Ketahui berapa limit transfer uang di BRI Ketahui berapa limit transfer uang di BRI (Gambar: pikiran-rakyat.com)

Limit Transfer BRI Yang Perlu Diketahui

Bagikan ke teman-teman Anda

Kamu nasabah BRI? Apakah kamu tahu limit transfer BRI? Jika selama ini kamu melakukan transfer dengan nominal yang tidak terlalu besar, besar kemungkinan kamu belum mengetahui batas maksimal yang diterapkan oleh bank BUMN yang satu ini.

Pada dasarnya BRI menerapkan nominal yang berbeda untuk jenis tabungan yang berbeda. Seperti yang diketahui, ada berbagai macam jenis tabungan yang ditawarkan oleh BRI, mulai dari Simpedes, BRITAMA, Junio, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, nasabah Simpedes memiliki limit transfer yang berbeda dengan nasabah BRITAMA. Contoh lainnya, nasabah BRITAMA Black juga mempunyai limit transfer yang tidak sama dengan nasabah BRITAMA silver. 

Selain dibedakan berdasarkan jenis tabungan, metode transaksi juga mempengaruhi limit transfer. Misalnya transaksi melalui ATM mempunyai limit yang berbeda dengan transfer melalui mobile banking atau BRImo. 

Bagi kamu yang penasaran dan ingin tahu mengenai batas maksimal transfer sesuai ketentuan BRI, simak terus ulasan berikut ini. Di sini kamu akan menemukan informasi lengkap limit transfer berdasarkan jenis tabungan dan metode transaksi.

Daftar Lengkap Limit Transfer BRI

Jadi untuk pertama kalinya kamu akan melakukan transfer dalam jumlah banyak menggunakan rekening BRI? Jika iya, sangat penting untuk mengetahui batas transfer yang ditetapkan oleh perusahaan perbankan yang satu ini.

Tapi jangan khawatir. Berikut ini daftar lengkap limit transfer berdasarkan jenis tabungan serta metode transaksi yang kamu pilih, seperti melalui ATM, mobile banking, internet banking, dan lain sebagainya. Jangan sampai kelewatan!

Limit Transfer Melalui ATM

Ilustrasi sebuah gerai ATM milik BRI
Ilustrasi sebuah gerai ATM milik BRI (Gambar: kitakini.news)

Demi alasan kenyamanan, setiap nasabah mendapatkan fasilitas berupa kartu ATM yang bisa digunakan sebagai alat transaksi di mesin ATM maupun EDC. Salah satu transaksi yang dapat dilakukan menggunakan kartu ATM adalah transfer, baik ke sesama BRI maupun bank lain.

Lantas, berapa batas maksimal transfer jika bertransaksi melalui mesin ATM? Jawabannya tentu bervariasi tergantung jenis tabungan yang kamu miliki. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut ini.

Jenis Kartu / TabunganLimit Transfer ke Sesama BRI (per hari)Limit Transfer ke Bank Lain (per hari)
BRI Simpedes20.000.00010.000.000
BRI Simpedes TKI20.000.00010.000.000
BRI BRITAMA TKI20.000.00020.000.000
BRI BRITAMA Bisnis100.000.00025.000.000
BRI BRITAMA Black100.000.00015.000.000
BRI BRITAMA Silver50.000.00010.000.000
BRI BRITAMA X700.000.000700.000.000
BRI Junio20.000.00010.000.000

Limit transfer BRI di atas berlaku untuk transfer melalui mesin ATM. Kamu bisa melihat bahwa nasabah BRI BRITAMA X mempunyai limit yang paling besar yaitu mencapai Rp 700 juta per hari, baik ke sesama bank BRI maupun ke bank lain.

Tentu saja jenis tabungan ini tidak dimiliki oleh sembarang orang. Kebanyakan nasabah BRI menggunakan tabungan Simpedes atau BRITAMA dengan limit yang sama, yaitu Rp 20 juta ke sesama dan RP 10 juta ke bank lain. Batas tersebut berlaku untuk per hari.

Jika kamu ingin melakukan transfer melalui ATM dengan nominal lebih dari Rp 20 juta, maka kamu membutuhkan waktu dua hari untuk menyelesaikan proses transfer tersebut. Atau jika tidak memungkinkan, tidak ada salahnya melakukan transaksi melalui teller.

Limit Transfer Melalui Mobile Banking

Aplikasi BRI Mobile atau yang di kenal juga dengan nama BRImo
Aplikasi BRI Mobile atau yang di kenal juga dengan nama BRImo

Mobile banking merupakan fasilitas atau layanan perbankan melalui perangkat smartphone. Dengan layanan ini, nasabah dapat melakukan transaksi tanpa perlu mengunjungi kantor unit BRi maupun mesin ATM. Tentu saja layanan ini memberikan kemudahan bertransaksi dari mana saja.

Sama halnya seperti melakukan transfer melalui ATM, transaksi transfer melalui mobile banking dan BRImo juga mempunyai batas tertentu. Bahkan batas transfer BRI melalui layanan yang satu ini tergolong sangat minim.

Berikut ini tabel limit transfer melalui mobile banking berdasarkan jenis kartu ATM yaitu BRI Classic, BRI Gold, dan BritAma Bisnis.

Jenis TransaksiBRI ClassicBRI GoldBRI Platinum
Transfer ke sesama1.000.00010.000.00050.000.000
Transfer ke bank lain1.000.00010.000.00025.000.000

Jika kamu belum tahu perbedaan antara BRI Classic, Gold, dan Platinum, berikut penjelasannya. Kartu BRI Classic biasanya hadir dengan warna silver dan digunakan oleh nasabah Britama. Gold hadir dengan warna kuning keemasan dan digunakan untuk jenis tabungan Britama dan Britama Bisnis.

Sementara itu, BRI Platinum biasanya diperuntukkan nasabah yang memiliki jenis tabungan Britama Bisnis. Kartu ini hadir dengan warna hitam.

Limit Transfer Melalui Internet Banking

Batas transfer BRI menggunakan internet banking ternyata sangat besar karena mencapai miliaran rupiah. Internet banking sendiri merupakan layanan perbankan berbasis internet sehingga memudahkan kamu untuk melakukan transaksi melalui browser di smartphone atau komputer.

Untuk menikmati fitur internet banking, kamu harus mendaftarkan diri melalui customer service. Petugas akan membantu proses pembuatan internet banking sehingga kamu bisa menikmati kemudahan transaksi di mana saja dan kapan saja asalkan terhubung dengan jaringan internet.

Adapun limit transfer melalui internet banking adalah sebagai berikut:

Jenis TransaksiBRI ClassicBRI GoldBRI Platinum
Transfer ke sesama1 miliar1 miliar5 miliar
Transfer ke bank lain15 juta15 juta25 juta

Kamu pasti tercengang melihat nominal fantastis seperti yang tercantum di tabel. Melalui internet banking, nasabah BRI bisa melakukan transaksi transfer dengan limit yang sangat besar. Jadi jika kamu harus transaksi dengan nominal yang banyak, jangan lupa gunakan internet banking.

Namun perlu diingat bahwa limit di atas mungkin berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari bank BRI. Untuk memastikan, ada baiknya Anda menghubungi customer service sebelum melakukan transaksi.

Untuk memastikan keamanan transaksi, jangan berikan kode OTP kepada pihak lain bahkan jika pihak tersebut mengaku dari BRI. Kode OTP bersifat sangat rahasia dan hanya boleh diketahui oleh pemilik rekening.

Limit Transfer Melalui SMS Banking

Salah satu metode transaksi yang kerap digunakan oleh nasabah BRI adalah SMS banking. Layanan e-banking yang satu ini memungkinkan kamu untuk bertransaksi melalui SMS. Kamu hanya perlu mengetik SMS dengan format tertentu dan kirimkan ke nomor yang telah ditentukan.

Bagi kamu yang tinggal di daerah dengan jaringan internet minim, SMS banking bisa menjadi solusi tepat untuk menikmati kemudahan bertransaksi. Pasalnya layanan ini tidak menggunakan jaringan internet sehingga Anda tidak perlu pusing dengan internet yang lambat.

Namun sebelum melakukan transaksi, pastikan kamu memiliki pulsa. Setiap transaksi yang kamu lakukan akan dikenakan biaya melalui pemotongan pulsa. Jadi, pastikan saldo pulsa di ponsel tidak habis.

Adapun limit transfer melalui SMS Banking adalah sebagai berikut:

Jenis TabunganLimit Transfer ke Sesama BRI (per hari)Limit Transfer ke Bank Lain
BRITAMA1.000.000 (Classic)10.000.000 (Gold)1.000.000 (Classic)10.000.000 (Gold)
BRITAMA Bisnis50.000.00025.000.000
BRITAMA TKI1.000.0001.000.000
Simpedes1.000.0001.000.000
Simpedes TKI1.000.0001.000.000
BRI Junio1.000.0001.000.000

Batas maksimal transfer melalui SMS banking memang tidak terlalu besar. Limit yang diterapkan untuk semua jenis tabungan juga sama, kecuali Britama dan Britama Bisnis. Jadi untuk kamu yang ingin transfer dengan nominal yang tidak terlalu banyak, SMS banking layak untuk dicoba.

Adapun biaya sekali transfer untuk ke sesama bank BRI adalah Rp 250 per transaksi. Tapi jika kamu transfer ke bank lain, biaya per transaksi menjadi Rp 6.500. Biaya ini mungkin berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan bank BRI.

Kesimpulan

Belakangan ini, transaksi transfer semakin gencar dilakukan oleh masyarakat. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah peningkatan tren belanja online. Agar kamu lebih nyaman dalam melakukan transaksi, ada baiknya jika kamu mengetahui batas maksimal transfer sesuai ketentuan.

BRI sendiri mendukung transaksi transfer melalui berbagai metode, mulai dari mesin ATM, internet banking, hingga SMS banking. Setiap metode mempunyai limit yang berbeda, namun internet banking menawarkan limit yang paling besar bahkan hingga miliaran rupiah.

Bagi kamu yang ingin bertransaksi dalam jumlah besar, pastikan untuk menggunakan internet banking. Selain menawarkan limit yang besar, cara ini juga sangat mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Tapi jika kamu hendak mentransfer uang dengan nominal yang tidak terlalu besar, SMS banking dan mobile banking bisa jadi pilihan tepat. Tanpa perlu mengunjungi mesin ATM, kamu sudah bisa mengirimkan uang hanya melalui smartphone.

Setelah mengetahui limit transfer yang ditetapkan oleh bank BRI, kini kamu bisa memilih metode transfer sesuai kebutuhan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.