Cara cek nomor resi di Shopee Cara cek nomor resi di Shopee

Cara Cek Resi Shopee Melalui Aplikasi dan Website

Bagikan ke teman-teman Anda

Pada saat membeli atau menjual produk dari platform marketplace Shopee, Anda akan memantau langsung pengiriman produk yang kamu beli di Shopee.

Untuk bisa mengirimkan barang ke tujuan dibutuhkan bantuan kurir sesuai pilihan ekspedisi yang diapprove Shopee. Ketika barang sedang dalam proses pengiriman, kamu bisa melakukan cek resi Shopee agar bisa melacak lokasinya secara berkala.

Mengapa Penting Melacak Nomor Resi?

Pertama, agar kamu bisa tahu sampai di mana barang dikirimkan. Kedua, untuk mencegah terjadinya salah alamat yang dituju kurir. Ketiga, untuk mengontrol berapa lama waktu yang dibutuhkan agar barang sampai ke tujuan.

Adapun pengiriman Shopee telah didukung beberapa perusahaan ekspedisi yang resinya bisa kamu cek dengan sangat akurat.

Cara Cek Resi Shopee

Ada 2 buah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek dan lacak nomor resi Shopee, yaitu melalui aplikasi Shopee dan melalui website Shopee.

Cek Resi Melalui Aplikasi Shopee

  1. Buka aplikasi Shopee milik kamu, pastikan kamu sudah login dengan akun Shopee kamu juga.
  2. Pilih menu “Saya” yang ada di pojok kanan bawah aplikasi.
    Menu Akun Saya pada aplikasi Shopee
  3. Pada area Pesanan Saya pilih ikon “Dikirim”.
    Status pesanan Dikirim pada aplikasi Shopee
  4. Dihalaman selanjutnya kamu akan melihat beberapa tab seperti Belum Bayar, Dikemas, Dikirim, Selesai dan di Batalkan.
  5. Jika paket kamu sudah dikirim oleh seller pilih tab Dikirim dan sudah dapat dilacak karena sudah ada nomor resi, jika belum dikirim maka paket pesanan kamu akan berada di tab Dikemas.
  6. Pada tab Dikirim pilih pesanan yang ingin kamu lacak resinya.
  7. Kamu akan dibawa ke halaman Rincian Pesanan, pilih menu Lacak pada halaman tersebut untuk melihat status update terakhir nomor resi paket kamu.
    Lacak status pengiriman di Shopee
    Lacak status pengiriman di Shopee (Gambar: mediakonsumen.com

Cek Resi Melalui Website Shopee

  1. Masuk ke website Shopee https://shopee.co.id
  2. Jika belum login, silahkan login terlebih dahulu ke akun Shopee milik kamu.

    Login ke website Shopee
  3. Setelah berhasil login, taruh kursor pada nama akun kamu di pojok kanan atas halaman website Shopee lalu klik menu Akun Saya.

    Menu akun Shopee
  4. Dihalaman selanjutnya kamu akan melihat ada beberapa buah tab yang diberi label Belum Bayar, Dikemas, Dikirim, Selesai dan di Batalkan.
  5. Jika paket yang kamu beli sudah dikirim dari pihak seller pilih tab Dikirim dan sudah dapat dilacak karena sudah keluar nomor resinya, jika belum dikirim maka paket pesanan kamu akan berada pada tab Dikemas.
  6. Pada tab yang berlabel Dikirim pilih pesanan yang ingin kamu lacak progres pengirimannya.
  7. Pada halaman Rincian Pesanan klik teks “Lacak” untuk melakukan pada nomor resi paket yang kamu beli dari Shopee. Status terakhir paket yang kamu beli akan ditampilkan detail tracking nomor resinya.

Cara Cek Resi Shopee dari Seller Luar Negeri

Bagi yang belum tahu, Shopee memiliki banyak seller yang menjual produknya dari luar negeri seperti China dan Korea Selatan. Walau pembelian dari luar negeri kamu tetap bisa melacak produk yang kamu beli di Shopee dengan sangat mudah.

Pengiriman produk dari luar negeri dari Shopee pun terbilang sangat cepat dibandingkan dengan kondisi beberapa tahun lalu. Saat ini untuk pengiriman ke Jabodetabek memakan waktu sekitar 8-10 hari sejak produk kita bayar di Shopee.

Lacak Pembeli Dari Luar Negeri Melalui Aplikasi dan Website

Sama seperti cara cek resi pada tutorial di atas, Anda bisa melihat progres pengiriman pada menu pesanan dikirim. Pilih barang yang ingin ditracing, setelah itu klik. Akan ditampilkan progres pengiriman sampai di mana. Anda pun bisa melihat estimasi berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga barang sampai.

Demikian langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk cek resi Shopee melalui beberapa ekspedisi logistik. Cara di atas memudahkan pembeli dan penjual untuk mengontrol pengiriman produk.

Shopee telah memberikan fitur yang mengharuskan penjual mengunggah resi pada setiap transaksi. Dari sini kedua belah pihak bisa sama-sama memantau proses pengiriman hingga tiba di tangan pembeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *