Cara Top Up OVO di Alfamart

Begini cara untuk TopUp OVO di Alfamart
Begini cara untuk TopUp OVO di Alfamart
Bagikan ke teman-teman Anda

Kepopuleran dompet digital bertambah seiring waktu. Hampir sebagian besar kalangan dewasa muda menggunakan dompet digital berkat kemudahan yang ditawarkan. Kamu dapat membayar restoran, belanjaan, parkir dan lain sebagainya. 

Di samping itu, dompet digital juga menyediakan sejumlah metode pengisian saldo, yaitu melalui bank dan minimarket seperti Alfamart. Minimarket tersebut dikenal melayani berbagai top-up saldo maupun pembayaran. Khusus pada artikel ini, mari sama-sama belajar cara mengisi saldo OVO.

Dompet digital tersebut dapat diisi di minimarket pesaing Indomaret tersebut. Tentunya ada kekurangan dan kelebihan tersendiri menggunakan metode ini. Kamu perlu tahu minimum pengisian saldo, biaya admin, serta tata cara pengisian. Simak artikel di bawah ini untuk menjawab pertanyaan tersebut!

Mengapa Top-Up di Alfamart?

Beberapa alasan Alfamart cocok untuk menjadi tempat untuk TopUp OVO
Beberapa alasan Alfamart cocok untuk menjadi tempat untuk TopUp OVO (Gambar: sinday.id)

Terdapat alasan yang melatarbelakangi pengisian saldo di minimarket tersebut. Kamu akan mendapat sejumlah keuntungan menarik menggunakan metode pengisian ini, yaitu:

  • Gerai mudah ditemukan di berbagai daerah
  • Semua gerai menyediakan layanan pengisian saldo
  • Proses transaksi cepat, mudah dan praktis
  • Jarang terjadi error atau gangguan server saat pengisian saldo

Terlepas dari itu, kamu juga dapat menerima sejumlah diskon dan promo eksklusif berupa voucher rewards yang dapat digunakan pada aplikasi dompet digital tersebut maupun aplikasi mitra lainnya, termasuk Tokopedia dan Grab.

Berapa Minimal Top-Up Saldo?

Segini ternyata batasan minimum topup OVO
Segini ternyata batasan minimum topup OVO (Gambar: tekno.kompas.com)

Sebelum mendatangi gerai setempat, pastikan kamu membawa uang yang cukup. Pasalnya ada biaya batasan minimum top-up. 

Berdasarkan informasi yang didapat, setidaknya kamu harus mengisi saldo paling sedikit Rp50.000 atau lima puluh ribu rupiah. Memang terbilang lebih tinggi daripada pengisian via ATM. 

Akan tetapi kamu tidak perlu bolak-balik selama saldo tersebut masih penuh. Jadi diingat ya, bawalah uang di atas Rp50 ribu untuk berjaga-jaga.

Berapa Biaya Admin Top-Up?

Buat yang bertanya berapa biaya admin yang dibebankan? Jawabannya tidak ada atau dengan kata lain gratis. Ya, kamu tidak dikenakan biaya admin sepeser pun. Itu artinya, sekiranya kamu mengisi saldo Rp50.000, maka uang yang perlu dibayarkan adalah Rp50.000 pula. 

Meski umumnya biaya admin tidak mahal, tetapi kalau kamu sering melakukan pengisian saldo, tentu hal itu dijadikan pertimbangan. Besaran biaya admin menjadi signifikan jika kamu berulang kali mengisi saldo.

Tata Cara Top-Up 

Beberapa cara yang bisa dilakukan saat akan melakukan TopUp OVO
Beberapa cara yang bisa dilakukan saat akan melakukan TopUp OVO (Gambar: infokomputer.grid.id)

Persiapkan barang-barang yang akan dibawa sebelum kamu berangkat ke gerai terdekat. Adapun barang yang dibawa meliputi uang yang cukup dan telepon genggam yang di dalamnya terinstal aplikasi OVO. Jika belum, sebaiknya unduh terlebih dulu di Google Play Store.

