrabWheels ini dengan cara menyewanya, ya. 

Nah, GrabWheels ini dapat membantu kamu yang tidak memiliki kendaraan pribadi tetapi mobilitas sehari-hari sangat tinggi, misalnya untuk kuliah, kemudian untuk pergi ke kantor, atau mungkin hanya untuk sekedar jalan-jalan menikmati udara segar. 

Aturan Menggunakan GrabWheels

Ketahui dulu informasi aturan penggunaan GrabWheels sebelum kamu sewa
Ketahui dulu informasi aturan penggunaan GrabWheels sebelum kamu sewa (Gambar: marketeers.com)

Di situs resmi Grab, salah satunya website, mereka merilis aturan penggunaan scooter listrik Grab tersebut. Terdapat berbagai hal yang perlu diperiksa ketika kamu hendak mengendarai scooter listrik ini, 

Sebelum menyewanya dan berkendara menggunakan scooter Grab, tentu saja lebih baik kamu ketahui informasi tentang aturan pakai dari scooter ini. Berikut ini informasinya:

  1. Level baterai: Hal pertama dan yang paling utama sebelum mengendarai scooter listrik ini, kamu perlu memeriksa level baterainya terlebih dahulu. Caranya, tekan e-scooter dari aplikasi Grab untuk melihat level baterainya. 
  2. Rem: Setelah level baterai, kamu juga perlu memeriksa rem tangannya, yakni dengan menekan tombol merah. 
  3. Lampu depan: Selanjutnya, kamu perlu menyalakan lampu depan ketika pencahayaan sedang redup, yakni dengan menekan dan tahan tombol layer e-scooter kurang lebih selama 2 detik. 
  4. Standar: Silahkan periksa standar scooter listrik dengan cara menggesernya ke atas sebelum mengendarainya. 
  5. Lingkungan: Jangan lupa perhatikan lingkungan ketika hendak mengendarainya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ya!

Catatan: Demi keamanan, kamu sebagai pengendara GrabWheels harus menggunakan helm dan rompi selama mengendarainya. Hal ini sifatnya wajib!

Cara Mengendarai GrabWheels

Untuk orang awam, pasti sedikit ragu dan tidak percaya diri ketika hendak menyewa GrabWheels, karena takut tidak bisa. Tenang saja, kamu bisa mengikut langkah-langkah menggunakan scooter listrik tersebut di bawah ini:

  1. Pertama, seimbangkan terlebih dahulu e-scooter dengan cara mendorongnya sekali saja, kemudian tekan tombol yang berwarna hijau di bagian sebelah kanan. 
  2. Ketika ingin menurunkan kecepatan atau berhenti, maka kamu hanya perlu menginjak rem kaki, ya.  Rem tersebut berada di bagian belakang scooter listrik atau dengan cara menekan tombol berwarna merah yang ada di sebelah kiri. 
  3. Kamu bisa membunyikan fitur bel yang telah disediakan sesuai dengan kebutuhan. 
  4. Apabila situasi sekitar gelap, maka tahan tombol di scooter listrik selama kurang lebih 2 detik lamanya untuk menyalakan lampu di bagian depan. 
  5. Jangan lupa selalu berhenti dan juga memperhatikan kendaraan lain ketika kamu melewati persimpangan jalan, serta pastikan pula kamu mengutamakan pejalan kaki setiap saat, ya!

Cara Sewa GrabWheels

Begini caranya sewa GrabWheels
Begini caranya sewa GrabWheels (Gambar: uzone.id)

Karena sudah mengetahui cara menggunakan GrabWheels, informasi selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah cara menyewanya. Tentu saja kamu harus memiliki aplikasi Grab terlebih dahulu untuk bisa menyewa scooter listrik tersebut. 

Jika sudah punya, langsung saja buka aplikasinya dan peta akan memperlihatkan padamu scooter listrik terdekat yang tersedia. Sayangnya, untuk saat ini tidak semua daerah yang ada di Indonesia bisa menikmati jalan-jalan dengan menggunakan scooter listrik Grab. 

Scooter ini hanya bisa digunakan ketika kamu berada di lokasi Green Office Park (BSD City), kemudian Lippo Karawaci, UI, Bintaro, dan juga Soekarno-Hatta International Airport T3. 

Namun tenang saja, karena layanan ini akan diluncurkan secara bertahap di beberapa titik lokasi di Nusantara, sehingga kamu bisa menikmatinya. Setelah mengetahui lokasi terdekat penyewaan scooter listrik Grab, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Kunjungi tempat terdekat untuk menyewa scooter listrik Grab. 
  2. Di sana kamu akan bertemu dengan Station Manager yang akan mendaftarkan di salah satu scooternya untuk kamu. 
  3. Pastikan kamu sudah install aplikasi Grab dan Log In, ya!
  4. Scan QR code yang terdapat di bagian pegangan GrabWheels. 
  5. Cek baterainya dan cek seluruh fitur keselamatan yang tersedia. 
  6. Gunakan scooternya untuk berkeliling. 
  7. Jika sudah selesai menggunakannya, langsung kembalikan scooter ke tempat parker GrabWheels manapun. 

Nah, untuk mengakhiri proses penyewaan kamu, silahkan ikuti cara-cara berikut:

  1. Kembalikan ke tempat parkir GrabWheels.
  2. Pindai QR code Kembali yang terdapat di tempat parkir.
  3. Terakhir, tekan “End Trip” pada aplikasi Grab. 

Scooter listrik Grab dapat kamu sewa dengan mudah dan juga biaya sewa yang cukup worth itu, yakni kurang lebih Rp 500.000,- per bulannya. Untuk per 30 menitnya, kamu perlu mengeluarkan biaya Rp 5.000,- saja di wilayah Jakarta. Harga yang ditawarkan berbeda-beda untuk setiap kotanya, ya. 

GrabWheels ini menjadi scooter favorit anak-anak remaja, sehingga tidak heran jika para penyewanya datang dari kalangan remaja. Nah, jika kamu ingin menyewa scooter dari Grab, maka bisa langsung mengaplikasikan cara yang sudah dibahas sebelumnya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.