Cara memesan layanan angkut barang dari GoBox beserta tarifnya Cara memesan layanan angkut barang dari GoBox beserta tarifnya (Gambar: gojek.com)

Cara Pesan GoBox Serta Tarif Untuk Angkut Barang

Bagikan ke teman-teman Anda

Bagi kamu yang akan berpindah tempat ataupun melakukan pengiriman barang, namun ternyata barang tersebut dalam jumlah yang cukup banyak, tentunya kamu akan kesulitan jika harus mengantarnya sendiri. Sehingga kamu akan membutuhkan jasa untuk membantu mengangkut barang tersebut.

GoBox merupakan salah satu jasa yang dapat digunakan. Karena jasa untuk mengangkut barang kerap kali dibutuhkan, maka cara pesan GoBox kini menjadi salah satu hal yang paling banyak dicari di mesin pencarian internet.

Kamu dapat menemukan fitur ini pada aplikasi Gojek di smartphone. Kini Gojek memiliki beragam fitur yang banyak menawarkan kemudahan bagi masyarakat, tidak hanya menyediakan layanan jasa transportasi berupa kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat saja.

Cara Pesan GoBox Untuk Angkut Barang Dengan Cepat

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pemesanan GoBox pada aplikasi Gojek.

1. Masuk pada Aplikasi Gojek

Sebelum menggunakan layanan pengiriman barang ini, kamu perlu masuk terlebih dahulu di aplikasi Gojek. Kamu cukup menekan ikon aplikasi ini pada layar smartphone kamu. Jika ternyata kamu belum memilikinya, kamu dapat mengunduhnya terlebih dahulu di Playstore maupun Appstore.

2. Pilih Menu GoBox

Pilih GoBox di aplikasi

Setelah kamu sudah berada di aplikasi Gojek dan telah memiliki akun atas nama kamu. Kamu selanjutnya akan melihat banyak fitur yang ada di aplikasi tersebut. Kamu dapat menekan pada fitur GoBox.

3. Memilih Jenis Kendaraan

Pilih jenis kendaraan GoBox yang diinginkan

Langkah yang satu ini cukup penting diperhatikan bagi kamu yang akan menggunakan jasa pengiriman barang dari Gojek. Kamu harus dapat menyesuaikan barang yang akan kamu kirimkan dengan kapasitas kendaraan yang dipilih. Jangan sampai kendaraan yang dipilih justru terlalu kecil untuk barang kamu, sehingga pengiriman barang menjadi tidak efektif.

Terdapat 4 jenis kendaraan GoBox yang tersedia di aplikasi Gojek

  • Pickup berbentuk bak dengan ukuran 200×130×120 cm yang dapat mengangkut barang hingga kapasitas 1.000 kg.
  • Pickup yang berbentuk box dan memiliki ukuran 200×130×130 cm dengan kapasitas maksimal 1.000 kg.
  • Truk engkel yang berbentuk bak dengan ukuran 300×160×130 cm yang dapat mengangkut barang hingga kapasitas 2.000 kg.
  • Truk engkel yang berbentuk box dan memiliki ukuran 300×160×130 cm dengan kapasitas maksimal 2.000 kg.

Pastikan kamu menekan pilihan yang sesuai dengan barang yang akan dikirim.

4. Set Tempat Pengambilan Barang

Menentukan lokasi pengambilan dan pengantaran barang di GoBox

Supaya driver dapat mengambil barang yang akan diangkut tentunya driver harus datang terlebih dahulu ke tempat asal barang tersebut. Kamu dapat menggunakan lokasi tempat kamu berada maupun lokasi lain yang dijelaskan kepada driver. Apabila driver akan menuju di lokasi lain, maka alamat yang kamu sebutkan harus lengkap dan jelas.

5. Menentukan Rute yang Harus Ditempuh

Setelah kamu menetapkan lokasi pengambilan barang, kamu juga bisa menentukan rute yang dapat ditempuh oleh driver ketika mengirimkan barang, agar barang dapat cepat sampai sesuai dengan estimasi yang diharapkan.

6. Cantumkan Spesifikasi Barang yang Akan Diangkut

Kamu perlu untuk mencantumkan spesifikasi dari barang-barang yang akan kamu kirimkan. Sehingga driver juga bisa memperkirakan apakah cocok dengan kendaraan yang dimilikinya ataukah tidak.

7. Tentukan Apakah Membutuhkan Helper

Opsi tambah pengangkut tambahan untuk bongkar muat GoBox

Apabila dirasa akan kesulitan dalam mengangkut dan menata barang ke mobil, kamu juga dapat menggunakan tambahan orang untuk bantu bongkar muat. Kamu dapat menambahkan keterangan ini sebelum melakukan pemesanan.

8. Konfirmasi Pemesanan

Tampilan konfirmasi pesanan di GoBox

Kamu akan dikonfirmasi apakah data pesanan yang sudah kamu input sudah benar. Tarif GoBox akan terhitung otomatis oleh sistem. Tarif ini juga bergantung pada jarak antara lokasi pengambilan barang dengan lokasi tujuan barang ini akan dikirimkan.

Selanjutnya, kamu dapat memilih akan membayar secara langsung kepada driver maupun menggunakan fitur GoPay yang juga tersedia di aplikasi Gojek.

9. Aplikasi Akan Mencari Driver GoBox Terdekat

Setelah kamu menentukan pembayaran, aplikasi akan berproses mencari driver di sekitar lokasi kamu. Pencarian ini berada pada radius sekitar 10 km dari lokasi kamu berada.

10. Menanti Kedatangan Driver

Setelah driver sudah didapatkan, kamu tinggal menanti driver untuk sampai lokasi pengambilan barang yang akan dikirimkan. Kamu juga dapat memantau posisi perjalanan driver sampai di lokasi pengambilan barang.

Cara pesan GoBox sebetulnya cukup mudah dilakukan. Kamu hanya perlu mempersiapkan barang-barang yang akan diangkut terlebih dahulu, sehingga kamu dapat menentukan jenis kendaraan apa yang sesuai dengan barang tersebut.

Kamu juga perlu memperhatikan apakah barang-barang tersebut aman apabila terkena hujan ataukah tidak, sebagai bahan pertimbangan akan menggunakan mobil dengan bak yang terbuka ataukah mobil yang tertutup.

Menggunakan jasa pengiriman barang dengan fitur ini menyebabkan kamu sudah tidak perlu lagi bernegosiasi terkait harga. Tarif GoBox sudah ditetapkan sesuai dengan jenis kendaraan yang dipilih serta jarak yang akan ditempuh dari lokasi pengambilan barang menuju lokasi pengiriman barang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *