Kenalan dengan GrabWheels, Cara Menyewa dan Menggunakannya

Mengenal layanan GrabWheels dari perusahaan teknologi Grab.
Mengenal layanan GrabWheels dari perusahaan teknologi Grab (Gambar: grab.com)
Bagikan ke teman-teman Anda

Sebagai penyedia jasa transportasi, Grab terus memberikan inovasi layanan-layanan yang sangat menarik. Salah satunya adalah GrabWheels skuter listrik yang baru saja diluncurkan untuk memudahkan orang lain menuju ke lokasi tujuan tanpa capek jalan kaki.

Sejak kemunculan pertamanya memang GrabWheels ini telah berhasil menyita banyak perhatian orang-orang. Karena kamu akan diberikan semua alat berupa skuter untuk dikendarai ke lokasi tujuan degan cepat dan menyenangkan.

Walaupun banyak juga pihak yang merasa kalau layanan ini tidak cukup aman digunakan. Sebab ada risiko kecelakaan ketika dipakai di jalan raya. Sehingga membuat layanan GrabWheels ini sempat meredup dan tampak tidak ada beritanya lagi.

Tapi sekarang layanan GrabWheels bisa kamu nikmati kembali di beberapa wilayah di Jakarta. Kamu bisa menyewanya agar bisa sampai ke lokasi tujuan lebih cepat dan praktis. Ini akan menghemat banyak tenaga dan pastinya juga hemat waktu.

Apa Itu GrabWheels?

Setelah membicarakan secara singkat mengenai GrabWheels, mungkin kamu masih bertanya-tanya apa itu GrabWheels. Jadi GrabWheels  adalah sebuah layanan inovatif dari penyedia jasa transportasi yaitu Grab berupa penyewaan skuter. 

Layanan GrabWheels bisa kamu temukan di dalam aplikasi Grab dan dapat kamu manfaatkan untuk pergi ke lokasi-lokasi yang tidak begitu jauh. Misalnya jalan-jalan di sekitar kampus atau mau pergi ke kantor yang dekat tapi terburu-buru.

GrabWheels ini memang sangat cocok untuk berbagai macam aktivitas yang masih ringan seperti bersantai. Kamu bisa menikmati udara sekitar dengan mengendarai sebuah skuter listrik yang simpel dan bergaya.

Memang inilah yang diinginkan oleh pihak Grab yaitu memberikan layanan sewa transportasi yang simpel tapi juga cepat. Pastinya ini juga dijamin tanpa macet karena kamu bisa mengendarainya di area pejalan kaki. Tapi tetap perhatikan sekitar agar orang lain tidak merasa terganggu.

Lokasi Penyewaan GrabWheels

Tempat penyewaan GrabWheels hadir di beberapa titik strategis di Jakarta, Depok dan Tangerang
Tempat penyewaan GrabWheels hadir di beberapa titik strategis di Jakarta, Depok dan Tangerang (Gambar: grab.com

Meski tampak sangat enak dan menyenangkan, tapi kamu harus paham salah satu kelemahan layanan GrabWheels ini. kelemahannya kamu harus berangkat dan selesai di lokasi yang dekat dengan titik penyewaan GrabWheels.

Jadi misalkan ada titik penyewaan A, maka kamu bisa pergi ke lokasi lain tapi juga harus dekat dengan titik penyewaan B atau pun C dan seterusnya. Titik penyewaan ini sebagai pos dari GrabWheels di mana alat bisa dipakai dan dikembalikan.

Oleh karena itu kamu harus paham di mana saja lokasi sewa GrabWheels yang tersedia. Untuk saat ini memang sebagian besar ada di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Berikut ini wilayah-wilayah tersebut:

  • Tangerang (The Breeze and Green Office park (BSD City);
  • Tangerang (AEON Mall BSD)
  • Tangerang (Bandara Soekarno-Hatta Terminal 3)
  • Jakarta Selatan (Radio Dalam)
  • Jakarta Selatan (Boulevard Bintaro Jaya)
  • Depok (Kampus UI)

Sementara itu selain lokasi di atas, kamu juga bisa menemukan layanan penyewaan GrabWheels di kota Bandung. Beberapa lokasinya seperti: 

  • EduPlex Coworking Space, 
  • Bakso Boedjangan Cihampelas dan Dipati Ukur, 
  • Warunk Upnormal Dipati Ukur, 
  • Warunk Upnormal Sulanjana dan masih banyak lagi. 

Pastinya saat ini jumlah lokasi penyewaan GrabWheels juga semakin banyak. Agar bisa dapat informasi yang lebih akurat, kamu bisa mengeceknya secara langsung lewat aplikasi Grab. Karena di sana akan diberikan titik lokasi penyewaan yang paling dekat.

Cara Menyewa GrabWheels

Sebagai sebuah layanan yang baru, pastinya kamu sangat ingin tahu bagaimana cara menyewa layanan GrabWheels dari Grab ini. Agar tidak salah pemilihan layanan, berikut ini cara sewa GrabWheels di dalam aplikasi Grab:

Cari dan pilih lokasi penyewaan GrabWheels yang dekat lokasi kamu
  1. Langkah pertama kamu bisa buka dulu aplikasi layanan dari Grab.
  2. Kemudian pada halaman yang paling awal, kamu bisa memilih menu yang tulisannya “eScooter”. Jika tidak ada menu eScooter, pilih icon “More” lalu cari menu eScooter.
    Menu eScooter di aplikasi Grab
  3. Setelah itu aplikasi Grab akan membuka peta untuk bisa menemukan di mana lokasi penyewaan layanan GrabWheels yang paling dekat. Agar bisa menemukan lokasi sewa dengan mudah, kamu sebelumnya harus paham juga lokasi-lokasi yang menyediakan penyewaan GrabWheels.
    Cari dan pilih lokasi penyewaan GrabWheels yang dekat lokasi kamu
  4. Berikutnya pergilah ke lokasi dimana penyewaan GrabWheels berada.
  5. Pilih salah satu skuter dari Grab tersebut dan lakukan “scan QR Code” yang biasanya ada di pegangan tangan bagian kiri dari skuternya. Setelah kamu scan, maka skuter tersebut akan jadi aktif dan bisa digunakan.
  6. Di sini kamu sudah bisa mulai menjalankan skuter dari Grab tersebut untuk pergi ke lokasi tujuan. Jangan lupa agar membuat titik tujuan yang juga paling dekat dengan penyewaan GrabWheels. Jadi kamu tidak harus mengembalikannya ke lokasi awal tadi. Hanya perlu menempatkannya di penyewaan terdekat dengan lokasi tujuan.
  7. Selesai.

Biaya Sewa GrabWheels

Biaya penyewaaan GrabWheels ternyata cukup terjangkau lho
Biaya penyewaaan GrabWheels ternyata cukup terjangkau lho (Gambar: uzone.id)

Ada hal lain lagi yang sepertinya wajib kamu ketahui mengenai layanan GrabWheels ini yaitu masalah harga sewanya. Penjelasan mengenai harga sewa memang sangat penting sekali diketahui. Terutama bagi kamu yang sangat berhati-hati dalam menggunakan uang.

Jika tidak ada penjelasan mengenai biaya sewa GrabWheels, maka bisa-bisa kaget saat dikenakan tarif yang cukup mahal. Jadi pihak Grab menerapkan beberapa aturan untuk masalah biaya penyewaan alat skuter ini. 

Ada beberapa pilihan cara penyewaan seperti secara harian, 7 hari, 14 hari bahkan sampai 30 hari atau satu bulan. Sementara itu harga per 30 menit yang saat ini berlaku adalah Rp 10.000 dan berlaku kelipatannya.

Sementara itu di kota lain seperti Bandung biasanya dikenakan tarif yang lebih mahal. Karena pada awalnya di Jakarta hanya seharga Rp 5.000 saja dan di Bandung Rp 8.000. Kenaikan harga di Jakarta pastinya juga berdampak ke biaya sewa di Bandung.

Kemudian kalau kamu ingin menyewa GrabWheels dalam jangka panjang, bisa menggunakan paket bulanan seharga Rp 500.000 selama 30 hari. Untuk caranya bisa masuk ke aplikasi Grab dan cailah “Paket Hemat”. 

Di dalamnya carilah “Paket eScooter” dan pilih pada opsi “Paket 45 Hari”. Lakukanlah pembayaran bisa menggunakan OVO atau metode lainnya. Biasanya jika kamu sudah terverifikasi melakukan pembayaran, tim GrabWheels Grab akan menghubungi untuk konfirmasi lebih lanjut.

Setelah itu skuter Grab akan dikirimkan ke lokasi kamu maksimal sekitar 3 hari pasca kamu memesan paket tersebut.

Cara Menggunakan Skuter GrabWheels

Coba menggunakan GrabWheels ternyata sangat menyenangkan
Coba menggunakan GrabWheels ternyata sangat menyenangkan (Gambar: grab.com)

Ketika kamu sudah paham bagaimana cara menyewa dan harga sewanya, maka berikutnya juga harus tahu bagaimana cara pakai GrabWheels. Mengingat alat skuter ini bukan merupakan kendaraan yang cukup umum di Indonesia.

Sehingga perlu belajar dan memahami dulu agar bisa menggunakannya dengan benar tanpa ada kesalahan. Berikut panduan menggunakannya:

  1. Pertama pastikan sudah melakukan scan QR Code sebagai tahap awal menyewa GrabWheels.
  2. Setelah itu naikkan kaki kamu ke papan skuternya.
  3. Seimbangkan alat skuter tersebut dan dorong satu kaki ke belakang agar memberikan gerakan ke skuternya.
  4. Kemudian skuter akan bergerak ke depan dan kamu bisa menggunakan gas di pegangan untuk meningkatkan kecepatannya.
  5. Untuk remnya menggunakan kaki yang lokasinya ada di sisi belakang dari skuter tersebut. Bisa juga menekan tombol warna merah yang ada di pegangan bagian kiri.
  6. Kamu juga bisa menyalakan lampu penerangan skuter dengan menekan tombol selama dua detik.
  7. Saat mau sampai lokasi tujuan, bisa turunkan kecepatan dan siapkan satu kaki untuk menyeimbangkan skuternya.

Harap diperhatikan, alat ini hanya diizinkan untuk umur di atas 18 tahun dan terbatas satu skuter satu orang saja. Gunakanlah helm sebagai pengaman dan selalu cek rem, lampu serta baterai GrabWheels.

Hindari berkendara di medan yang tidak rata demi kenyamanan dan keamanan. Lebih baik jalan kaki dulu jika ada jalan yang tidak rata. GrabWheels juga tidak boleh dipakai di jalan raya bersama motor. Kecepatan maksimalnya adalah 15km per jam.

Berhati-hatilah dan utamakan pejalan kaki.Kehadiran GrabWheels menjadi sebuah inovasi yang sangat menarik untuk dicoba. Apalagi cara pakai GrabWheels ini ternyata juga cukup simpel. Meski merupakan kendaraan sederhana, kamu harus tetap berhati-hati saat memakainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami tidak berafiliasi dengan Gojek, Grab, OVO, Tokopedia, Shopee dan layanan lainnya yang dibahas di website kami.