Setelah persiapan sudah lengkap, waktunya kamu mendatangi gerai paling dekat dari lokasi kamu. Ikuti panduan lengkap berikut agar tidak terjadi kekeliruan:

1. Datangi Gerai Terdekat

Langkah pertama mengisi saldo adalah mendatangi gerai dari lokasi kamu. Setibanya di sana, langsung saja hampiri petugas kasir sambil menanyakan apakah melayani top up OVO atau tidak.

Apabila server sedang baik, layanan akan tersedia. Kalau sudah begitu, kamu bisa melanjutkan proses top-up. Sebaliknya, bila ternyata layanan sedang dalam perbaikan atau tidak tersedia, silakan kunjungi gerai lainnya.

2. Jalankan Aplikasi 

Petugas kasir akan meminta kamu untuk menjalankan aplikasi. Cek juga koneksi internet kamu agar selama proses pengisian saldo tidak mengalami hambatan. Ada baiknya aplikasi sudah diperbarui ke versi terbaru guna menghindari aplikasi error atau lambat. 

3. Pilih Jenis Top-Up Saldo 

Setelah kamu membuka aplikasi, arahkan pada menu Top Up untuk memilih metode di gerai yang bersangkutan. Bingung? Berikut cara lengkapnya:

  • Pastikan kamu berada di halaman utama. Lalu pilih menu Top Up.
  • Kamu akan diarahkan ke halaman berikutnya, klik Metode Lain
  • Ketuk pilihan Merchant/Mitra OVO.
  • Selanjutnya pilih minimarket tempat kamu berada.

Terakhir, layar akan menampilkan deretan nomor yang terdiri dari nomor telepon terdaftar lengkap dengan panduan top-up di bagian bawahnya. Nantinya nomor telepon yang akan digunakan untuk top-up.

4. Sampaikan Nomor Telepon kepada Petugas

Sebenarnya dua langkah di atas bisa saja dilewati jika kamu hafal dengan nomor telepon terdaftar. Jika tidak, maka sebaiknya tetap mengikuti panduan ini.

Setelah nomor telepon tadi muncul di layar, sampaikan nomor tersebut kepada petugas kasir. Informasikan pula besaran saldo yang ingin diisi ke akun dompet digital kamu. Nantinya petugas kasir akan meng-input data tersebut, lalu memproses permintaan kamu lebih lanjut.

5. Tunggu Sampai Proses Selesai 

Ini adalah kelebihan top-up di minimarket, kamu cukup menginformasikan nomor telepon dan besaran saldo saja, selebihnya petugas kasir yang menyelesaikan proses pengisian saldo. Tunggu sampai proses pengisian saldo selesai. Umumnya hanya memakan waktu sekitar 2-3 menit saja.

Apabila proses pengisian saldo telah berhasil, kamu akan menerima pemberitahuan notifikasi yang menyatakan bahwa dana berhasil ditambah ke saldo pada akun kamu.

6. Cek Kembali Jumlah Saldo yang Masuk

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya langkah ini tidak disepelekan. Ikuti cara di bawah ini untuk mengecek besaran saldo yang masuk:

  • Jalankan aplikasi seperti biasa.
  • Masuk ke menu History.
  • Teliti bagian riwayat penambahan saldo. Pastikan saldo yang masuk sesuai dengan saldo yang tadi kamu bayarkan.

7. Terima Struk Pembayaran 

Jangan terburu-buru meninggalkan gerai, terlebih jika kamu belum menerima struk pembayaran. Mintalah struk jika petugas kasir belum memberikannya. 

Sebab struk ini yang akan dijadikan bukti sekiranya terjadi masalah saat proses validasi pengisian saldo. Simpan struk di tempat yang aman agar tidak hilang dan dapat digunakan sewaktu-waktu dibutuhkan.

Itu saja cara yang dilalui, mudah sekali, bukan? Berhubung saldo kembali penuh, kamu pun bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan transaksi digital. Ulangi proses di atas jika saldo kamu mulai menipis. Beruntungnya kamu tidak dikenai biaya admin sehingga top up OVO pun lebih nyaman.

Selain di Alfamart, TopUp OVO dapat dilakukan di Indomaret, atau melalui Bank Mandiri, BRI, BCA.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.